Belajar foto Milky Way dan lampu mobil


Digital | 20 July 2015

Bagaimana membuat foto Milky Way dengan cahaya lampu mobil di jalan. Dua gambar tersebut harus mengunakan setting camera berbeda. Milky Way atau galaksi Bima Sakti harus diambil dengan ekposure lebih lama sampai 30 detik. Bila diambil bersamaan dengan cahaya lampu mobil, gambar cahaya menjadi sangat terang.

Andrei Oprinca bersama temannya, keduanya pergi ke satu tempat yang jauh dari polusi cahaya. Mengunakan camera Nikon D7100, lensa Tokina 11-16mm, tripod dan satu alat shutter release.

Pertama dia mengabadikan satu kendaraan yang melintas di jalan. Setting kilatan cahaya lampu kendaraan diambil dengan setting 30 detik, f/3.4 dan ISO 100. Mengunakan lensa 11mm, dan di edit dengan Lightroom. Mengatur beberapa cahaya yang kurang, seperti warna , Chromatic dan lainnya sudah di rapihkan. Tahap pertama foto lampu cahaya mobil sudah selesai.

Setting camera untuk lampu mobil dengan long ekposure

Foto kedua adalah foto background Milky Way. Mengunakan setting camera 30 detik, f2.8, ISO 1000, lensa yang sama. Kembali di edit dengan Lightroom untuk merapihkan warna foto galaksi.

Setting camera untuk foto galaksi Bima Sakti dengan long ekposure mengunakan setting ISO 1000 30s 11mm

Proses selanjutnya pindah ke Photoshop untuk mengabungkan kedua gambar. Caranya dengan mengclick masing masing gambar, tekan click kanan, dan pilih Edit In, lalu Edit in Adobe Photoshop CS6.

Setting edit dari Lightroom ke Photoshop

Sampai kedua gambar sudah ada di software Photoshop. Gabung menjadi satu, posisi depan atau layer paling bawah adalah foto lintasan cahaya kendaraan, dan di bagian depan (layer kedua diatas) adalah tampilan galaksi.
Click dengan menekan CTRL+A (Select All), dan CTRL+C (Copy). Lalu pindah ke foto lain dan tekan CTRL+V.
Pada video berbeda, karena mengunakan computer Mac.



Mengabungkan 2 foto menjadi satu frame di Photoshop

Setelah satu gambar menjadi , buat Mask Layer di foto atas dan hapus bagian gambar bawah yang menutup cahaya lampu mobil
Rapihkan gambar bila diperlukan, seperti warna dengan Color Balance dan Curve

Teknik Masking dengan photoshop

Hasil akhir sebelum dan sesudah di edit kembali dengan Photoshop

Hasil edit sebelum dan sesudah dengan photoshop

Hasil foto akhir dapat dilihat di Google+

Tutorial edit mengabung foto dengan latar belakang galaksi Milky Way dari Andrei Oprinca dapat dilihat via Youtube



Teknik edit Photoshop dan Lightroom diatas adalah salah satu teknik untuk mengabungkan 2 foto dengan tingkat cahaya berbeda. Nantinya teknik tersebut dapat di aplikasikan untuk objek lainnya.
Untuk melihat arah dimana keberadaan inti galaksi dapat mengunakan aplikasi smartphone Android untuk astronomi

Berita terkait
www.psdbox.com/tutorials/long-exposure-milky-way-editing-tutorial
Ada saja ide kreatif Rafal Krasa seorang fotografer asal Polandia. Dia mengunakan bak kamar mandi atau Bathtub untuk tempat foto. Hasilnya lumayan, seperti tempat foto profesional. Krasa mengatakan hasil fotonya tidak terlalu bagus, tapi bisa menghemat uang dan waktu katanya.

Fotografer Alexi Lubomirski bekerja untuk media fashion Allure Magazine. Dia membuat foto dengan judul Mood Elevators. Ceritanya harus ada seorang wanita yang di foto, lalu pasangannya seperti terbang. Alexi tidak mengunakan teknik dengan memotong gambar, tapi foto utuh dari gambar asli



Fotografer cupu yang beruntung mengabadikan sebuah objek. Tidak disangka mendapatkan beberapa foto unik. Bukan keahlian saja, waktu, kadang keberuntungan datang sendiri. Seperti membuat foto dari beberapa fotografer amatir dengan foto mereka yang unik

Ilko Alexandroff memberikan teknik fotografi. Bagaimana membuat foto malam hari, tapi anda tidak mau membawa lampu. Cari saja papan billboard di jalan sebagai lampu foto anda. Caranya sederhana, si objek foto harus lebih dekat dengan billboard.

Bila anda tinggal di Amerika dan mengunakan camera konvensional dengan film. Mungkin anda harus menyadari layanan cetak foto disana tidak mengembalikan negatif film dan digantikan dengan CD dari foto digital. Sebagian layanan cuci cetak foto disana melakukan hal tersebut.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Dari tim 5050 memberikan teknik sederhana cara membuat foto levilasi. Foto seseorang dibuat terbang mengambang, tapi teknik ini adalah modifikasi gambar di Photoshop. Mengunakan teknik layer, dari 2 foto yang diambil dari sudut yang sama. Caranya mudah termasuk tutorial dari video



Astronomi umumya mengunakan alat star tracker untuk mengikuti pergerakan bintang. Fungsinya mengambil foto dengan durasi panjang dari exposure, dan cahaya dapat ditangkap lebih kuat. Apakah bisa mengabadikan bintangyang gelap tanpa alat ini.

Membuat kesan foto tidak sepi, seperti mengambil galaksi di tempat yang baik untuk membuat foto galaksi. Ditambah dengan tenda seakan fotographer sedang camping di dalam tenda.

Foto yang dibuat oleh Andrey Mikhaylov memberikan pelajaran bagaimana membuat background sebuah objek foto atau produk. Dia mengunakan aluminum foil untuk latar belakang. Terlihat lebih bercahaya dengan pantulan sinar, diberikan tutorial dengan Photoshop.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Ingin membuat foto galaksi Bima Sakti disarankan mengunakan lensa 24mm atau lebih pendek lagi untuk focal length untuk camera sensor APS-C. Untuk Full Frame disarankan mengunakan 35mm atau lebih pendek. Untuk camera 4/3 paling susah, harus mengunakan lensa 16mm ke bawah.




No popular articles found.
< /body>