2015
Intel dan Micron memperkenalkan teknologi memory NAND 3DXPoint. Lebih cepat 1000x dari NAND seperti SSD sekarang ini, bahkan kinerjanya lebih kuat dibanding SSD chip.

Memory 3DXPoint adalah penemuan terbaik selama 25 tahun ini. Kedua perusahaan bahkan memberikan informasi, memory 3DXPoint bukan untuk storage saja. Karena dapat dijadikan memory tunggal pada perangkat computer atau dalam hubungannya ke DRAM.

3DXPoint adalah memory tipe Non Volatile artinya bekerja tanpa power. Kecepatan mencapai 1000x dari NAND di perangkat mobile dan menyimpan data sampai 10x lebih besa dari DRAM computer. Misalnya sebuah computer PC atau notebook termasuk server mengunakan DRAM untuk penyimpan sementara dan data berada di harddisk. DRAM hanya bekerja sementara ketika power aktif, sedangkan Harddisk untuk menyimpan data tanpa power.
3DXPoint dapat mengantikan kebutuhan dair sebagian storage DRAM dan storage. Memberi kesempatan 3DXPoint dapat dijadikan DRAM pada perangkat computer tanpa perlu memikirkan kehilangan power pada peralatan.

Memory 3DXPoint terlihat sangat menjanjikan, tapi jangan dikira murah. Teknologi memory baru tersebut masih membutuhkan pemikiran bagaimana penerapan dimasa mendatang. Yang pada akhirnya dapat mengantikan SATA yang sekarang sudah terasa cepat.

Intel Micron 3DXPoint 1000x lebih cepat dari NAND Flash

2018
Intel dan Micron akhirnya berpisah mengembangkan 3DXPoint generasi ke 2.
Pengembangan memory tersebut akan berdiri sendiri antara Intel dan Micron.

Intel tetap mengembangkan Optane DC untuk memory data center, dimana sebuah server dapat mengunakan 512GB Optane DC modul memory di dalam slot DDR4.
Intel akan mendorong pengembangan Optane SSD dan Optane memory untuk konsumer desktop dan notebook.

Micron yang memperkenalkan 3DXPoint menganti nama menjadi QuantX.