Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung jarak galaksi EGSY8p7.

Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Dapat disamakan usia galaksi tersebut kurang dari 600 juta tahun setelah pembentukan alam semesta, jadi gambar yang ditangkap teleskop adalah galaksi di awal pembentukan dengan usia baru 600 juta tahun.

Peneliti mengukur dengan spektrograf infrared, dan memiliki perbedaan Lyman Alpha , diperkiraan disana terjadi pemanasan gas hidrogen dari radiasi ultraviolet yang menunjukan awal pembentukan bintang di sebuah galaksi.

Pergeseran cahaya dari gambar yang ditangkap oleh teleskop, mengalami perubahan redshift 8,68 atau setara dengan perjalanan cahaya yang sampai ke bumi sampai 13,2 miliar tahun cahaya.
Penemuan galaksi EGSY8p7 dikonfirmasi bulan Mei 2015. Penampakan galaksi tersebut karena terjadi efek gravitasi lensa dari benda di depannya sehingga mengalami pembesaran dan dapat tertangkap oleh teleskop di Bumi.

Bila dihitung, apa yang dilihat di galaksi EGSY8p7 masih berada di posisi pada gambar dibawah ini.
Gambar yang ditangkap teleskop ruang angkasa, letaknya :
Dari kiri awal terbentuknya alam semesta, lalu mengalami kekosongan, dan letak gambar galaksi EGS8p7 yang terlihat di teleskop. Sedangkan usia alam semesta saat ini, dimana waktu kita atau manusia sekarang sudah mencapai 13,8 miliar tahun.

Galaksi EGSY8p7 ini jauhnya minta ampun 13 miliar tahun cahaya

Dibawah ini perbandingan 2 gambar yang ditangkap oleh 2 teleskop berbeda, dari teleskop ruang angkasa Hubble dan teleskopo Spitzer. Apakah manusia bisa datang kesana. Kemungkinan tidak walau teknologi ratusan abad ke depan manusia mampu mencapai kecepatan cahaya. Letak galaksi tersebut sudah terlalu jauh, dan sekarang kita hanya bisa menikmati dengan melihat bentuk galaksi tersebut.
 
Galaksi EGSY8p7 dari teleskop Hubble dan Spitzer


Galaksi EGS-zs8-1
Yang ini berada 670 juta tahun setelah dimulai terbentuknya alam semesta. Ukuran galaksi EGS-zs8-1 dibawah ini lebih kecil sekitar 15% dari galaksi Bima Sakti, tetapi galaksi yang kita lihat adalah benda yang usianya mencapai 13 miliar tahun lalu.

Gambar galaksi EGS-zs8-1 dari observasi WM Keck 10 meter di Hawai, digunakan untuk mengukur jarak galaksi dengan instrumen Mosfire. Menjadi salah satu galaksi terjauh yang pernah di ukur.
Ditemukan Mei 2015, menjadi galaksi terjah berdasarkan alat spektrometer. Memiliki tingkat Redshift  z=7.73. Atau setara warna cahaya 13,05 miliar tahun cahaya dari Bumi.

Walau belum mengalahkan jark EGSY8p7 yang mencapai perubahan Redshift 8.68 atau setara 570 juta tahun setelah terjadnya Big Bang, atau mencapai jarak 13,2 miliar tahun cahaya

Foto dibawah ini dibuat oleh Hubble

Galaksi EGS-zs8-1 dari teleskop observasi WM Keck di Hawai