Ledakan bahan petasan 13 Agustus 2015 tercatat alat seismoter skala 2,9sr


Kategori : Shortstory | Date : 14 August 2015
Pada hari Rabu pagi 13 Agustus 2015 lalu. Di Tianjin terjadi 2 ledakan, tepatnya gudang perusahaan Tianjin Dongjiang Port Rui Hai. Menghancurkan  dan mobil seperti sebuah film perang. Ledakan pertama sangat besar, tapi yang kedua lebih besar lagi.

Pusat gempa China mencatat adanya getaran akibat ledakan tersebut. Padahal alat yang dipasang berjarak ratusan km dari pusat ledakan. Tercatat seperti gempa bumi yang mencapai 2,3 dan 2,9 sr (gambar)

Alat Seismometer hanya mengukur gerakan tanah yang diakibatkan penyebaran gelombang energi. Umumnya digunakan untuk mencatat gempa bumi atau aktivitas tektonik. Kadang getaran dapat ditangkap oleh alat seismometer seperti dinamit seperti ledakan di tambang bahkan sonar.

Yang menarik dari ledakan di Tianjin adalah ledakan berasal dari satu titik, bahkan terjadi diatas tanah. Ledakan seperti ini biasanya tidak tercatat oleh alat gempa, karena energi yang dilepaskan akan menghilang ke udara.

Faktanya ledakan Tianjin masuk daftar alat seismometer. Diartikan ledakan tersebut memang sangat besar.

Kerusakan akibat ledakan menghancurkan area gudang, termasuk tempat parkir kendaraan yang terlihat sudah hangus.

Data gambar dari alat Seismometer, mobil baru yang terbakar, dan sisa gudang yang mengalami kecelakaan

Ledakan bahan petasan 13 Agustus 2015 tercatat alat seismoter skala 2,9sr

+ BBC World

Pemerintah Jepang akan berpikir panjang, karena jumlah anak anak disana terus menurun. Bekerja di Jepang sekarang lebih mudah. Punya keahlian dan penelitian, lebih mudah menjadi penduduk Jepang.

India dipastikan akan melewati jumlah penduduk Tiongkok. Jumlah penduduk dunia meningkat dari 1 miliar menjadi 7 miliar dalam 200 tahun saja. Diperkirakan jumlah penduduk akan melambat dengan keluarga berencana, atau sumbar daya bumi akan habis oleh manusia.


No popular articles found.