Planet Kepler-425b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar.

Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin.

Kepler-425b memiliki posisi yang tepat di area habitat, artinya bisa saja manusia cocok untuk pindah ke planet tersebut. Ukuarn planet agak besar, sekitar 60% lebih besar dibanding Bumi. Masalahnya gaya tarik planet tersebut lebih besar mencapai 2x lipat dibanding di Bumi.

Planet memiliki orbit sepeti hari di bumi , sekitar 385 hari setahun. Dan ukuran bintang disana masuk kategori G2 yang usianya diperkirakan sudah 6 miliar tahun. Sedangkan matahari lebih muda 1,5 miliar tahun. Bila ditanyakan apakah matahari disana memiliki ukurang yang sama. Peneliti mengatakan matahari disana 10% lebih besar, dan 20% lebih terang. Tapi diperkirakan memiliki suhu yang sama seperti di Bumi

Dibawah ini posisi Kepler 452b yang terditeksi oleh teleskop. Posisinya tepat tapi ukuran planet lebih besar dari Bumi

Planet Kepler-425b planet sepupu bumi yang mirip tapi bongsor



Penemuan planet Kepler 425b ini masih berlanjut. Karena posisinya , orbit planet 385 hari (3 minggu lebih lama), tempatnya sedikit lebih mundur dari matahari terhadap bumi jadi sangat mirip dengan Bumi. Sejauh ini Kepler 425b adalah planet terbaik (sampai 2015) yang ditemukan oleh peneliti, dimana disana memungkinkan adanya kehidupan.

Peneliti SETI mengunakan teleskop Allen Array untuk mengobservasi planet Kepler 452b. Teleskop tersebut untuk mengamati adanya kehidupan cerdas disana.

Secara matematika, memungkinkan planet tersebut memiliki kehidupan cerdas di planet tersebut
Perkiraan peneliti sebelumnya, planet ini memiliki peluang lebih besar bagi kehidupan


Perbandingan planet Kepler-425b dengan planet Bumi


Shostak mengatakan ada 3 cara menemukan kehidupan di satu planet.
  • Pertama kita harus kesana dan melihat, seperti manusia pergi ke bulan dan planet Mars. Masalahnya sekarang planet ini terlalu jauh bagi teknologi manusia sekarang.
  • Kedua membangun teleskop lebih besar, dan melihat cahaya di planet tersebut. Saat ini bintang disana terlalu redup untuk melihat spektrum cahaya planet, tapi nanti masih memungkinan manusia melihat lebih jelas setelah teleskop penganti Hubble yaitu James Webb beroperasi.
  • Ketiga dengan mencari sinyal, seperti teknologi SETI yang dipakai saat ini. Mungkin tim SETI dapat mendengar sinyal dari planet Kepler 425b.

Agustus 2016

Para ilmuwan sedang mempersiapkan untuk mengungkap rahasia planet baru. Bahkan diyakini seperti Bumi tersebut berada di rasi bintang Cygnus. Posisi planet memungkinkan disana terdapat air dan syarat utama yang mendukung kehidupan.

European Southern Observatory (ESO) mengatakan tidak pernah menemukan sebuah planet Bumi kedua yang sedekat ini. Badan antariksa NASA banyak menemukan planet, tapi kebanyakan planet yang ditemukan terlalu panas atau terlalu dingin bagi manusia, termasuk adanya air, atau planet tersebut masuk ketegori planet gas seperti Jupiter. Dan bukan planet bebatuan seperti planet Mars dan Bumi.

Dengan ukuran 60% lebih besar dari Bumi. Planet Kepler 452b kemungkinan memiliki gunung berapi, cahaya matahari dan lautan. Hanya saja disana manusia harus tinggal dengan tingkat gravitasi 2x dari Bumi. Dan orbit planet tidak berbeda dengan Bumi, 385 hari.

Masalah yang harus dipecahkan, bagaimana manusia bisa datang kesana atau mengirim satelit untuk memastikan planet tersebut. Jarak 1400 tahun cahaya bukan sebuah harapan dengan teknologi sekarang. 1400 tahun cahaya setara 39.900.000.000.000km