Simulasi planet Mars tinggal 8 bulan di kubah Hi-seas


Kategori : Shortstory | Date : 4 November 2018
Satu grup terdiri dari 6 orang, baru saja melakukan perpisahaan dari peradaban dunia. Mereka akan tinggal selama setahun di dalam sebuah kubah sempit di gunung Hawai Mauna Loa. Disana mereka melakukan simulasi seperti tinggal di planet Mars.

Mereka terdiri dari arsitek, dokter, pilot dan lainnya akan melakukan simulasi tinggal di kubah yang dingin di puncak gunung. Kubah berukuran 7x11 meter persegi tersebut disebut Hi-Seas. Mereka memiliki kamar sendiri dengan pondok tempat tidur dan meja. Tetapi peserta yang ikut hanya diijinkan keluar kubah mengunakan baju ruang angkasa.

Karena simulasi ini seperti kondisi manusia hidup nanti di planet Mars. Mereka tidak akan mendapat makanan yang enak, sampai melihat tingkat stres yang akan dialami seperti astronot nanti. Untuk apa Nasa melakukan simulasi di kubah tersebut. Nasa ingin mengetahui konflik apa yang timbul bila seseorang harus hidup berbagi ditempat yang sama dengan ruangan sangat sempit. Sejauh ini astronot rata rata menghabiskan waktu selama 6 bulan di stasiun ruang angkasa.

Nasa buat simulasi tinggal di Mars untuk 6 orang dalam kubah

November 2018
Pada bulan Februari 2017 lalu, ada yang tidak beres terjadi di dalam kubah.

Terjadi kecelakaan dimana seorang terkena sengatan listrik di dalam kubah, satu orang terpaksa dibawa keluar.
Yang lain mengundurkan diri setelah merasa nyaman dengan keamanan.

Simulasi Mars tidak dilanjutkan karena hanya tersisa 1/3 peserta, dan seluruh program ditangguhkan.
Sisa peserta telah kembali ke bidang pekerjaan mereka.

Pengunaan Hi SEAS mungkin akan berlanjut tahun 2020. Tapi untuk program simulasi tinggal di bulan.


Berita terkait
Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.




No popular articles found.