Internet di China cepat tetapi bukan keluar negeri


Shortstory | 13 August 2015

Perkembangan internet di China begitu cepat, dimana jaringan broadband sudah tersedia sampai ke rumah. Apakah kecepatan broadband menjamin akses internet ke luar negeri.

Perusahaan China Telecom ternyata melakukan throttling atau nyekek bandwidth internet ke jaringan luar negeri. Walau dibantah oleh pihak perusahaan, tapi media TV Shanghai Television mencatat apa yang dikeluhkan oleh pelanggan disana.

Penguna jaringan China Telecom mengeluhkan kecepatan akses internet keluar dari China. Karena ada satu paket dari operator China Telecom yang khusus menambah kecepatan keluar negeri. Disebut Nitrogen Cylinder, nama yang cukup aneh dan paket internet tersebut harus dibayar diluar paket internet. Tapi memberikan kecepatan internet antara 2-3 jam saja.

Provider lain menyediakan layanan internet, tapi lebih cepat dibanding perusahaan China Telecom. Bahkan bedanya mencapai beberapa menit untuk membuat website. Contoh membuat situs Microsoft butuh 10 menit. Bahkan koneksi ke luar negeri hanya 1Kb/s jauh lebih lambat dari Dialup. Bila jam sibuk atau menjelang sore hari, jangan ditanya lambatnya.

Perusahaan China Telecom mengatakan mereka sedang menguprade jaringan untuk layanan network ke luar negeri. Dan baru selesai pada bulan September mendatang.

Satu provider lain Shanghai Telecom juga membantah melakukan Throttling. Tapi perusahaan tersebut juga menjual paket ektra untuk akses web ke luar negeri. Sekitar $32 perbulan untuk paket ekstra ditawarkan oleh China Telecom.

Siapa yang mengeluh, tentu saja perusahaan internasional atau kalangan bisnis ketika mereka perlu mengakses server di luar China. Bagi pengusaha menengah banyak menjual produk dari China di eBay atau layanan lain. Dan mengunakan kontak via Gmail seperti investor dari luar negeri.

Apakah ini strategi dari ekonomi disana. Dimana ekonomi China sedikit menurun, dan membuat bisnis internasional masyarakat disana menjadi tidak ramah. Dan menekankan bisnis dalam negeri dengan menekan koneksi internet.
Perusahaan internet di China sudah biasa melakukan hal yang aneh. Bahkan disebut tidak logis bagi masyarakat China sendiri.
Intinya, mau cepat yah bayar dong.


Berita terkait
Sony berencana menambah pabrik sensor camera. Sensor buatan Sony telah digunakan 50 persen perangkat termasuk smartphone. Mengapa sensor camera dibutuhkan. Kecepatan teknologi 5G, smartphone kelas menengah setidaknya mengunakan 3 camera. Tidak ada yang tahu dalam 1 - 2 tahun ke depan, setiap perangkat membutuhkan sensor camera tambahan.

Negara dengan penguna internet terbanyak atau terbesar di dunia bukan Amerika. China menduduki rangking satu dengan angka 632 juta orang. Peningkatan penguna internet China sedikit menurun, dari tahun 2013 naik 10% dan 7% pada tahun 2014.



Situs pencarian atau search engine seperti Google dan Yahoo membuat orang berpikir mereka lebih pintar dari sebenarnya. Karena mereka seakan memiliki pengetahuan dunia di ujung jari mereka. Membuat para responden percaya bahwa mereka lebih pandai dibanding belajar dengan cara normal

Dimana penguna internet terbesar. Untuk Indonesia ada di pulau Jawa dan Bali. Asia, di dominasi China, Indian, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Korea dan Taiwan.




No popular articles found.
< /body>