Galaksi EGSY8p7 dan EGS-zs8-1 ini jauhnya minta ampun 13 miliar tahun cahaya


Kategori : Science | Date : 1 June 2016
Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung jarak galaksi EGSY8p7.

Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Dapat disamakan usia galaksi tersebut kurang dari 600 juta tahun setelah pembentukan alam semesta, jadi gambar yang ditangkap teleskop adalah galaksi di awal pembentukan dengan usia baru 600 juta tahun.

Peneliti mengukur dengan spektrograf infrared, dan memiliki perbedaan Lyman Alpha , diperkiraan disana terjadi pemanasan gas hidrogen dari radiasi ultraviolet yang menunjukan awal pembentukan bintang di sebuah galaksi.

Pergeseran cahaya dari gambar yang ditangkap oleh teleskop, mengalami perubahan redshift 8,68 atau setara dengan perjalanan cahaya yang sampai ke bumi sampai 13,2 miliar tahun cahaya.
Penemuan galaksi EGSY8p7 dikonfirmasi bulan Mei 2015. Penampakan galaksi tersebut karena terjadi efek gravitasi lensa dari benda di depannya sehingga mengalami pembesaran dan dapat tertangkap oleh teleskop di Bumi.

Bila dihitung, apa yang dilihat di galaksi EGSY8p7 masih berada di posisi pada gambar dibawah ini.
Gambar yang ditangkap teleskop ruang angkasa, letaknya :
Dari kiri awal terbentuknya alam semesta, lalu mengalami kekosongan, dan letak gambar galaksi EGS8p7 yang terlihat di teleskop. Sedangkan usia alam semesta saat ini, dimana waktu kita atau manusia sekarang sudah mencapai 13,8 miliar tahun.

Galaksi EGSY8p7 ini jauhnya minta ampun 13 miliar tahun cahaya

Dibawah ini perbandingan 2 gambar yang ditangkap oleh 2 teleskop berbeda, dari teleskop ruang angkasa Hubble dan teleskopo Spitzer. Apakah manusia bisa datang kesana. Kemungkinan tidak walau teknologi ratusan abad ke depan manusia mampu mencapai kecepatan cahaya. Letak galaksi tersebut sudah terlalu jauh, dan sekarang kita hanya bisa menikmati dengan melihat bentuk galaksi tersebut.


 
Galaksi EGSY8p7 dari teleskop Hubble dan Spitzer


Galaksi EGS-zs8-1
Yang ini berada 670 juta tahun setelah dimulai terbentuknya alam semesta. Ukuran galaksi EGS-zs8-1 dibawah ini lebih kecil sekitar 15% dari galaksi Bima Sakti, tetapi galaksi yang kita lihat adalah benda yang usianya mencapai 13 miliar tahun lalu.

Gambar galaksi EGS-zs8-1 dari observasi WM Keck 10 meter di Hawai, digunakan untuk mengukur jarak galaksi dengan instrumen Mosfire. Menjadi salah satu galaksi terjauh yang pernah di ukur.
Ditemukan Mei 2015, menjadi galaksi terjah berdasarkan alat spektrometer. Memiliki tingkat Redshift  z=7.73. Atau setara warna cahaya 13,05 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Walau belum mengalahkan jark EGSY8p7 yang mencapai perubahan Redshift 8.68 atau setara 570 juta tahun setelah terjadnya Big Bang, atau mencapai jarak 13,2 miliar tahun cahaya

Foto dibawah ini dibuat oleh Hubble

Galaksi EGS-zs8-1 dari teleskop observasi WM Keck di Hawai

Tim astronom Jepang, Meksiko dan universitas Massachestts Amherst sedang mempelajari sebuah monster galaksi. Letaknya 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sebelum gambar didapat dari teleskop Alma, tidak ada peneliti yang dapat menerangkan mengapa galaksi raksasa ini dapat terbentuk ketika awal alam semesta baru terbentuk

Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.

Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Mei 2017 diumumkan. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2018 diuji dengan kenyataan bila bintang tersebut berhasil lolos dan membuktikan teori Einstein kembali. Gravitasi dapat menarik cahaya, video ditengah galaksi



Satu foto galaksi Andromeda dibuat lengkap oleh teleskop Subaru yang dipasang di Hawai. Teleskop yang berlokasi di gunung Mauna Kea. Sekarang galaksi Bima Sakti lebih besar dari dari galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda pernah menelan galaksi lain, karena sisanya adalah  galaksi M32 terlihat memiliki elemen yang sama di Andromeda.

lmuwan sudah mendapatkan seluruh data dari isi galaksi Bima Sakti. Belum, dalam 10 tahun terakhir masih ada lagi temuan baru dengan galaksi kerdil atau galaksi kecil berada di pinggiran galaksi Bima Sakti. Disebut satelit galaksi Bima Sakti.

2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Gugus galaksi Abell 370 letaknya 6 miliar tahun cahaya. Tapi terlihat dari bumi memberikan foto berbeda dari bentuk galaksi disana  Tetapi ada gambar galaksi yang terlihat pada busur biru adalah galaksi yang lebih jauh lagi. Dan berada di belakang kelompok galaksi Abell 370



Galaksi IC 2163 dan NGC 2207 sedang bertabrakan, tapi kekuatan keduanya terlihat seimbang. Tidak ada yang tertarik lebih kedalam, jadi keduanya membentuk lengan spiral lebih panjang. Tabrakan kedua galaksi seperti ini bukan hal langka, dan keduanya berada 114 juta tahun cahaya dari Bumi.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.

Seorang pelajar baru berusia 15 tahun. Telah menemukan sebuah kota kuno Maya yang hilang. Hasilnya tepat, tinggal menunggu pembuktian apakah kota itu memang ada. Bahkan ahli arkeologi sudah melupakan keberadaan adaanya kota tersebut.

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.

Sebuah galaksi HATLAS J090311.6+003906 tampak karena efek gravitasi lensa. Bila dilihat dari bumi, posisi galaksi yang sangat jauh tersebut muncul karena berada di belakang sebuah galaksi SDP.81.



Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

Biasanya ukuran bintang besar akan berada dibagian dalam. Bintang di bagian tengah atau dekat inti galaksi memiliki kepadatan sampai 10x lebih banyak dibagian pusat. Sebuah galaksi merah disamakan bintang disana sudah berwarna merah atau bintang kuno. Semakin tua, sebuah galaksi akan membentuk tonjolan ditengah

Lubang hitam pendamping bisa saja terbentuk di galaksi dengan lubang hitam utama yang berada ditengah. Nasa menemukan galaksi NGC 2276. Untuk ukuran, NGC 2276-3c memiliki massa sekitar 5-30x dari matahari kita

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.


No popular articles found.