Pesawat Drone MQ-9 Reaper mampu terbang nonstop 37 jam


Stuff | 2 June 2016

Drone MQ-9 Reaper atau pesawat tanpa awak ini paling mematikan di dunia.

Teknologi menarik dalam mengendilkan pesawat tanpa awak dan menyerang musuh tanpa kehadiran musuh.

Pesawat General Atomic MQ-9 Reaper disebut Predator B Big Wing.

MQ-9 Reaper hanya sebuah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Keunikan pesawat ini ada di kemampuan terbang sangat tinggi untuk memata-matai daerah musuh. Daya terbang pesawat juga besar, mengunakan mesin 950hp turboprop.

Dengan daya tambahan, Reaper mampu membawa 15 beban lebih berat dibanding generasi sebelumnya. Ada yang menarik dengan sistem kendali MQ-9 Reaper

Pesawat dapat terbang secara autonomous. Rute penerbangan diatur terlebih dahulu, lalu dimonitor dari stasiun di darat atau Ground Control Station. Untuk menyerang musuh, senjata dikendalikan dari remote pilot yang duduk di stasiun. Operator bertugas mencari dan mengobservasi daerah musuh mengunakan peralatan sensor termasuk camera sensor panas. Pada jarak 3,2km, camera dapat melihat sebuah objek kendaraan sampai ke nomor plat kendaraan.

Kendali hanya membutuhkan waktu 1,2 detik. Ketika pilot memerintahkan MQ-9 Reaper, hubungan antara 2 peralatan harus melalui sistem satelit. Perintah untuk menyerang hanya terjadi keterlambatan 1,2 detik.

MQ-9 Reaper mampu membawa bahan bakar seberat 500kg, ditambah beban persenjatan dengan berat yang sama. Kemampuan terbang selama 42 jam untuk tugas mata mata, dengan persenjatan lengkap dapat terbang selama 14 jam.

MQ-9 Reaper dapat membawa beberapa persenjataan termasuk GBU-12 Paveway II sebagai bom dengan pengarah laser, AGM-114 Hellfire II air to ground misil, AIM-9 Sidewinder sebagai rudal anti pesawat dan






Juni 2016
General Atomic perusahaan pembuat Predator ini baru melakukan test uji coba. Perbaikan dari pesawat Drone Predator B/MQ-9 Reaper Big Wing mampu terbang nonstop selama 37 jam.
Drone jenis ini sudah dimiliki oleh angkatan udara Amerika, RAF, Perancis, Italia dan Belanda.
Bila tangki bahan bakar diganti dengan kapasitas besar, mampu terbang selam 27 jam sampai 42 jam.



Berita terkait
Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.



Video pesawat TransAsia yang jatuh di Taiwan minggu ini membawa 58 penumpang dan awak pesawat. Jatuh ke sungai Keelung  setelah takeoff dari Taipei Airport rabu lalu. Satu rekaman pengendara di jalan bebas hambatan merekam detik jatuhnya pesawat.




No popular articles found.
< /body>