Planet 10 mirip seperti Bumi


Kategori : Science | Date : 30 July 2015
Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Planet Kepler 186f, masuk daftar planet dengan ukuran seperti Bumi. Ukurannya sekitar 10% lebih besar dari Bumi, dan planet tersebut dipastikan berbatu. Jarak sekitar 490 tahun cahaya dari Bumi.

Planet Gliese 481g. Planet yang ditemukan ini agak kontroversi. Terlihat pada tahun 2010, tapi sangat sulit dilihat. Salah satu planet yang masuk daftar paling sebagai planet, walau terakhir diketahui ukuran planet 3 kali lebih besar dari Bumi. Jarak dari Bumi tidak jauh, hanya 20 tahun cahaya. Dan planet Gliese 481g mengorbit ke bintang setiap 30 hari. Posisi planet berada di Konstelasi Libra

Planet Gliese 667Cc. Disebut Super Earth karena letaknya dekat dengan Bumi sekitar 22 tahun cahaya. Berada di konstelasi Scorpius, diperkirakan ukuran 4,5x lebih besar dari Bumi. Memiliki orbit hanya 28 hari ke bintang induk. Masalah di planet ini adalah di tata surya disana terdapat 3 bintang yang ukurannya seperti matahari kita.

Kepler 22b. Ukuran planet ini 2,4x lebih besar dari Bumi. Posisi planet lebih dekat ke bintang, diperkirakan suhu planet hanya 22 derajat Celcius. Karena bintang disana memiliki ukuran lebih kecil dari Matahari. Jaraknya cukup jauh mencapai 600 tahun cahaya dan terletak di konstelasi Cygnus.

Planet HD40307g. Masuk sebagai Super Earth dan berada di area sangat nyaman atau zona kehidupan. Jarak 42 tahun cahaya dari Bumi dan mengorbit ke bintang induk pada jarak 90 juta km. Bandingkan dengan Bumi ke matahari sekitar 150 juta km. Letak planet berada di konstelasi Pictor.

Planet HD 85512b. Ditemukan tahun 2011 menjadi bagian dari 50 planet yang masuk daftar sangat akurat HARPS di observasi Chile. Ukuran planet sekitar 3,6x lebih besar dari Bumi. Jarak hanya 35 tahun cahaya dan terletak di konstelasi Vela. Peneliti berharap planet ini bisa memperlihatkan adanya air.

Planet Tau Ceti e. Terditeksi pada Desember 2012, jaraknya luar biasa dekat. Hanya 11, 9 tahun cahaya dari Bumi. Tapi masuk daftar Super Earth dengan ukuran 4,3x lebih besar dari Bumi. Ada 2 perkiraan kondisi di planet ini, mungkin menjadi planet yang cukup panas atau kondisinya terlalu panas seperti Venus.

Planet Gliese 163c. Berdasarkan masa planet, Gliese 163c masuk di zona abu abu. Ukurannya itu loh, diperkirakan masanya mencapai 7x lebih besar dari bumi. Jadi planet ini adalah planet berbatu sangat besar, atau bisa saja sebuah planet gas mini. Planet gliese 163c mengitari bintang selama 28 hari, dan jaraknya 50 tahun cahaya serta berada di konstelasi Dorado.

Planet Gliese 581d. Dari penelitian terakhir, planet memiliki atmofer karbon dioksida. Ukuran planet mencapai 7x dari masa bumi dan mengorbit ke sebuah bintang berukuran kecil atau kelas Red Dwarf. Satu lagi saudara kembarnya disebut Gliese 581d yang memiliki potensi untuk manusia hidup disana. Jarak planet sekitar 20 tahun cahaya dari Bumi.



Planet Tau Ceti f. Seperti Tau Ceti e, posisinya berada dekat di area habitat. Cuma ukuran planet diperkirakan 6.6x lebih besar dari Bumi. Atmofer disana terlihat mampu menahan panas matahari untuk menghangatkan permukaan planet

Planet 10 daftar planet seperti Bumi

Rover tangkap debu setan di planet Mars. Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa memberikan kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai. 14 tahun plesiran di Mars terlihat masih mogok, harapan terakhir menunggu musim berangin di Mars antara Nov-Jan waktu Bumi.

Nasa baru mempublikasi bagaimana manusia pergi ke Mars. Tahap pergi ke Mars tidak semudah yang dibayangkan. Pertama astronot singgah di stasiun ruang angkasa baru. Semua masih rancangan, mantan astronot Nasa Chris mengatakan perjalanan ke Mars paling beresiko tanpa teknologi baru yang tidak pernah kita pikirkan harus ada.

Bintang GJ436 atau Gliese 436 ditemukan sebuah planet seukuran Neptunus, tapi orbitnya seperti komet. Disebut planet GJ436b memutar tidak searah dengan ekuator melainkan dari kutub. Mengapa planet tersebut memiliki orbit tidak biasa.



Sebuah tata surya dengan bintang 55 Cancri, terdapat sebuah planet yang diketahui seperti tidak berputar. Planet 55 Cancri e masuk kategori super earth, tapi orbitnya lebih parahnya dengan  satu putaran 18 jam. Data tahun 2013 ditemukan kandungan atmofer planet, tetapi tetap saja menjadi planet panas

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Membayangkan saja sudah susah, di planet HD 189733 memiliki kekuatan angin 6 mach lebih. Planet HD 189733 disebut sebagai Hot Jupiter, ukuran planet yang sangat besar dan suhu planet mencapai 1000 derajat C. Kalau ditanya disana terjadi apa, mungkin terjadi hujan kaca

Update pesawat ruang angkasa Juno menangkap suara di planet Jupiter pada 27 Agustus 2016. Suara di ruang angkasa memiliki frekuensi. Tetapi suara yang di dengar di pesawat ruang angkasa adalah gelombang frekuensi rendah, berbeda dengan suara yang di dengar manusia yang harus melintas melalui media udara. Melewati batas tata surya, masih ada suara yang bisa di dengar oleh pesawat Voyager 1



Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.

Sebelum 30 Mei, posisi Mars akan segaris antara Matahari, Bumi dan Mars pada tanggal 22 Mei sebagai posisi terbaik mengabadikan Mars. Dan pada tanggal 31 Mei 2016, jarak Mars ke Bumi hanya 75.3 juta km. Menjadi jarak terdekat antara Mars ke Bumi, setiap 11 tahun sekali

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.

Sebuah tim astronom internasional menemukan planet gas seperti Jupiter yang mengitari sebuah bintang. Jarak dan bintangnya mirip seperti tata surya kita. Bahkan jarak planet seperti Jupiter di tata surya HIP 11915 memiliki jarak yang mirip seperti Jupiter di tata surya kita sendiri. Apakah ada bumi lain disana.



Disebut Quintubple star system atau tata surya dengan 4 bintang. Diberi nama 1SWASP J093010.78+533859.5 dan terletak 250 tahun cahaya dari Bumi. Lokasinya ada di daerah Ursa Major, ke empat dari 5 bintang bintang tersebut sudah di pelajari sejak tahun 20113 oleh Marcus Lohr

Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

Dr Joseph Roche profesor Dublin Trinity dan PhD Fisik dan astronomi yang kebetulan seorang finalis untuk berangkat ke Mars. Roche tidak pernah bertemu dengan finalis lain. Pada akhirnya dia menyadari bila Mars One adalah penipuan atau seleksi yang dibuat hanya cerita lucu saja


No popular articles found.