Liburan Juni 2017 akan panjang, setidaknya bagi mereka yang mengunakan kendaraan pribadi.

Apa saja yang dapat dimanfaatkan dari teknologi smartphone saat ini.

Aplikasi Messenger

Semua sudah mengunakan aplikasi messenger, dari Whatsapp, Google, Blackberry, Line dan lainnya.
Aplikasi smartphone dapat mengirim lokasi keberadaan seseorang di satu tempat dan mengirim lokasi (Share Location) dari smartphone.
Whatsapp sudah terintegrasi dengan Google Maps untuk mengirim lokasi.

Aplikasi untuk mudik

Aplikasi navigasi

Sekedar berjaga jaga, ada baiknya mengunakan aplikasi navigasi pada smartphone. Mendapatkan peta jalan dari smartphone, siapa tahu nyasar atau ingin pergi ke satu tempat dengan melihat rute jalan.

Aplikasi navigasi paling baik adalah Google Maps. Untuk Google Maps, peta hanya bisa di download dan kalkulasi rute harus dilakukan secara online. Anda dapat melihat rute jalan, atau memilih alternatif jalan termasuk jarak yang akan ditempuh dari 2 rute berbeda ke satu tempat tujuan.
Google memiliki 2 aplikasi yang bekerja dalam satu paket dari Google Maps dan Google Navigation
+ Google Maps

Atau mengunakan peta offline
Dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat mendownload peta online.

Map Me berbasis peta dari Microsoft Map. Memiliki fitur peta offline dan dapat di download. Menunjukan dimana keberadaan anda selama perjalanan.

Here Maps peta offline dari Nokia. Dapat digunakan untuk OS Android Smartphone minimum Android 4.1



GPS Navigation and Maps

Peta untuk navigasi, peta dapat jalan dapat di download secara offline untuk satu negara. Hanya detail peta kurang lengkap, dan hanya menunjukan jalan utama.



Aplikasi sejenis seperti MapsWithMe Pro juga menyediakan peta offline
 

Realtime GPS Tracker

Salah satu aplikasi untuk grup beberapa kendaraan di jalan. Sebelum berangkat setiap penguna smartphone di kendaran terpisah untuk membuat satu grup. Di perjalanan, di smartphone yang sudah masuk dalam grup Realtime GPS Tracker dapat saling mengetahui keberadaan posisi masing masing kendaraan. Lengkap dengan jalur yang sudah dilewati
Fungsinya Realtime GPS Tracker untuk memperlihatkan lokasi kendaraan berdasarkan data lokasi GPS. Sehingga 2 atau 3 kendaraan yang sedang melakukan perjalanan tidak perlu beriringan.
Dan cukup mengikuti peta yang ada di smartphone untuk melihat posisi kendaraan paling depan.
Misalnya satu kendaraan di depan berhenti di sebuah restoran, maka pengemudi di belakang dapat mengetahui lokasi restoran tanpa perlu melihat dimana kendaraan di depan parkir atau nama restoran yang ada.
Demikian juga untuk rute perjalanan yang memotong jalan. Pengemudi di depan cukup dapat berjalan seperti biasa tanpa harus memberitahu tikungan atau nama jalan yang harus diambil oleh pengemudi di belakang.
Kendaraan yang ada di belakang dapat mengikuti garis yang tampak pada smartphone dan pengemudi di belakang bisa mengikuti tanpa harus kehilangan jejak.



GPS Tracker Pro

Bila semua keluarga atau teman bersama sama melakukan perjalanan. Tapi diawali dengan tujuan berbeda. Bisa mengunakan aplikasi GPS Tracker Pro. Aplikasi ini sebenarnya untuk keluarga, dimana anak anak dan orang tua bisa saling mengetahui beberadaannya masing masing. Tapi bisa dimanfaatkan untuk aplikasi liburan. Tinggal membuat grup dan mengundang rekan atau saudara lain ke dalam grup. Nantinya aplikasi pada server GPS Tracker Pro akan mencatat posisi terakhir dari seluruh anggota grup, dan setiap anggota yang terhubung dapat mengetahui posisi dimana saja teman teman atau keluarga berada. Aplikasi ini seperti aplikasi untuk Messenger, hanya dikhususkan untuk mengetahui posisi seseorang atau satu grup dalam peta lokasi. Aplikasi hanya aktif mengirim data bila pemilik perangkat mulai bergerak dan mengirim data ke rekan lain.



Dan Waze dari Google

Salah satu aplikasi untuk komunitas dalam perjalanan. Waze dapat dilihat dengan tablet atau computer berbasis Web
Entah kali ini Waze dapat mendominasi dan mendapatkan laporan dari para penguna seperti tahun 2016 lalu. Terlihat masih banyak yang mengunakan aplikasi Waze untuk membantu melihat keadaan lalulintas.

 
Aplikasi untuk mudik Waze

Demikian beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan selama perjalanan liburan. Semoga dapat membantu perjalanan anda.