Technology | 17 September 2015

Computer termahal dalam sejarah




Computer Programma 101 tahun 1965.
Salah satu mesin computer paling keren di tahun tersebut. Dibuat oleh perusahaan itali, disain seperti desktop computer pertama.

Ukuran tentu saja gede banget untuk mesin berteknologi tahu ini. Programma adalah super calculator, bisa menambah, mengurang dan membagi dalam angka sangat besar.

Nasa membeli peralatan tersebut untuk menghitung pendaratan Apollo 11.

Satu unit ketika itu $3.500, bila di nilai dengan harga sekarang $24.000.

Computer Programma 101

IBM Portabel Computer
Di era 1975 ada computer portabel yang dibuat IBM. Beratnya 25kg, dengan model IBM 5100 Portable Computer. Menjadi computer jinjing pertama.

Digunakan di kalangan ilmuwan dan universitas dengan RAM 64KB saja. Harganya $19.975, bila dihitung dengan nilai saat ini $88.000.

Memiliki keyboard, layar 5 inci (seukuran smartphone sekarang) tipe tabung CRT.
Hanya menampilkan 16 baris huruf dengan lebar 64 teks, penyimpan magnetic tape kapasitas 204Kb (lebih kecil dari disket era 5,25 inci 360KB.



Mengunakan board Palm dengan 16 bit.

IBM Portabele Computer

Cormemco System Three
Satu lagi computer portabel, tapi tidak portabel banget sih.

Dibuat oleh 2 ahli DR dari Stanford pada tahun 1979.

Computer ini dapat bekerja menangani multiuser, tapi hanya 3 user saja untuk 6 terminal.



Pembeli Nasa dan US Air Force. Memiliki 512KB RAM, 5MB ekternal harddisk. Harga ketika itu $12.495 sekarang sekitar $36.000

Melihat teknologi layanan internet saat ini. Satu grup Whatsapp mencapai 512 member. Jangan ditanya berapa banyak komputer dan smartphone terhubung ke jaringan internet di seluruh dunia

Cormemco System Three

Osborne Vixen
Di era 1985an, muncul computer jinjing seukuran koper.

Osborne Vixen memiliki layar 7 inci CRT. Tahun 1985 dibuat dengan procesor 4Mhz dan 64KB RAM, dan di bundle dengan software spreadsheet, word processsing dan lainnya.

Untuk model 10MB ekternal harddisk dijual $2.800, sekarang nilainya $6.200.

Storage 10MB, mungkin tidak cukup untuk menyimpan 1 file foto di abad ke 21.

Osborne Vixen

Risc PC tahun 1994
Perusahaan Inggris Acorn membuat seri PC di tahun 1980an, pada tahun 1994 mengeluarkan computer RISC.

Disain kecil, mudah di ekpansi dan memiliki slot procesor tambahan. Bekerja dengan OS IBM PC selain OS buatan Risc sendiri.

Tapi spesifikasinya tetap imut.
Harddisk 420MB, layar maksimum 17 inci. Model yang ditawarkan adalah RISC PC 600 dengan harga $3.000.

Risc PC tahun 1994

Dell Dimension XPS T600
Keluar tahun 1999 dimana penguna computer dapat menikmati computer desktop dirumah.



Mengunakan procesor Pentium III 600 single core, 128MB RAM, 20GB harddisk layar 17 inci CRT tabung tapi sudah berwarna walau bukan layar LCD yang hemat power.
Dell menjual perunit $2300.

Di era sekarang satu procesor telah memiliki CPU dan iGPU di dalamnya. Dengan kualitas layar tertinggi mencapai 4K, ditambah ekternal VGA mampu menampilkan warna HDR+



Dengan harga selangit dari computer diatas.

Seluruhnya tidak ada yang melebihi kecepatan procesor smartphone yang kita pegang saat ini.

Karena tertinggi hanya mencapai Mhz saja, bahkan di era 60an hanya memiliki kecepatan satu digit Mhz.
Smartphone saat ini telah mencapai 2GHz sampai 3Ghz cukup seukuran tangan, dan harganya tidak lebih dari $500


Artikel Lain

Bila masih menyimpan flashdisk model lama. Dapat diperiksa apakah masih mengunakan chip MLC atau SLC. Flash drive generasi lama lebih handal untuk lifecycle penulisan data. Flash disk dapat diperiksa mengunakan program. Awas flash drive dengan chip cacat dijual lagi

Apa saja material termahal di dunia saat ini. Setidaknya ada beberapa material yang masuk daftar paling mahal. Plutonium masih kalah mahal dari berlian, tapi yang termahal Californium sebagai bahan logam buatan manusia. Rhodium naik mencapai $350 ribu perkg karena kebutuhan meningkat



Di era 80an sebuah computer Cray-2 banyak digunakan untuk penelitian. Dibanding smartphone seperti iPhone 12 lebih banyak untuk chatting, media sosial sampai gaming. Apakah iPhone 12 lebih cepat dari supercomputer Cray-2. BIla tidak sebesar apa ruangan yang dibutuhkan Cray-2 agar setara iPhone.

TSMC salah satu perusahaan terbesar dan terpenting di dunia. Dan kita mungkin tidak banyak mengetahui siapa TSMC. Bangunan perusahaan dengan tanda tanya sebagai logo huruf. Menghasilkan 50 persen chip untuk kebutuhan pasar global di bidang teknologi.

Samsung memadatkan chip NAND teknologi V-NAND dengan TLC. Sekarang mencapai 170 layer, kedepan menampung sampai 200 lapis per chip. Batasan chip ada di kemasan seperti smartphone ukuran 0,5mm termasuk modul.

Microsoft mulai mengunakan sistem pendingin 2 fase dengan cairan. Server computer direndam ke dalam cairan, kontak komponen panas akan langsung mengenai cairan. Gigabyte menawarkan disain memasukan computer ke dalam cairan teknik yang sama.

Nvidia umumkan GPU dirancang khusus untuk grafik render atau visual efek. Mengunakan nama RTX. Salah satu industri untuk cinema membutuhkan kecepatan proses animasi atau visual efek. November 2018, model kelas menengah RTX 4000 diumumkan, 8GB GDDR6, 32 RT core, 288 Tensor core. Turing menjadi GPU pertama untuk Ray Tracing, seperti pembuatan cahaya yang realistis.



Vivo kembangkan foto Super HDR pada smartphone. Mengambil 12 gambar bersamaan, mengabung serta mengatur cahaya foto. Hasil foto menjadi lebih tajam, warna gelap dan terang di proses dengan AI.

WIFI Alliance telah mengumumkan teknologi sistem keamaan WIFI baru disebut WPA3. Hal penting lain, WPA3 dapat menghindari dengan sistem pertahanan dari serangan acak.

Peneliti universitas Morelos Mexico mengembangkan teknologi antena TV digital dan analog paling kecil. Ukuran hanya 6,4cm dan tebal 6mm. Antena aslinya hanya 12g, tapi di kemas dengan pelindung 80g. Jadi antena buatannya sangat ringan.

Data center atau pusat server computer umumnya dijaga dengan keamanan tingkat tinggi. Karena operator tidak mau orang lain melihat isi dari server perusahaan. Google berbeda, boleh dilihat bahkan mengunakan teknologi VR.

Pabrik Japan Display menampilkan sebuah teknologi monitor dengan ketajaman sangat tinggi. Mencapai 8K dan lebar monitor hanya 17 inci.  Menunjukan batas teknologi kerapatan panel LCD sampai 510 pixel per inci.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.