Galaksi BDF-3299 yang sangat jauh terlihat baru berusia 800 juta tahun setelah Big Bang


Kategori : Science | Date : 25 July 2015
Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.
Galaksi BDF-3299 bukan galaksi terjauh yang ditemukan, tapi galaksi tejauh yang terlihat sedang aktif

Sampai saat ini ilmuwan belum dapat melihat seperti apa asal mula dari pembentukan seluruh galaksi di alam semesta. Tetapi galaksi BDF 3299 ini terlihat seperti pertumbuhan bintang yang baru lahir. Disana terjadi radiasi tingkat tinggi dan ledakan supernova (asal mulai terjadinya bintang lahir atau bintang mati) yang menganggu pusat kumpulan gas.

Ini adalah gambar paling jauh yang dapat diabadikan, setidaknya kurang dari satu miliar tahun setelah terjadi Big Bag kada Andrea Ferrara. Manusia mendapat kesempatan pertama kali menonton penumpukan galaksi pertama.

Galaksi terjauh yang pernah terlihat adalah galaksi EGZ-ZS8-1 dengan perkiraan usia 13 miliar tahun cahaya, atau usianya baru 670 juta tahun bila terlihat di Bumi.
Galaksi lain yang terjadi diperkirakan berusia 700 tahun disebut galaksi z8 GND 5296. Memiliki jarak yang sama antara 13 miliar tahun cahaya.

Dari anggota tim Roberto Maiolino mengatakan, sangat mustahil mendapatkan gambar ini tanpa teleskop Alma. Karena tidak ada insrumen lain yang mencapai sensitif dan resolusi spasial yang dibutuhkan.

Galaksi BDF-3299 yang sangat jauh berusia 800 juta tahun setelah Big Bang

ESO

Gravitasi lensa disebabkan cahaya terhalang sebuah black hole, membuat benda seperti galaksi mengalami pembesaran cahaya. Dimana letak gravitasi lensa, gambar dari teleskop Hubble memperlihatkan bidang yang sangat kecil. Bila di perbesar akan terlihat kelompok galaksi Abell S1063, dimana galaksi dibelakangnya muncul. 2 galaksi J2211-3050, satu galaksi muncul 4 gambar dengan berbeda jarak 7 - 20 miliar tahun cahaya

Tim astronom Jepang, Meksiko dan universitas Massachestts Amherst sedang mempelajari sebuah monster galaksi. Letaknya 12,4 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sebelum gambar didapat dari teleskop Alma, tidak ada peneliti yang dapat menerangkan mengapa galaksi raksasa ini dapat terbentuk ketika awal alam semesta baru terbentuk



Cahaya dari galaksi MACS1149-JD1 memang sangat samar, hanya berupa sebuah titik merah. Yang diartikan melakukan perjalanan miliaran tahun sampai tertangkap oleh peralatan teleskop di Bumi. Menjadi salah satu galaksi terjauh dengan 13,3 miliar tahun cahaya. Tapi ada yang aneh, mengapa disana sudah bersinar. Sedangkan alam semesta baru berusia 13,8 miliar tahun

Ketika galaksi terbentuk dan mulai membentuk bintang. debu dan gas baru ada setelah ledakan bintang generasi pertama. Tapi di galaksi A2744_YD4 terlihat sudah ada dengan 3 materi dari bekas supernova

Foto ini adalah foto 2 galaksi kuno ADFS-27 yang terlihat sekarang. Ketika awal alam semesta, dimulai galaksi terbentuk. Tetapi semua berukuran kecil. 2 galaksi tersebut sebagai contoh dari nenek moyang galaksi yang ada

Pertama ditemukan galaksi spiral tertua di alam semesta. Galaksi A1689B11, benda ini terlihat begitu jauh dengan usia 11 miliar tahun. \Kita lihat kembali berapa usia alam semesta kita ini setelah terjadi Big Bang.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain



2 galaksi ini berbeda ukuran, satu dengan ukuran sangat besar, tapi yang satu lagi lebih kecil. Galaksi dengan nomor  NGC 1510 dan NGC 1512 terlihat memiliki bentuk spiral galaksi, tapi keduanya seperti pertarungan di ruang angkasa. Pastinya galaksi kecil akan ditelan oleh galksi lebih besar.

Mengunakan teleskop paling kuat Hubble, melihat 2 galaksi yang dempet. Letaknya 500 ribu tahun cahaya dari Bumi. Disebut galaksi IRAS 06076-2139, keduanya saling berpaspasan alias saling melintas berdekatan dengan kecepatan 2 juta km perjam.

Sebuah galaksi MACS 1423-z7p64 diumumkan10 April 2017. Menjadi galaksi terjauh dan terlihat seperti galaksi purba di awal pembentukan alam semesta. Galaksi MACS 1423-z7p64 ditemukan bukan melihat langsung dengan teleskop. Seperti terlihat pembesaran gravitasi lensa.

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan foto X-Ray. Ada sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X, tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.

2 galaksi kerdil ditemukan oleh teleskop Hubble. Kedua galaksi terjebak di daerah kosong ruang hampa selama 100 juta tahun, akhirnya galaksi mulai terbentuk dan siap melahirkan bintang baru.

Membutuhkan waktu sekitar 1000 jam untuk menangkap seluruh kombinasi cahaya yang begitu jauh. Diperkirakan baru berusia 5 miliar tahun  setelah terjadi Big Bang. Atau jauhnya mencapai 8-9 miliar tahun dari Bumi, mengingat usia alam semesta saat ini sekitar 13,8 miliar tahun.

Tim observasi teleskop WM Keck di Hawai berhasil menghitung galaksi EGSY8p7, satu galaksi EGS-zs8-1 dengan teleskop Hubble. Mereka melihat sebuah titik cahaya sangat tua yang jaraknya 13,2 dan 13 miliar tahun cahaya dari Bumi. Galaksi ini terlihat dari teleskop ruang angkasa, dan hanya selisih 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Disebut sebagai galaksi sejarah ketika pembentukan alam semesta.

Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi



Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar. Atau ada galaksi tetangga letaknya tidak terlalu jauh. Tetapi galaksi yang satu ini kesepian, galaksi NGC 6503 ditemukan tahun 1987 berada di area Local Void

Tim astronomi dari universitas Yale dan UC Santa Cruz baru saja mengumumkan mereka menemukan galaksi paling jauh yang ditemukan saat ini. Galaksi EGZ-ZS8-1, diperkirakan memiliki jarak 13 miliar tahun cahaya. Bila dihitung mundur, baru terbentuk 670 juta tahun setelah alam semesta mulai terbentuk

Biasanya ukuran bintang besar akan berada dibagian dalam. Bintang di bagian tengah atau dekat inti galaksi memiliki kepadatan sampai 10x lebih banyak dibagian pusat. Sebuah galaksi merah disamakan bintang disana sudah berwarna merah atau bintang kuno. Semakin tua, sebuah galaksi akan membentuk tonjolan ditengah



No popular articles found.