Yuri Milner namanya tidak asing di dunia bisnis. Seperti memberikan investasi uangnya di Facebook, tapi bisnis yang satu ini agak berbeda. Yuri menyumbangkan dana 100 juta dollar untuk pencarian alien.

Sumbangan diumumkan bertepatan tanggal 20 Juli 2015 ketika pendaratan Apollo 11 yang berhasil membawa manusia ke bulan. Diumumkan bersama Profesor Stephen Hawking, Yuri Milner dan ilmuwan lainnya. Misi kali ini menjadi misi terbesar yang pernah dilakukan dalam pencarian alien atau mahluk cerdas.

Proyek yang untuk SETI disebut "Breakthrough Listen", dana yang dihibahkan nantinya untuk biaya peralatan. Seperti pendanaan operasi teleskop radio paling kuat di dunia di Green Bank dan teleskop radio Parkes Australia.



Kemampuan teleskop radio untuk mencari suara dari ruang angkasa mengunakan frekuensi 1-10Ghz dan disebut zona tenang (Quiet Zone). Mungkin ada alien mengirim sinyal seperti frekuensi radio dan bisa di dengar di Bumi.

Proyek Breakthrough Listen membutuhkan peralatan lain untuk mengolah data. Ada di universitas California Campbell Hall. Dan sudah disisihkan untuk tim tersebut sepeti pembelian hardware dan software. Semua ide dari tim SETI selama puluhan tahun akhirnya mulai terwujud.

Ketika ditanyakan ke om Yuri mengapa dia mau menghabiskan untuk proyek pencarian alien. Katanya seperti dipaksa, kenyataan yang dilihat setiap tata surya memiliki daerah habitat atau daerah yang menopang kehidupan. Kita membutuhkan bukti ilmiah tentang bagaimana di banyak tempat bisa saja ada daerah yang menopang kehidupan (manusia atau alien).

Tim SETI adalah tim yang khusus mencari kehidupan di planet lain. Dari 2 teleskop besar di Green Bank, Parkes dan Lick mengalami masalah untuk biaya operasi.  Sampai akhirnya bisa bekerja kembali setelah sumbangan dana dari konglomerat Rusia Yuri.

Proyek SETI atau penelitian tentang SETI terkendala dengan biaya. Ketika Nasa  mengajukan proyek dari program SETI tahun 1993, tapi permintaan dana di tolak oleh kongres. Proyek non profit berburu Alien juga dilakukan tahun 2011. Dengan pembuatan antena Allen Telescope Array. Karena kurangnya dana, untuk sementara sistem monitor antena disana di nonaktifkan.

Yuri menyebutkan proyek SETI dapat berjalan selama 10 tahun kedepan. Tapi seandainya tidak menemukan apapun. Yuri hanya menyebut, proyek tetap berjalan selama 10 tahun, kenapa harus berhenti. Tujuan SETI hanya satu, membuktikan adanya alien selain manusia dengan mendengar melalui sinyal radio. Masalah melihat mereka atau tidak, itu cerita lain

Tim SETI menargetkan 20 ribu sistem tata surya, dimana bintang yang akan diteliti adalah bintang berukuran lebih kecil. Karena katai merah seperti bintang lebih kecil dari matahari, memiliki kesempatan mahluk hidup bisa hadir disana. Walau tidak dikesampingkan ukuran bintang seukuran matahari masih memiliki potensi kehidupan seperti kehidupan yang ada di Bumi yaitu Manusia.

Dari tahun 2016 sampai 2017, tim SETI akan memeriksa 20 ribu bintang yang sudah masuk daftar. Fokus untuk mencari frekuensi radio dasar untuk mendengar kehadiran alien.