Penguna browser Chrome yang mencari atau mendownload file dari Torrent sebaiknya berhati hati bila menerima peringatan dari Google Chrome.

Chrome mengawasi layanan beberapa situs peer to peer, kadang memblokir akses ke sejumlah situs torrent besar.

Alasan Google masalah keamanan, dan bukan masalah hak cipta konten yang disebarkan ke Torrent saja.

Google melihat banyak bahaya bagi penguna situs layanan Torrent, dan mereka menyebarkan aplikasi berbahaya untuk menginfeksi computer atau perangkat Android via browser.

ExtraTorrent dan KickAss Torrent sempat di blokir dari Google Chrome. Walau hanya sementara, sekitar 2-3 hari dan dicabut kembali.

Situs yang di blok lebih lama adalah Kat.cr sebagai penganti Kick Ass.

Situs tersebut bila dibuka dengan Chrome kadang menampilkan halaman warna merah.dengan peringatan. Walau hari ini terlihat sudah dibuka kembali oleh Google. Kadang muncul peringatan di Google Chrome untuk menjaga keamanan pengunjung.

Warning Safe Browsing Google Chrome

Informasi dari Torrent Freak, melaporkan banyak penguna browser Chrome yang membuka situs torrent tertentu tidak bisa di akses lagi.

Ada informasi Google mungkin salah memberikan peringatan ke ExtraTorrent setelah melihat adanya malware disitus tersebut.

Tetapi Chrome memblok sementara beberapa situs Torrent, karena terindikasi iklan yang tampil mengarah ke sebuah situs atau link malware. Kejadian situs Torrent di blok bisa terjadi dalam 2 bulan sekali. Dan pemblokiran sekitar 1-2 hari, setelah Google Chrome menditeksi situs tersebut sudah aman dan dibuka kembali.

Kat.cr adalah situs KickAssTorrent yang sempat berganti-ganti nama sampai memindahkan servernya ke beberapa negara. Seperti terakhir menjadi Kat.cr.

Kat.cr masuk sebagai situs rangking 100 besar di dunia. Bisa dibayangkan bila penguna internet yang sangat besar, dan setiap pengunjung situs terinfeksi malware berbahaya. Lebih mudah memblok terlebih dahulu dibanding memberikan peringatan yang belum tentu ditaati oleh pengunjung.

Mengapa di browser muncul peringatan dengan warna merah
Kabarnya situs tersebut secara tidak sengaja menyebarkan malware dan mencoba mengelabuhi penguna internet dan mengclik dari icon yang diarahkan ke program berbahaya. Khususnya tayangan iklan seperti link Download, Ready Download dan lainnya. Yang nakal adalah situs layanan iklan disana, dan bukan dari layanan KickAssTorrent sendiri.

Bisa saja mereka sebagai donator, ternyata mereka nakal dan menyebarkan malware, adware, link palsu dan lainnya. Karena siapa saja boleh memasangkan iklan, kadang iklan yang ada juga menarik. Tapi kadang muncul saja iklan menarik dari penjahat dan terditeksi oleh sistem pengaman seperti Google Chrome. Hal seperti ini langsung diamankan oleh Google.

Bagi penguna internet yang cukup berpengalaman sudah mengetahui apa yang akan mereka lakukan. Seandainya salah click langsung secepatnya menutup. Dan mengenal ciri aplikasi yang tidak jelas di website sekelas abu abu ini.

Ciri situs yang diblok oleh Google Chrome, pada halaman ke beberapa situs mendadak muncul dengan warna merah di browser. Bila tanda tersebut munucl, ada baiknya berhati hati dengan link yang diberikan di situs tersebut. Bisa saja situs tersebut tidak sengaja memasang link malware, adware dan lainnya. Setiap browser memiliki sistem pengamatan secara berkala. Dan akan memberikan peringatan penyebaran file berbahaya yang menyerang smartphone browser serta computer.
Belum diketahui apakah browser lain seperti UCbrowser, Safari atau Opera memiliki sistem pengaman bagi penguna internet. Safari browser sudah tidak diurus oleh pembuat software. Sedangkan UC Browser lebih banyak digunakan di smartphone. Tidak memiliki pengaman seperti layanan Google Chrome.

Tidak hanya situs Torrent, beberapa situs lain juga di blokir bila terindikasi berbahaya.

Bila browser menampilkan peringatan dengan warna merah. Percayalah, jangan masuk kesana untuk sementara waktu


Informasi dari Google

Google Safe Browsing mengirim peringatan ke pemilik situs atau website dan penguna Google Chrome, tetapi beberapa layanan situs ada yang merespon sampai 3 bulan setelah peringatan diberikan, beberapa situs merespon lebih cepat sekitar 1 minggu.

Alasan situs yang diblokir oleh Google Chrome dibawah ini

  • The Website Ahead Contains Malware!: The site you're trying to visit might try to install malware on your computer.
  • Danger: Malware Ahead!: The web page you're trying to visit might have malware.
  • Deceptive site ahead: The site you're trying to visit is suspected of being a phishing site.
  • The site ahead contains harmful programs: The site you're trying to visit might try to trick you into installing programs that harm your browsing experience.
Jumlah user yang melihat peringatan mencapai 75 juta orang, dan rata rata mencapai 25 juta penguna internet.

Google Safe Browsing
Beberapa daftar situs yang tidak aman dan di blokir, dari situs penipuan sampai situs malware yang diblokir Google. Jumlah tersebut adalah nama situs atau domain, sedangkan jumlah situs yang terkait atau terhubung ke situs malware dan mungkin pemilik situs tidak mengetahui di situs mereka mengarahkan pengunjung ke situs malware. Jumlahnya antara 250 ribu situs sampai 600 ribu situs internet.


Block Website Google Safe Browsing

September 2016
Google kembali memblok browser Chrome bila user mengunjungi situs Piratebay dan clone lainnya. Google terlihat telah menditeksi penyebaran malware Ads kembali di situs Torrent Search.


+ Membuka situs yang di blok seperti Vimeo dan Reddit dari Internet Positif

+Info lebih lanjut dapat dilihat www.google.com/transparencyreport/safebrowsing

+ Update 20 Juli 2016 - situs Kat.Cr tutup, ganti nama lain, mengapa pemiliknya bisa tertangkap