Servis Panasonic GH4 minta 750 dollar diperbaiki sendiri hanya 5 dollar


Digital | 10 September 2015

Shane Reetz adalah seorang fotographer yang mengunakan camera Panasonic GH4. Camera GH4 tersebut terjadi kerusakan di mounting, terlihat agak goyang. Akhirnya Shane mengirim camera ke service center Panasonic. Disana dia diminta $750 untuk memperbaiki bagian kerusakaan mounting camera.

Untuk apa biaya tersebut, rinciannya service camera cukup banyak yang diperbaiki. Seperti ini : Main PCB board $140, mount box $469, front case $70, ditambah biaya jam kerja teknisi. Total $762

Gerah dengan biaya servis camera yang sangat mahal, walau dia bisa membayar tapi mengapa tidak dicoba untuk diperbaiki sendiri. Karena biaya servis hampi separuh harga camera baru.
Kata yang menjengkelkan seperti ini, kita membeli satu merek camera maka selamanya harus berhubungan dengan produsen merek camera tersebut. Akhirnya 4 hari setelah di service center, Shane menarik cameranya kembali

Camera modern lebih kompak, lebih kecil, penguna sekarang tidak bisa memperbaiki sendiri. Ternyata di bagian ring mounting patah. Shane akhirnya mengoprek cameranya sendiri. Total biaya perbaikan hanya $5 saja, bahkan Shane dapat belajar bagaimana masalah di camera GH4.

Servis Panasonic GH4 minta 750 dollar diperbaiki sendiri hanya 5 dollar

Dia membuka bagian metal mounting lensa dari bodi camera. Lalu menempelkan potongan yang rusak dengan lem epoxy. Dan merekatkan dengan lem epoxy di antara 2 ring tersebut sampai sebagian pecahan tersebut tertutup kembali. Perbaikan camera Shane berakhir dengan happy ending. Katanya tidak ada masalah lagi dengan bagian mounting GH4.
Note. jangan mencoba sendiri bila anda tidak tahu resiko memperbaiki camera sendiri.


Berita terkait
Perbaikan kerusakan lensa dalam waktu 3 hari kerja di Indonesia sendiri sudah ditangani Ana-Photo. Layanan Tamron VIP Club untuk pelanggan loyal dari 4 lensa, 5 dan 6 lensa lebih

Sam membawa camera Sony ke Service Center Sony UK, katanya kira kira sekitar $600. Masih bisa dipakai dan batal diperbaiki. Kebetulan dia jalan jalan ke Thailand, dia membawa cameranya ke service center di Thailand. APa yang terjadi dengan camera Sony tersebut.



Fotografer profesional Matt Granger memposting video selama 16 menit. Menceritakan mengatakan kekesalannya dengan support Sony Australia. Perbaikan membutuhkan waktu 1 bulan, walau hanya untuk perbaikan kecil saja. Dan dia meninggalkan Sony karena pekerjaannya tidak mendapat dukungan dari produsen.

Fotografer Matt berbagi cerita bagaimana membeli camera BM atau Grey Market. Maksudnya beli putus Nikon D750 dan bukan camera resmi. Awalnya ditolak dan tidak mau di perbaiki di tempat servis resmi. Sekarang Nikon membuka pintu untuk memperbaiki camera grey market

Berapa biaya service di Nikon Service Center dengan garansi resmi. Biayanya cukup terjangkau, karena camera perlu masuk service setelah 2 tahun dipakai. Lama service camera hanya 3 hari di Nikon Service Center.


Dari sebuah survei besar besar yang dibuat oleh Lens and Gear Repair Data. LensRentals mengatakan lensa Rokinon dan Canon membutuhkan pemeliharaan. Masuk di 18 besar sebagai peralatan camera yang perlu diperbaiki.

Tempat servis lensa camera di Taiwan bisa memperbaiki lensa yang pecah. Tidak itu saja, bahkan mereka bisa memberikan penganti body lensa dari hitam menjadi putih atau bahkan merah.




No popular articles found.
< /body>