Galaksi Sculptor kerdil salah satu galaksi kecil di samping galaksi Bima Sakti


Science | 18 September 2015

Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Sejauh ini ada 30 galaksi kerdil atau Dwarft Galaxy yang ditemukan dan relatif dekat ke galaksi Bima Sakti. Itupun yang ditemukan, diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan.

Salah satu galaksi kerdil dinamakan Sculptor Dwarf Galaxy, ditemukan Harlow Spahley seorang astronom pada tahun 1937. Letaknya sekitar 280 ribu tahun cahay dari Bumi dan terletak di konstelasi  Sculptor. Bentuk galaksi tersebut sangat samar. Karena disana diperkirakan memiliki banyak bintang tua yang berjauhan tapi membentuk bulatan.

Mungkin nanti galaksi kerdil tersebut juga dimakan oleh galaksi yang lebih besar yaitu galaksi Bima Sakti sendiri. Sama halnya galaksi kita nantinya akan dikanibal atau di telan oleh galaksi Andromeda yang sekarang letaknya 2,5 juta tahun cahaya.

Salah satu foto dibawah ini dibuat oleh pusat observasi ESO La Silla di gurun Atacama Chile. Peneliti mengatakan bintang disana adalah bintang tua, karena  emmiliki tingkat rendah dari elemen berat. Peneliti memperhitungkan usia bintang berdasarkan sidik jari dari warna bintang. Bintang usia tua umumnya berada di sisi luar galaksi

Bintang di galaksi Sculptor  telrihat hanya memiliki 4 % kandungan unsur karbon dan unsur berat lain. Galaksi kerdil tidak terbentuk bersamaan. Karena mereka terisolasi satu sama lain, dan cenderung berkembang sendiri.

Galaksi Sculptor kerdil salah satu galaksi kecil di sekeliing galaksi Bima Sakti

Berita terkait
2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.



Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya 56 juta tahun cahaya, dan berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.




No popular articles found.
< /body>