Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.
Galaksi BDF-3299 bukan galaksi terjauh yang ditemukan, tapi galaksi tejauh yang terlihat sedang aktif

Sampai saat ini ilmuwan belum dapat melihat seperti apa asal mula dari pembentukan seluruh galaksi di alam semesta. Tetapi galaksi BDF 3299 ini terlihat seperti pertumbuhan bintang yang baru lahir. Disana terjadi radiasi tingkat tinggi dan ledakan supernova (asal mulai terjadinya bintang lahir atau bintang mati) yang menganggu pusat kumpulan gas.

Ini adalah gambar paling jauh yang dapat diabadikan, setidaknya kurang dari satu miliar tahun setelah terjadi Big Bag kada Andrea Ferrara. Manusia mendapat kesempatan pertama kali menonton penumpukan galaksi pertama.

Galaksi terjauh yang pernah terlihat adalah galaksi EGZ-ZS8-1 dengan perkiraan usia 13 miliar tahun cahaya, atau usianya baru 670 juta tahun bila terlihat di Bumi.
Galaksi lain yang terjadi diperkirakan berusia 700 tahun disebut galaksi z8 GND 5296. Memiliki jarak yang sama antara 13 miliar tahun cahaya.

Dari anggota tim Roberto Maiolino mengatakan, sangat mustahil mendapatkan gambar ini tanpa teleskop Alma. Karena tidak ada insrumen lain yang mencapai sensitif dan resolusi spasial yang dibutuhkan.

Galaksi BDF-3299 yang sangat jauh berusia 800 juta tahun setelah Big Bang

ESO