Planet Kepler 452b planet sepupu bumi yang mirip tapi bongsor diberi nama Earth 2


Science | 13 August 2016

Kepler 452b sebagai planet yang identik seperti keadaan di Bumi

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar.

Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin.

Kepler-452b memiliki posisi yang tepat di area habitat, artinya bisa saja manusia cocok untuk pindah ke planet tersebut.

Ukuarn planet agak besar, sekitar 60% lebih besar dibanding Bumi. Masalahnya gaya tarik planet tersebut lebih besar mencapai 2x lipat dibanding di Bumi.

Planet memiliki orbit sepeti hari di bumi , sekitar 385 hari setahun. Dan ukuran bintang disana masuk kategori G2 yang usianya diperkirakan sudah 6 miliar tahun.

Sedangkan matahari lebih muda 1,5 miliar tahun. Bila ditanyakan apakah matahari disana memiliki ukurang yang sama.

Peneliti mengatakan matahari disana 10% lebih besar, dan 20% lebih terang. Tapi diperkirakan memiliki suhu yang sama seperti di Bumi

Dibawah ini posisi Kepler 452b yang terditeksi oleh teleskop. Posisinya tepat tapi ukuran planet lebih besar dari Bumi

Planet Kepler-452b planet sepupu bumi yang mirip tapi bongsor





Penemuan planet Kepler 452b ini masih berlanjut. Karena posisinya , orbit planet 385 hari (3 minggu lebih lama), tempatnya sedikit lebih mundur dari matahari terhadap bumi jadi sangat mirip dengan Bumi. Sejauh ini Kepler 452b adalah planet terbaik (sampai 2015) yang ditemukan oleh peneliti, dimana disana memungkinkan adanya kehidupan.

Peneliti SETI mengunakan teleskop Allen Array untuk mengobservasi planet Kepler 452b. Teleskop tersebut untuk mengamati adanya kehidupan cerdas disana.

Secara matematika, memungkinkan planet tersebut memiliki kehidupan cerdas di planet tersebut

Perkiraan peneliti sebelumnya, planet ini memiliki peluang lebih besar bagi kehidupan


Perbandingan planet Kepler-452b dengan planet Bumi


Shostak mengatakan ada 3 cara menemukan kehidupan di satu planet.
  • Pertama kita harus kesana dan melihat, seperti manusia pergi ke bulan dan planet Mars. Masalahnya sekarang planet ini terlalu jauh bagi teknologi manusia sekarang.
  • Kedua membangun teleskop lebih besar, dan melihat cahaya di planet tersebut. Saat ini bintang disana terlalu redup untuk melihat spektrum cahaya planet, tapi nanti masih memungkinan manusia melihat lebih jelas setelah teleskop penganti Hubble yaitu James Webb beroperasi.
  • Ketiga dengan mencari sinyal, seperti teknologi SETI yang dipakai saat ini. Mungkin tim SETI dapat mendengar sinyal dari planet Kepler 452b.

Agustus 2016

Para ilmuwan sedang mempersiapkan untuk mengungkap rahasia planet baru. Bahkan diyakini seperti Bumi tersebut berada di rasi bintang Cygnus. Posisi planet memungkinkan disana terdapat air dan syarat utama yang mendukung kehidupan.

European Southern Observatory (ESO) mengatakan tidak pernah menemukan sebuah planet Bumi kedua yang sedekat ini.

Badan antariksa NASA banyak menemukan planet, tapi kebanyakan planet yang ditemukan terlalu panas atau terlalu dingin bagi manusia, termasuk adanya air, atau planet tersebut masuk ketegori planet gas seperti Jupiter. Dan bukan planet bebatuan seperti planet Mars dan Bumi.

Dengan ukuran 60% lebih besar dari Bumi. Planet Kepler 452b kemungkinan memiliki gunung berapi, cahaya matahari dan lautan. Hanya saja disana manusia harus tinggal dengan tingkat gravitasi 2x dari Bumi. Dan orbit planet tidak berbeda dengan Bumi, 385 hari.

Masalah yang harus dipecahkan, bagaimana manusia bisa datang kesana atau mengirim satelit untuk memastikan planet tersebut. Jarak 1400 tahun cahaya bukan sebuah harapan dengan teknologi sekarang. 1400 tahun cahaya setara 39.900.000.000.000km


Berita terkait
Planet K2-18b ditemukan tahun 2015, memiliki orbit di zona habitat. Ditemukan oleh teleskop Kepler ketika planet transit di depan bintang. Mengorbit ke bintang kerdil merah atau Red Dwarf Star setiap 33 hari. Awalnya planet terlihat cocok untuk manusia. Tetapi penelitian lebih lanjut. Itu adalah Water World.

Planet 3470b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dan memiliki kandungan air. Tetapi penelitian tahun 2018, ini bukan planet biasa. Ukuran sebesar planet Neptunus, bahkan panas kerena mengorbit lebih dekat ke bintang.



Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima

Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Sebuah planet yang dinamai HIP 65426b adalah planet langkah, besar tapi jauh dari bintang. Membuat para ilmuwan harus menelaah kembali bagaimana sebuah planet dan tata surya terbentuk. Karena planet ini berbeda dengan kesimpulan sebelumnya.

Planet OGLE-2007-BLG-349 ditemukan ketika mengalami microlensing. Posisi munculnya planet dan 2 bintang diakibatkan posisi tepat sejajar dari pengamatan dengan Bumi. Salah satu planet terjauh yang ditemukan dengan jarak 8000 tahun cahaya.

Michelle Kunimoto 22 tahun seorang mahasiswa di universitas Columbia. Dia tertarik dengan planet yang jauh. Sebagai mahasiswa dia mengambil bagian untuk menganalisa data dari teleskop ruang angkasa Kepler. Dan dia menemukan 4 planet dan satu planet diantaranya adalah seukuran planet Neptunus di posisi hangat.



Starshade adalah teknik baru dari pencarian planet lain di luar tata surya. Teknik baru ini untuk menutup cahaya bintang agar dapat melihat planet disampingnya. Teknik sebelumnya disebut Transit, dimana sebuah planet harus ditunggu ketika lewat di depan sebuah bintang

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.

Pernah mendengar cerita planet X, planet yang tidak dikenal di tata surya kita sendiri. Mungkin planet ini memang ada, tapi jauh di kegelapan dan mungkin saja berada sangat jauh di luar planet Pluto. Tetapi jumlah planet tersebut tentunya tidak pasti, karena orbitnya begitu jauh, dan sulit diamati dari Bumi dengan teknologi yang ada




No popular articles found.