Bintang Polaris atau Bintang Utara sebenarnya lebih dekat setelah dihitung ulang


Science | 21 September 2015

Bintang utara atau North Star sudah lama digunakan manusia sebagai penunjuk arah. Karena posisinya paling terang terhadap arah utara Bumi. Ilmuwan mempelajari kembali, bintang Polaris tersebut ternyata lebih dekat dari perhitungan sebelumnya. Hanya 323 tahun cahaya dari Bumi.

Perhitungan di tahun 1990an dari perhitungan satelit Hipparcos untuk pemetaan bintang, bintang Polaris A diperkirakan memiliki jarak 434 tahun cahaya. Tapi perhitungan terbaru berbeda, bintang ini lebih dekat 100 tahun cahaya ke Bumi.

Bintang Polaris disebut juga sebagai bintang paling terang di sisi utara Bumi. Disana terdapat 3 bintang berbeda, Polaris B, Polaris AB dan terbesar Polaris A. Karena posisinya seperti garis lurus, dan terlihat berdekatan.  Bintang Polaris A memiliki ukuran paling besar setara 4,5 - 6x dari matahari.

Satu bintang lain Polaris Ab mengorbit bintang induknya dengan jarak 3,2 miliar km. Sedangkan bintang Polaris B memiliki jarak lebih jauh 370 miliar km tapi berdiri sendiri. Hanya bintang Polaris A yang besar, dua lainnya masuk kategori bintang kerdil.

Astronom menghitung dengan membandingkan jarak parallax dari bantuan satu bintang lain dari bintang Cepheid yang dipastikan jaraknya sudah akurat.

Berapapun jarak bintang Polaris ke Bumi. Pastinya bintang ini sangat terang bila muncul dan terlihat di Bumi. Karena memiliki kekuatan cahaya 4000x lebih terang dibanding Matahari.
Bintang Polaris sudah ada disana dan menunjuk ke arah utara, setidaknya mulai abad ke 500. Tapi perlahan akan terlihat bergeser mendekati sudut utara bumi.
Tapi nanti pada tahun 2102 bintang Polaris akan tepat berada di posisi utara.

Gambar bawah dari posisi pengamatan di Bumi dengan posisi bintang Polaris di angka +2000 atau tahun 2000,. Posisi bintang Polaris akan turun kebawah setelah tahun 14000, dan kembali naik 12000 tahun kemudian seperti posisi sekarang.

Posisi bintang Polaris di abad 20

Bintang Polaris sering dijadikan titik tengah dalam fotografer bintang. Bila camera dapat tepat memfokus bintang Polaris. Bila foto terus diambil, posisi bintang Polaris akan tetap berada di tengah, sedangkan bintang lain akan membentuk lingkaran atau trail star.

Bintang Polaris

Berita terkait
Bila anda ditanya untuk memilih pindah ke planet lain, apakah anda ingin tinggal di matahari dengan ukuran besar atau ukuran lebih kecil. Pendapat sebuah planet memiliki air dan berada di zona yang tepat, tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan bintang. Bukan berarti planet tersebut sudah tepat. Tapi ada faktor utama lain yaitu lempeng tektonik serta gunung apa yang menghangatkan planet.

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



StarChip dan Starshot, pesawat berukuran sangat kecil tersebut memiliki instrumen lengkap. Bila pesawat berangkat 20 tahun nanti, berita tata surya disana baru sampai ke Bumi setelah tahun 2060. Hawking mengatakan, Bumi adalah tempat terindah, tetapi mungkin tidak selamanya ada

Sebuah tata surya , disana terdapat 2 bintang. Satu bintang dengan nama IRAS 08544-4431 akhirnya meledak dan tamat riwayatnya. Tetapi peneliti menemukan sesuatu yang aneh. Apakah akan muncul generasi planet kedua

Alam semesta ini unik, hal yang tidak biasa dapat terjadi. Tidak selurunya selaras, ada bintang yatim, bintang biner. Satu lagi kelompok bintang M10 atau Globular Cluster NGC 6254. Kelompok bintang ini kadang menyebrang dari bawah ke atas dan kembali turun ditengah tengah galaksi kita.

Sebuah bintang berukuran kecil atau disebut White Dwarf ditemukan sebagai bintang unik. Peneliti dari Warwick melihat dibintang yang sudah mati tersebut terlihat cincin berwarna merah. Cincin tersebut terbentuk akibat bintang tersebut hancur, dan cincin yang terlihat adalah sampah seperti batuan dan debu mengelilingi bintang.

Foto terbaru dari kelompok bintang NGC 2422 yang jaraknya 1600 tahun cahaya dari bumi. Diambil 17 Agustus awalnya tidak pernah terditeksi sampai tahun 1959. Sampai seorang astronom dari Kanada Morris menemukan bahwa disana adalah kumpulan dari bintang.



Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi




No popular articles found.