Computer termahal dalam sejarah


Kategori : Technology | Date : 18 September 2015


Computer Programma 101 tahun 1965.
Salah satu mesin computer paling keren di tahun tersebut. Dibuat oleh perusahaan itali, disain seperti desktop computer pertama. Ukuran tentu saja gede banget untuk mesin berteknologi tahu ini. Programma adalah super calculator, bisa menambah, mengurang dan membagi dalam angka sangat besar.
Nasa membeli peralatan tersebut untuk menghitung pendaratan Apollo 11. Satu unit ketika itu $3.500, bila di nilai dengan angka sekarang $24.000.

Computer Programma 101

IBM Portabel Computer
DI era 1975 ada computer portabel yang dibuat IBM. Beratnya 25kg, dengan model IBM 5100 Portable Computer. Menjadi computer jinjing pertama. Digunakan di kalangan ilmuwan dan univeristas dengan RAM 64KB saja. Hrganya $19.975, bila dihitung dengan nilai saat ini $88.000.
Memiliki keyboard, layar 5 inci (seukuran smartphone sekarang) tipe CRT tapi display hanya 16 baris huruf dengan lebar 64 teks, storage magnetic tape kapasitas 204Kb (lebih kecil dari disket era 5,25 inci 360KB. Mengunakan board Palm dengan 16 bit.

IBM Portabele Computer

Cormemco System Three
Satu lagi computer portabel, tapi tidak portabel banget sih. Dibuat oleh 2 ahli DR dari Stanford pada tahun 1979. Computer ini dapat bekerja menangani multiuser, tapi hanya 3 user saja untuk 6 terminal. Pembeli Nasa dan US Air Force. Memiliki 512KB RAM, 5MB ekternal harddisk. Harga ketika itu $12.495 sekarang sekitar $36.000

Cormemco System Three

Osborne Vixen
Di era 1985an, muncul computer jinjing seukuran koperr. Osborne Vixen memiliki layar 7 inci CRT. Tahun 1985 dibuat dengan procesor 4Mhz dan 64KB RAM, dan di bundle dengan software spreadsheet, word processsing dan lainnya. Untuk model 10MB ekternal harddisk dijual $2.800, sekarang nilainya $6.200.



Osborne Vixen

Risc PC tahun 1994
Perusahaan Inggris Acorn membuat seri PC di tahun 1980an, pada tahun 1994 mengeluarkan computer RISC. Disain kecil, mudah di ekpansi dan memiliki slot procesor tambahan. Bekerja dengan OS IBM PC selain OS buatan Risc sendiri.
Tapi spesifikasinya tetap imut. Harddisk 420MB, layar maksimum 17 inci. Model yang ditawarkan adalah RISC PC 600 dengan harga $3.000.

Risc PC tahun 1994

Dell Dimension XPS T600
Keluar tahun 1999 dimana penguna computer dapat menikmati computer desktop dirumah. Mengunakan procesor Pentium III 600, 128MB RAM, 20GB harddisk layar 17 inci CRT (bukan LCD), dijual $2300.



Dengan harga selangit dari computer diatas. Seluruhnya tidak ada yang melebihi kecepatan procesor smartphone yang anda pegang saat ini. Karena tertinggi hanya mencapai Mhz saja, bahkan di era 60an hanya memiliki kecepatan satu digit Mhz.

Nvidia umumkan GPU dirancang khusus untuk grafik render atau visual efek. Mengunakan nama RTX. Salah satu industri untuk cinema membutuhkan kecepatan proses animasi atau visual efek. Turing menjadi GPU pertama untuk Ray Tracing, seperti pembuatan cahaya yang realistis. Memiliki 4 core penting, dari AI, Ray Tracing, shading program dan simulasi.

Vivo kembangkan foto Super HDR pada smartphone. Mengambil 12 gambar bersamaan, mengabung serta mengatur cahaya foto. Hasil foto menjadi lebih tajam, warna gelap dan terang di proses dengan AI.

WIFI Alliance telah mengumumkan teknologi sistem keamaan WIFI baru disebut WPA3. Hal penting lain, WPA3 dapat menghindari dengan sistem pertahanan dari serangan acak.



Kelambatan harddisk ada di bagian lengan yang disebut Actuator. Satu harddisk memiliki banyak lengan tapi bekerja bersamaan. Bagaimana lengan dibagi menjadi dua dan disebut Multi Actuator

Honda mengumumkan teknologi motor Hyrid dari Daido Steel, sebuah perusahaan produsen besi di Jepang. Motor kendaraan listrik tidak perlu mengunakan bahan metal magnit yang langka, artinya motor kendaraan listrik tidak lagi mengunakan metal Dysprosium dan Terbium.

Peneliti universitas Morelos Mexico mengembangkan teknologi antena TV digital dan analog paling kecil. Ukuran hanya 6,4cm dan tebal 6mm. Antena aslinya hanya 12g, tapi di kemas dengan pelindung 80g.

Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.



Microsoft akan mengevaluasi peluang membangun datan center dibawah air. Tujuannya untuk memperkecil latenci, kecepatan layanan serta manfaat lain bila computer diletakan dibawah air. Biaya pendingin data center merupakan salah satu biaya rutin. Bila computer ditanam didalam air, maka biaya pendingin server dapat diganti dengan air (laut).

Pabrik Japan Display menampilkan sebuah teknologi monitor dengan ketajaman sangat tinggi. Mencapai 8K dan lebar monitor hanya 17 inci.  Menunjukan batas teknologi kerapatan panel LCD sampai 510 pixel per inci.

Supercomputer buatan IBM model Roadrunner akan dinonaktifkan. Supercomputer Roadrunner memegang rekor sebagai computer paling cepat 5 tahun lalu. Menjadi computer tercepat yang mampu menembus kalkulasi 1 petaflops.

Supercomputer dengan GPU lebih efisien melakukan perhitungan dibanding CPU


No popular articles found.