Meriam Gustav meriam terbesar yang pernah dibuat di era WWII


Stuff | 12 September 2015

Tentara Jerman pernah memiliki meriam Gustav atau Schwerer Gustav pada tahun 1941, tepatnya setelah negara Perancis jatuh dikalahkan Jerman.

Pembuat meriam Gustav adalah perusahaan Friedrich Kurpp AG, membuat meriam dengan tinggi 4 lantai dan panjang 50 meter. Total berat meriam mencapai 1350 ton.

Dimiliki pasukan Nazi Jerman, dan digunakan pasukan khusus Wehmacht. Hanya dibuat 2 meriam dengan laras 80cm.

Meriam Gustav mampu menembakan peluru setiap 30-45 menit. Pabrik Kurpp awalnya akan membuat beberapa kaliber laras untuk peluru meriam. Dari 70, 80, 85 cm sampai 1 meter. Tapi meriam Gustav yang dibuat hanya 2 unit sebagai meriam paling besar milik Nazi Jerman.

Meriam tersebut tidak banyak diketahui keberadaannya. Setelah meriam Gustav pertama ditemukan 15km dari kota Auerbach, diperkirakan ditemukan bulan April 1945.

Meriam Gustav dikabarkan sempat didatangkan dalam pertempuran Jerman dengan Uni Soviet. Ketika Jerman mengepung Sevastopol selama operasi Barbarossa.

Meriam kedua disebut Dora dengan ukuran 80cm sempat diturunkan pada pertempuran Jerman melawan Soviet di Stalingrad. Kemungkinan kehadiran meriam Dora disana tidak  menembakan peluru. Kehadiran meriam Dora sempat mencapai jarak 15 km dari medan perang. Ketika itu sudah siap menembakan peluru pada 13 September.

Tapi ditarik mundur, ketika Soviet menyerang balik dan nasib meriam dihancurkan sendiri oleh pasukan Jerman sendiri agar tidak direbut oleh pihak Soviet. Meriam Dora ditemukan oleh pasukan terjun Amerika setelah menemukan meriam pertama Schwerer Gustav.

Meriam lain diberi nama Langer Gustave atau Longer Gustav juga dirancang tapi tidak sampai selesai dibuat untuk persenjataan di perang dunia ke II.

Untuk peluru kemampuan meriam dapat menembakan peluru seberat 300kg.



Cerita meriam Gustav menjadi catatan dalam sejarah perang dunia ke II.
  • Menjadi meriam terbesar dengan laras dan peluru terberat yang pernah dibuat.
  • Pertama kali ditembakan pada pengujian 10 September 1941 di lapangan tembak Hillersleben.
  • November 1941 dibawah ke Rugenwalde dan peluru meriam mampu menjangkau jarak 37km.
  • Meriam tersebut di pindah ke atas bogie kereta api. Setiap Bogie memiliki 5 as roda dengan total 40 as (80 roda kereta) untuk menahan bobot meriam.
  • Meriam dapat dipasangkan 2 jenis peluru. Peluru dengan daya ledak tinggi yang lebih berat, dan peluru lebih ringan ditambah proyektil roket yang rencananya dapat menjangkau jarak 150km. Tetapi peluru tipe kedua hanya bisa digunakan bila panjang laras ditambah sampai sampai 84 meter.
  • Kedua meriam milik Nazi Jerman tidak kembali dari pertempuran, karena dihancurkan sendiri oleh pasukan Nazi Jerman untuk menghindari musuh mengambil alih meriam.
Senjata meriam Gustav sebagai meriam terbesar yang pernah dibuat

Berita terkait
Meriam artileri dengan peluru Excalibur, dapat dipandu dengan GPS dan laser. Meriam Howitzer M777 salah satu meriam paling canggih, Dan tank Panzerhaubitze 2000 dengan pelontar 155mm. Tank Panzerhaubitze 2000 adalah tank dengan meriam jarak jauh

Kapal perusak Iowa adalah kapal perang paling mematikan di Pasifik selama perang dunia ke II. Tetapi USS Iowa adalah yang terbesar, disusul USS New Jersey, USS Missouri dan USS Wisconsin yang aktif di armada laut Amerika. Hanya satu USS Iowa memiliki kemampuan khusus.



Kapal selam milik Rusia terbaru dinamai K-239 Severodvinsk. Dibangun selama 20 tahun dengan bahan bakar reaktor nuklir, jenis kapal selam ini untuk memburu kapal selam lain, menghancurkan kapal perang dan serangan ke darat

Meriam M65 adalah senjata artileri dengan kepala bom atom. Jaraknya hanya 11km saja. Mungkin jaraknya tidak terlalu penting mengingat kekuatan bom ini adalah ledakannya. Luas kerusakan satu peluru saja sangat luas.

Israel memiliki perlindungan dengan pencegat rudal balistik. Menjadi pertahanan rudal paling canggih saat ini. Sistem pertahanan tersebut bukan untuk membalas, hanya mencegah. Disebut Arrow III sebagai rudal intercept terbar




No popular articles found.
< /body>