Xiaomi procesor sendiri dari LeadCore


Kategori : Technology | Date : 7 August 2015
Perusahaan Xiaomi semakin lengkap, membuat smartphone, tablet Android, termasuk produksi rumah tangga dari pemurni air dan pembersih udara. Xiaomi tahun depan akan membuat procesor untuk smartphone dan tablet sendiri. Dari kementrian China, Xiaomi bekerja sama dengan LeadCore salah satu perusahaan pembuat procesor murah dari China.

Tahun lalu Xiaomi dan LeadCore sudah melakukan joint venture di perusahaan Beijing Song Guo. Akhir tahun 2014, Beijing Song Guo mengambil teknologi SDR1860. Kemungkinan besar lisensi procesor tersebut menjadi dasar pembuatan procesor di perusahaan Song Guo.

Salah satu produk Xiomi adalah Redmi 2A yang diluncurkan awal tahun ini. Smartphone Android tersebut mengunakan procesor LeadCore LC1860C, tapi smartphone Android Xiaomi Redmi 2A hanya dijual di dalam negerri.

Dari beberapa sumber industri mengatakan, Xiaomi procesor akan dipakai untuk smartphone Android murah terbaru. Sedangkan model high end tetap mengunakan Qualcomm Snapdragon procesor.

Mengapa Xiaomi tidak mengunakan LeadCore procesor di smartphone high end, alasannya LeadCore tidak memiliki dukungan ke CDMA.
Ada kabar lain disebutkan juga Xiaomi tertarik mengambil pengembangan procesor ARM. Mungkin procesor LeadCore akan setara MediaTek yang banyak dipakai untuk smarphone Android kelas budget.

Sama seperti Huawei memiliki procesor dari perusahaannya sendiri dengan model procesor Kirin. Samsung lebih dahulu membuat procesor dari pabrik sendiri dengan Exynos.

Bila dilihat perusahaan pembuat procesor semakin banyak. Snapdragon, MediaTek, Marvell dan Intel membuat procesor tapi tidak membuat produk perangkat. Merek yang membuat procesor dan memproduksi seperti Samsung (Exynos), Huawei (Kirin), Xiaomi (SDR1860)

Penganti WIFI 802.11ac adalah WIFI 802.11ax, seberapa cepat WIFI ax. Menawarkan kecepatan 4x dari generasi sebelumnya. Grup aliansi WIFI menganti nama WIFI dengan nomor standar 802.11 dengan kata lebih mudah di mengerti. WIFI 6 akan keluar 2019, setelah WIFI 5 standar ac dan WIFI 4 standar n. Angka menjadi nama pengembangan generasi WIFI.

ARM kembangkan ARM Cortex A75 dan ARM Cortex A55. Memiliki teknologi ARM DynamIQ dengan kombinasi cluster core procesor. Mendukung VR dan grafik lebih hemat power

Procesor smartphone Snapdragon 820 dengan 4 core, mendukung X12 4G LTE, 3 band WIFI  2,4, 5 dan 60Ghz. Ditempatkan untuk smartphone high end. Model smartphone kelas menengah mengunakan Snapdragon 652 dengan 8 core



HiSilicon Kirin 950 adalah procesor high end dengan arsitek quad core Arm Cortex A53 dan quad core Cortex A72 unntuk procesor smartphone Android. Dengan kata lain masuk sebagai 8 core atau octa core smartphone procesor. Diumumkan November 2015, hanya untuk pasar Asia dan Eropa

Chip Qualcomm QCA9994 dan QCA9984 dapat mempercepat tranfer sampai 1,7Gbps. Mengunakan single atau multiple data stream mengunakan jaringan 802.11ac WIFI. Untuk kecepatan rata-rata WIFI sat ini baru mencapai 1Gbps. Dibanding kecepatan USB 3.0 sudah mencapai 5Gbps.


No popular articles found.