Science | 4 August 2015

ISS transit tepat di depan Bulan oleh fotographer Bill Ingalls


Bill Ingalls berhasil mengabadikan stasiun ruang angkasa tepat ketika melintas di depan bulan. Stasiun ruang angkasa atau ISS ini terlihat seperti huruf Z, dan berada hampir tepat ditengah bulan. Tidak mudah mendapatkan foto seperti ini, salah satunya kondisi cuaca dan waktu.

Perhitungan waktu harus tepat, karena tidak setiap hari lintasan ISS berada tepat transit di depan bulan. Dan hal cuaca, walau waktu sudah tepat tapi cuaca mungkin tidak bersahabat dan menutup bulan dan ISS.

Ingalls mengabadikan foto dibawah ini pada tanggal 2 Agustus 2015 kemarin di Woodford Virginia. ISS yang bergerak didepan bulan melintas sangat cepat, karena bergerak sekitar 8 km perdetik.

Yang berhasil mengabadikan ISS tepat di depan bulan adalah Dylan O Donnel, dia memang astronomi amatir. Mendapatkan posisi ISS pada bulan Juli lalu.

IIS transit tepat di depan Bulan oleh fotographer Bill Ingalls

Foto asli di Google Photo


www.twitter.com/nasahqphoto/status/627779812770365440
Artikel Lain

Program roket swasta SpaceX merubah biaya ruang angkasa lebih murah. Dua pertiga dari biaya rata rata pengiriman astronot Rusia dengan roket Soyuz. Mungkin tidak lama lagi ada yang tertarik liburan ke ruang angkasa dan mampir menginap di stasiun ISS.

Stasiun ruang angkasa internasional atau ISS sering diburu oleh fotografer astronomi. Karena membutuhkan perhitungan waktu yang tepat, karena tidak setiap waktu lewat dan dapat terlihat. Stasiun ISS dapat terlihat pada sore atau menjelang pagi, dengan lintasan antara 3-5 menit. Bagaimana mengabadikan stasiun ISS tepat di depan bulan atau matahari. Ada layanan untuk memperhitungkan kapan ISS lewat.



Merubah ruangan adalah tugas biasa di bumi. Bagaimana bila memindahkan ruang modul di ruang angkasa. Yang ini perlu keahlian dalam mengemudikan bila merubah posisi ruangan di stasiun ISS. Stasiun ISS pada 4 September akan mendapat modul baru.

Gadi Eidelheit dari Israel akhirnya mendapatkan gambar stasiun ISS ketika melintas tepat di depan bulan. Entah bagaimana dia menghitung waktu dan perkiraan stasiun tersebut. Mengunakan 2 camera, satu untuk clip foto dengan Canon 700D dan lensa tele 18x250 untuk maksimum Zoom.

Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.