Dari foto sampai gambar animasi, mengunakan beberapa format file.

Apakah anda tahu perbedaan antara format file JPG PSD PNG TIFF dan GIF.

Format file tersebut banyak digunakan untuk foto atau gambar di internet

 Kelima format file dari JPG PSD PNG TIFF dan GIF memiliki perbedaan tersendiri.

Disini tidak berbicara teknologi file gambar, tapi apa yang dapat dimanfaatkan dan perbedaan antara ke 5 format file gambar tersebut.

Format file JPG atau JPEG
JPG adalah file gambar. Paling umum digunakan untuk internet atau file foto. Kelebihan JPG dapat di kompress menjadi lebih kecil, lebih hemat data ketika tampil di layar monitor melalui internet, dan lebih hemat storage untuk disimpan.


JPG dapat memperkecil gambar dengan menurunkan kualitas foto, JPG juga memiliki ukuran besar bila detail foto lebih besar (lebih lengkap).

Warna 24 bit setara 16 juta warna
Paling umum digunakan di camera digital
JPG mengunakan kompress file sangat komplek.

JPG tidak bisa membuat gambar transparan. Keuntungan gambar JPG dapat menampilkan foto atau gambar dengan mempertahankan kualitas gambar itu sendiri dengan ukuran file lebih kecil.

Kelebihan. Cocok untuk sharing foto antar teman dan keluarga dari internet.

Walau format file JPG terlihat paling umum digunakan, tetapi teknologi edit seperti teknologi analog.

Seperti membuat copy lagu atau musik dari kaset dan di rekam ke kaset lain.

Setiap file JPG dibuka dan disimpan kembali, ketajaman gambar JPG akan menurun. Jangan membuka file JPG dan disimpan ulang (misal mengedit dan menyimpan dengan nama lain), karena kualitas gambar menurun karena di komprss ulang.

Jadi hindari mengedit file dan menyimpan, lalu mengedit kembali dan menyimpan berulang. Ketajaman gambar akan berubah dari gambar asli.

Perbedaan file gambar JPG PSD PNG TIFF dan GIF

Format file PSD
Nama PSD adalah Adobe Photoshop. File PSD menyimpan semua informasi dari gambar, termasuk edit dan fungsi lain dari aplikasi editing foto Photoshop.

Seluruh data foto dan lapisan file dimasukan dalam format PSD. Ukuran sangat besar karena file gambar tidak mengalami perubahan. Tergantung berapa gambar yang dimasukan, serta informasi selama proses di edit.

File PSD cocok untuk mereka yang suka mengedit gambar dengan aplikasi dari Adobe.
FIle PSD tidak berpengaruh ketika disimpan, dan tidak ada perubahan kualtas gambar karena data yang disimpan tidak ada yang berubah.

Berapa kali file PSD disimpan, bentuk gambar akan sama.
File PSD hanya dapat dibuka dengan software khusus setingkat editing video dan photo, untuk preview tidak bisa dilihat dari browser kecuali memiliki plugin PSD

Format file PNG
Disebut file gambar Lossless pertama dibuat tahun 1996, PNG adalah singkatan Portable Network Graphic. File gambar atau foto PNG dapat disimpan utuh dan tidak di kompress.

Ukuran file PNG dapat mencapai ukuran file PSD, TIFF dan file RAW dari camera digital.

Pengembangan file PNG berdasarkan format GIF. Tapi memiliki bit gambar lebih tinggi, bahkan memiliki kelebihan membuat gambar transparan.

Ukuran file PNG sangat besar karena tidak mengalami kompress kembali (tidak terlalu banyak di kompress). Kadang format PNG cocok untuk web yang membutuhkan ketajaman gambar (kualitas foto).

PNG memiliki 2 format, PNG-8 seperti GIF dengan warna 256 bit dan 1 bit transparan, tapi PNG dapat di kompres lebih kecil dibanding GIF.
GIF dapat dibuat seperti animasi, sedangkan PNG tidak.

PNG-24 bit resolusi tinggi, mirip seperti JPG dan memasukan 16 juta warna. Hanya ketika disimpan akan lebih besar ukuran file dibanding JPG.
Cocok digunakan untuk WEB bila ukuran file kecil atau membutuhkan detail gambar, bagus untuk tampilan text.
Atau membuat file arsip untuk editing foto dengan gambar transparan.

Format file TIFF atau TIF
TIF memiliki singkatan Tagged-Image File Format dibuat 1986 oleh perusahaan Aldus. Memiliki kelebihan sebagai file gambar yang fleksibel. Yang dimaksud fleksibel untuk mendukung format warna dari file CMYK dan RGB. File dengan CMYK dapat dimanfaatkan untuk mencetak / hardcopy.

TIF dan PNG mirip, keduanya dapat membuat gambar transparan. Tapi TIF memiliki kelebihan dengan alpha channel. Bila file TIF disimpan dengan dynamic range, warnanya dapat ditingkatkan sampai 32 bit per channel.

File TIF juga membawa informasi gambar dan dapat dilihat serta di edit oleh software photo editing.

Ada 2 pilihan antara di kompress atau tidak di komprerss.
TIF tidak menghilangkan kualitas gambar, karena gambar TIF sangat baik lebih cocok untuk scanning foto atau gambar yang komplek seperti foto asli.
Fungsi TIF lebih banyak dimanfaatkan untuk mencetak, atau display foto dengan resolusi tinggi. Karena ukuran file TIF sangat besar.

Format file GIF
File GIF sedikit berbeda, dan disebut Graphics Interchange Format, pertama kali diciptakan tahun 1987. File GIF sebenarnya sudah ditinggalkan untuk WEB tapi belum ada teknologi yang mengantikan format GIF, dan bertahan sampai sekarang.

Karena GIF mampu menampilkan beberapa gambar untuk animasi yang disimpan seperti melihat pergerakan gambar.

GIF memiliki kompress gambar sangat tinggi, tapi detil dari bagian gambar sebagian dihilangkan. Karena format GIF hanya mendukung 256 warna, memiliki kualitas gambar dibawah JPG.
GIF dapat tampil transparan seperti PNG dan dapat di komperss dengan LZW untuk memperkecil gambar
GIF dibuat CompuServe dan tampil lebih dahulu dibanding JPG. Digunakan untuk video 8 bit ketika era computer jaman dulu
GIF lebih umum untuk animasi. Seperti menayangkan gambar bergerak dalam sebuah file.
Pengunaan cocok untuk gambar web, animasi, ilustrasi


Format file BMP
BMP adalah singkatan Bitmap Picture File di era OS/2 dan Windows pertama. Dibuat tahun 1994, dan bertahan sampai di Windows 3.0.
BMP memiliki kelebihan untuk membuat pixel, misalnya untuk dot di CRT atau printer
BMP tidak mendukung kompres file, format file BMP saat ini sudah jarang sekali digunakan.n

Perbedaan file gambar JPG PSD PNG TIFF dan GIF

Format file DNG
Ini ceritanya khusus dengan nama file DNG, singkatan dari Digital Negative

DNG  menjadi perantara untuk file foto resolusi tinggi berserta data yang ada di dalam  file foto.
Seperti film negatif, DNG adalah file RAW foto.
Bila memiliki camera dengan 24MP, file foto akan seukuran sensor 24MP.
Semua informasi gambar, baik yang perlu dan tidak akan dimasukan ke dalam file DNG/RAW.

Perbedaan dengan file JPG dan DNG / RAW. File JPG melakukan kompresi.
Ketika anda melihat foto terang, maka file RAW dapat di simpan menjadi file JPG
Foto 24MP dapat dikompress menjadi 10MP. Tetapi file JPG tidak membawa semua informasi yang dibutuhkan, dan sebagian dihilangkan.
Tapi file JPG tidak dapat dikembalikan seperti parameter RAW. Bila foto di edit ternyata terlalu terang, dan ingin dibuat lebih gelap. File JPG akan berbeda, dibanding file RAW dengan setting edit yang sama.

Ketika anda membuat foto dengan DNG / RAW / CRW /NEF
Bila anda mengedit file foto dari file RAW, maka file rAW tidak berubah. Misal mengedit file NEF atau CRW seukuran 24MB. File tidak dapat dirubah, perubahan file di software Lightroom dan Photoshop akan menambahkan file baru berukuran kecil dengan extension XMP.
Karena software editing tidak mengutak atik file asli.
File pembantu sebagai parameter dari setting yang dirubah mengunakan parameter software editing akan ditambahkan
Perubahan terang gelap warna gambar merubah file XMP. sedangkan file RAW tetap seperti asli.

Bagaimana gambaran sederhana perbedaan file RAW dan file gambar seperti JPG.
Bila anda diberikan sebuah lembaran kertas gambar JPG, lalu mulai memberi warna. Warna yang diberikan berada dikertas asli.
Ketika file asli berubah anda ingin dikoreksi kembali, maka kontaminasi warna sebelumnya mempengaruhi. Berkali kali dirubah dan berkali kali juga file akan terkontaminasi.

Dengan file RAW, bila kita ingin mengedit sebuah gambar. Kita diberikan selembar kertas tembus pandang diatas lembaran gambar. Lembaran kertas inilah yang dimaksud file XMP /  file pendamping, perubahan hanya dilakukan pada lembar kertas kedua tanpa merusak file utama.
Jadi gambar asli atau RAW tidak pernah kita sentuh dan tetap sesuai aslinya.

Banyak produsen camera membuat  format  file  sendiri, setidaknya ada 500 nama file lebih yang berhubungan dengan camera. Misalnya camera A tipe 1, mengunakan nama CRN, beberapa tahun kemudian dibuat lagi dengan nama bari CRW. Disebut juga nama file RAW.

Adobe membuat nama  DNG untuk menyatukan semua file foto yang ada. File gambar atau file foto yang dibuka oleh software Adobe dapat disimpan ke nama file DNG. Termasuk smartphone dengan OS terbaru dapat menyimpan nama file foto dengan DNG

DNG adalah format terbuka (open standar), produsen apa saja boleh mengunakan format DNG.
Di dalam file DNG terdapat validasi Checksum. Digunakan untuk data file bila file DNG rusak.
DNG lebih cepat untuk loading di software editing foto.
Ukuran file DNG yang dirubah dari format file lain, seperti foto cenderung lebih kecil ke JPG dibanding file RAW (asli) dan DNG
File DNG dapat dimanfaatkan untuk foto panorama serta HDR yang disatukan menjadi file DNG.