Teleskop LSST dengan sensor paling besar


Kategori : Technology | Date : 17 January 2018
2015
Smartphone memiliki sensor 16Mpix, camera profesional bisa saja menawarkan sensor camera dengan ketajaman 100Mpix.

Sensor camera yang satu ini bukan tandingannya lagi.

Memiliki ketajaman 3,2Gpixel atau setara memasukan 1500 gambar video HD.

Sensor camera miliki LSST nantinya menjadi jantung dari teleskop Large Synoptic Survey Telescope.

Saat ini konstruksi teleskop masih tahap pembangunan dan sensor masih akan diuji di California. Di dalam camera memiliki sususan 3 cermin, itupun seukuran kendaraan kecil.

Total berat mencapai 3 ton. Sensor camera untuk astronomi dengan ketajaman 3,2Gpixel sebenarnya tidak berbentuk utuh satu panel. Tapi berisikan 189 sensor CCD  16MP yang dipasang array.

Camera dapat menerima cahaya selama 15 detik dalam waktu 20 detik. Pada camera memiliki koreksi abrasi gambar.
Ketika bekerja penuh, camera dapat mengambol gambar sebanyak 200.000 foto antariksa selama setahun.
Karena sensor akan panas, maka perlu di dinginkan sampai suhu -100 degr.C
Setiap malam diperkirakan dapat menghasilkan foto sebanyak 15TB.
Masa tugas dalam rencana untuk 10 tahun setelah teleskop bekerja.

Sensor camera LSST akan di uji coba di laboratorium SLAC di Menlo Park California selama 5 tahun. Selesai di uji baru dipasang ke teleskop LSST yang berada di Chile..



Pembangunan teleskop LSST nantinya akan menjalankan misinya melihat antariksai, khususnya objek di daerah selatan dimana disana menjadi bagian paling banyak bintang dan galaksi. Diperkirakan bila konstruksi teleskop SLLT selesai. Di pusat observasi LSST dapat memberikan data sebesar 6 juta gigapixel pertahunnya dalam mengabadikan antariksa termasuk melihat bahan asteroid dan meneliti materi gelap dan energi gelap.

Sensor camera paling besar milik teleskop LSST

LSST terletak di Chile, berada di ketinggian 2.682 meter di daerah pegunungan Coquimbo.

Setelah konstruksi selesai, teleskop LSST akan masuk daftar 10 teleskop terbesar di darat. Pembangunan dimulai 1Agustus 2014.
Dana yang diajukan sekitar $27,5 juta.

Rencananya sudah dapat beroperasi tahun 2019, dan beroperasi penuh tahun 2022.

2018

Video dibawah ini diabadikan pada bulan Desember 2017. Konstruksi teleskop sebagai mata antariksa ini masih tahap pembangunan.

>
+ www.lsst.org

China Manned Space Agency mempublikasikan modul stasiun ruang angkasa berawak China. Penyusunan ruang angkasa berawak pertama akan dimulai tahun 2020.  Pertama diberangkatkan dengan roket Heavy Long March 5B, modul lain menyusul dengan membawa astronot untuk merakit. China mengundang para ilmuwan dan melakukan percobaan sendiri di stasiun ruang angkasa Tianhe.

Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018 untuk memastikan teleskop siap bekerja kembali untuk penelitian ruang angkasa

Teleskop Jamess Web selesai dan masuk tahap pengujian. Teleskop yang mampu melihat 13,5 miliar tahun ke belakang. Proses pembuatan mencapai 20 tahun. Sekarang teleskop ini hanya diam di bumi. Kesalahan rancangan, bila gagal bekerja di ruang angkasa dan tidak bekerja. Triliuan hanya menjadi sampah



Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.

Teleskop Magellan di gurun Cile mengunakan teknologi baru, dinamai dengan singkat GMT. Konstruksi teleskop ini telah dimulai, dan berada di ketinggian 2550 meter. Berapa lama dan berapa harga satu cermin teleskop raksasa ini dibuat

Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

Sony memperkenalkan sensor camera IMX318 CMOS dengan fitur keseimbangan stabilzier dan teknologi hyrid auto focus. Sensor CMOS untuk camera tersebut mengikuti suksesnya dari sensor generasi IMX230 dengan kemampuan 22.5Mpix, dan berukuran 1/2.6 1.0um. Sensor IMX318 lebih kecil tapi tidak berdampak dengan kualitas foto.



Flir Vue Pro sebuah camera ringan yang dapat dipasang di quadcopter. Berbeda dengan camera biasa, camera Flir Vue Pro hanya menangkap gelombang panas dari sebuah objek. Perangkat camera Flir Vue Pro nantinya dapat dibawa oleh quadcopter untuk melihat gambar dalam bentuk thermal panas.


No popular articles found.