Intel Micron pisah tidak ada generasi ke 2 3DXPoint hanya Optane dan QuantX


Kategori : Technology | Date : 11 July 2018
2015
Intel dan Micron memperkenalkan teknologi memory NAND 3DXPoint. Lebih cepat 1000x dari NAND seperti SSD sekarang ini, bahkan kinerjanya lebih kuat dibanding SSD chip.

Memory 3DXPoint adalah penemuan terbaik selama 25 tahun ini. Kedua perusahaan bahkan memberikan informasi, memory 3DXPoint bukan untuk storage saja. Karena dapat dijadikan memory tunggal pada perangkat computer atau dalam hubungannya ke DRAM.

3DXPoint adalah memory tipe Non Volatile artinya bekerja tanpa power. Kecepatan mencapai 1000x dari NAND di perangkat mobile dan menyimpan data sampai 10x lebih besa dari DRAM computer. Misalnya sebuah computer PC atau notebook termasuk server mengunakan DRAM untuk penyimpan sementara dan data berada di harddisk. DRAM hanya bekerja sementara ketika power aktif, sedangkan Harddisk untuk menyimpan data tanpa power.
3DXPoint dapat mengantikan kebutuhan dair sebagian storage DRAM dan storage. Memberi kesempatan 3DXPoint dapat dijadikan DRAM pada perangkat computer tanpa perlu memikirkan kehilangan power pada peralatan.

Memory 3DXPoint terlihat sangat menjanjikan, tapi jangan dikira murah. Teknologi memory baru tersebut masih membutuhkan pemikiran bagaimana penerapan dimasa mendatang. Yang pada akhirnya dapat mengantikan SATA yang sekarang sudah terasa cepat.

Intel Micron 3DXPoint 1000x lebih cepat dari NAND Flash

2018
Intel dan Micron akhirnya berpisah mengembangkan 3DXPoint generasi ke 2.
Pengembangan memory tersebut akan berdiri sendiri antara Intel dan Micron.

Intel tetap mengembangkan Optane DC untuk memory data center, dimana sebuah server dapat mengunakan 512GB Optane DC modul memory di dalam slot DDR4.
Intel akan mendorong pengembangan Optane SSD dan Optane memory untuk konsumer desktop dan notebook.

Micron yang memperkenalkan 3DXPoint menganti nama menjadi QuantX.







Fungsi USB OTG adalah USB dengan fitur Host USB. Seperti port USB untuk keyboard, mouse atau camera. Dan USB Type-C atau USB-C, menambah standar Audio Device Class 3.0 untuk port USB tipe C mengantikan port earphone.

Pengembangan memory GDDR dengan perbandingain GDDR5 vs GDDR6. Samsung, Hynix dan Micron GDDR6 mulai di produksi oleh Samsung. GDDR6 sudah memasuki proses produksi menunggu di produksi masal. Pertama GPU Turing mengunakan VRAM GDDR6

Jim Keller adalah kepala arsitek disain procesor AMD dikabarkan keluar dari AMD. Dia masuk ke AMD tahun 2012, tapi tahun ini berhenti dari AMD. Pada tahun 1998 Jim mengembangkan disain procesor terbaru Zen yang rencananya dipasarkan 2017. Kabar terakhir Jim ada di Samsung



Chip controller Jmicron JMF60H akan diperkenalkan bulan Augustus 2015. Menjadi solusi SSD murah untuk interface SATA III. Targetnya sangat jelas chip controller SSD ini membantu penguna harddisk dapat pindah ke SSD dengan harga terjangkau.

Samsung siapkan storage atau internal memory chip Nand untuk smartphone kelas menengah. Nantinya dapat mengurangi ruang untuk slot microSD card pada smartphone. Samsung akan menawarkan chip 128GB NAND Flash dengan modul eMMC 5.0.

Hynix umumkan teknologi memory dengan kecepatan 8Ghz mengunakan generasi pertama High Bandwidth Memory / HBM. Ini adalah memory GDDR5 untuk VGA atau grafik card. Kemampuan tranfer lebih besar, tapi pemakaian daya lebih hemat. Kabarnya AMD akan meluncurkan VGA baru seri R5 390X

Chip GPU Mali seri T800, keluar 3 model. Mali-T860, Mali-T830 dan Mali-T820. Mali-T860 ditujukan untuk pengolah grafik smartphone high end mendukung DX11.1, 2 model lain T830 dan T820 untuk model menengah dan pemula.


No popular articles found.