Skala tata surya dalam model sebenarnya


Kategori : Science | Date : 20 September 2015
Video To Scale The Solar System. Memberi pelajaran tentang tata surya dalam skala sebenarnya.

Kita bisa bertanya, berapa jarak sebenarnya bulan ke Bumi. Atau seberapa besar ukuran Bumi, Bulan, Jupiter dan Matahari. Dibawah ini yang sering diterangkan dalam gambar, tetapi jangan salah melihat. Karena bentuk gambar yang dilihat memiliki sudut berbeda.
  • Gambar 1 yang sering kita lihat di internet. Bulan terlihat sangat dekat dengan Bumi. Tetapi bentuknya tidak seperti itu, jarak Bumi dan Bulan sangat jauh.
  • Gambar 2 yang dilihat dari gambar satu adalah posisi jari tangan kita
  • Gambar 3 skala sebenarnya jarak Bumi dan Bulan, sangat jauh walau melihat bulan dari Bumi kelihatannya saja yang sangat dekat.

Skala tata surya dalam model sebenarnya

Sama saja melihat seluruh planet di tata surya. Perbandingan ukuran planet di tata surya memperlihatkan gambar sangat dekat dari matahari sampai planet Uranus dan Neptunus. Gambar pertama yang dilihat untuk memudahkan melihat ukuran planet dibanding planet lain, serta jarak dari posisi planet. Dan bukan bentuk urutan planet yang kita lihat seperti aslinya
Dalam kenyataan atau skala sebenarnya, bila seluruh planet berjajar dan dilihat dari atas secara keseluruhan. Maka seluruh planet di tata surya tidak tampak, atau masuk skala mikroskospik. Bila dilihat dari sisi atas tata surya kita.

Skala tata surya planet sebenarnya sangat kecil

Wylie, Alex Gorosh bersama teman temannya membuat video bagaimana sebenarnya skala atau ukuran planet di tata surya. Mereka pergi ke satu gurun dan membuat ukuran dalam skala asli dari matahari sampai 8 planet.

Dibawah ini carai Wylie dan Alex menerangkan seperti apa jarak seluruh planet termasuk ukuran sebenarnya. Bila kita melihat 8 planet dan matahari berada dalam satu garis vertikal.

Di titik tengah adalah matahari. Jarak matahari dengan Merkurius mencapai jarak 68 meter.

Skala jarak Matahari ke Merkurius



Venus dengan ukuran hampir sama seperti Bumi, harus ditempatkan di 120 meter dari matahari.

Skala jarak Matahari ke Venus

Jarak matahari ke Bumi, 176m. Ukuran bumi dan 3 planet dalam memiliki skala sebenarnya sebagai planet kecil

Skala jarak Matahari ke Bumi

Ini skala planet Mars dengan ukuran 1/3 dari Bumi. Di letakan pada jarak 269 meter jauhnya dari titik tengah matahari.

Skala jarak Matahari ke Mars

Dimana Jupiter, lumayan jauh harus diletakan 920 meter dari matahari.

Skala jarak Matahari ke Jupiter

Dimana Saturnus dengan ukuran sedikit lebih kecil dari planet Jupiter. Planet Saturus diberikan cincin mencapai jarak 1,7km. Atau hampir 2x jarak Jupiter ke Matahari.

Skala jarak Matahari ke Saturnus

Uranus mulai menjauh mencapai jarak 3,4km dari matahari.

Skala jarak Matahari ke Uranus

Terakhir Neptunus sebagai planet ke 8 dan paling jauh bila di lihat dari Bumi. 5,6km dari titik pusat Matahari.

Skala jarak 
Matahari ke Neptunus

Dibawah ini proses pembuatan dan melihat skala tata surya kita



Ini baru skala matahari sampai planet ke 8 dimana letak planet Neptunus ke Matahari hanya berjarak 4,49 miliar km digambarkan dalam skala 5,6km. Skala tata surya diberikan diatas agar memudahkan seperti apa ukuran planet dan rotasi planet di tata surya ke matahari. Dan memperlihatkan ukuran masing masing planet serta ukuran matahari.

Bagaimana dengan jarak bintang terdekat, sejauh ini hanya satu bintang terdekat ke Bumi yaitu Alpha Centauri dengan jarak 4,2 tahun cahaya. Berapa jarak bintan tersebut, tinggal dikalikan  angka 9.4 × 10 pangkat 12 kilometer

2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air.

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



Update planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total ada 13 planet di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet. Planet X atau planet ke 9 dikonfirmasi Nasa

Update pesawat ruang angkasa Juno menangkap suara di planet Jupiter pada 27 Agustus 2016. Suara di ruang angkasa memiliki frekuensi. Tetapi suara yang di dengar di pesawat ruang angkasa adalah gelombang frekuensi rendah, berbeda dengan suara yang di dengar manusia yang harus melintas melalui media udara. Melewati batas tata surya, masih ada suara yang bisa di dengar oleh pesawat Voyager 1

Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Susah membayangkan jarak planet ke matahari. Khususnya dengan gambar dan buku. Bagaimana bila jarak antara planet dan matahari di dalam sebuah lapangan bola, termasuk perbandingan besarnya planet ke matahari. Lebih mudah di mengerti , lebih mudah di gambarkan, walau perlu sedikit imajinasi



Bulan adalah bagian dari planet Bumi. Dan pembentukan Bumi dan Bulan memiliki umur yang sama, setidaknya setelah kehancuran Bumi ditabrak oleh planet lain. Sehingga atom di Bulan dan Bumi memang identik

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.


No popular articles found.