Aplikasi liburan dengan peta jalan dan lokasi dari smartphone


Kategori : Software | Date : 6 June 2018
Aplikasi untuk perjalanan menunjukan peta gps dan teman di jalan
Liburan Juni 2018 cukup panjang, setidaknya bagi mereka yang mengunakan kendaraan pribadi.

Persiapan sebelum meninggalkan rumah.
Cabut semua perangkat yang terhubung ke listrik, dan lepas selang tabung gas.
AC biasanya menjadi masalah, kadang remote dapat mengaktifkan AC dan bekerja. Mungkin saja remote terinjak hewan liar di rumah.
Bila ragu ada peralatan listrik yang belum dicabut, telepon tetangga, rekan untuk mematikan arus listrik dari depan rumah

Apa saja yang dapat dimanfaatkan dari teknologi smartphone saat ini.

CCTV jalan Tol dari layanan JasamargaLive

Dan Waze dari Google

Salah satu aplikasi untuk komunitas dalam perjalanan. Waze dapat dilihat dengan tablet atau computer berbasis Web
Entah kali ini Waze dapat mendominasi dan mendapatkan laporan dari para penguna seperti tahun 2016 lalu. Terlihat masih banyak yang mengunakan aplikasi Waze untuk membantu melihat keadaan lalulintas.

Dapat dilihat langsung dengan Browser smartphone www.waze.com/livemap
 
Aplikasi untuk mudik Waze

Aplikasi Messenger

Semua sudah mengunakan aplikasi messenger, dari Whatsapp, Google, Blackberry, Line dan lainnya.
Aplikasi smartphone dapat mengirim lokasi keberadaan seseorang di satu tempat dan mengirim lokasi (Share Location) dari smartphone.


Whatsapp sudah terintegrasi dengan Google Maps untuk mengirim lokasi.

Google Maps dapat mengirim lokasi dari hitungan jam, sanpai 3 hari. Dan sampai sharing di hentikan.
Link lokasi dapat dikirim langsung ke aplikasi Messenger seperti Whatsapp, BBM dan lainnya.

Aplikasi untuk mudik Lokasi Realtime Share Location Google Maps

Whatsapp

Memberikan update untuk Live Location.

Dengan mengaktifkan Location Share di menu Share Live Location. Dapat diatur berapa lama untuk diupdate keberadaan anda.

Live Location Share Realtime dari Whatsapp

Aplikasi navigasi

Sekedar berjaga jaga, ada baiknya mengunakan aplikasi navigasi pada smartphone. Mendapatkan peta jalan dari smartphone, siapa tahu nyasar atau ingin pergi ke satu tempat dengan melihat rute jalan.

Aplikasi navigasi paling baik adalah Google Maps. Untuk Google Maps, peta hanya bisa di download dan kalkulasi rute harus dilakukan secara online. Anda dapat melihat rute jalan, atau memilih alternatif jalan termasuk jarak yang akan ditempuh dari 2 rute berbeda ke satu tempat tujuan.
Google memiliki 2 aplikasi yang bekerja dalam satu paket dari Google Maps dan Google Navigation
+ Google Maps

Atau mengunakan peta offline
Dapat memanfaatkan beberapa aplikasi yang dapat mendownload peta online.

Map Me berbasis peta dari Microsoft Map. Memiliki fitur peta offline dan dapat di download. Menunjukan dimana keberadaan anda selama perjalanan.

Here Maps peta offline dari Nokia. Dapat digunakan untuk OS Android Smartphone minimum Android 4.1



Google Maps sudah menyediakan peta jalan termasuk arus trafik, click di opsi menu Traffic. Dapat dilihat via Google Maps

GPS Navigation and Maps

Peta untuk navigasi, peta dapat jalan dapat di download secara offline untuk satu negara. Hanya detail peta kurang lengkap, dan hanya menunjukan jalan utama.




Aplikasi sejenis seperti MapsWithMe Pro juga menyediakan peta offline
 

Realtime GPS Tracker

Salah satu aplikasi untuk grup beberapa kendaraan di jalan. Sebelum berangkat setiap penguna smartphone di kendaran terpisah untuk membuat satu grup. Di perjalanan, di smartphone yang sudah masuk dalam grup Realtime GPS Tracker dapat saling mengetahui keberadaan posisi masing masing kendaraan. Lengkap dengan jalur yang sudah dilewati
Fungsinya Realtime GPS Tracker untuk memperlihatkan lokasi kendaraan berdasarkan data lokasi GPS. Sehingga 2 atau 3 kendaraan yang sedang melakukan perjalanan tidak perlu beriringan.

Dan cukup mengikuti peta yang ada di smartphone untuk melihat posisi kendaraan paling depan.


Misalnya satu kendaraan di depan berhenti di sebuah restoran, maka pengemudi di belakang dapat mengetahui lokasi restoran tanpa perlu melihat dimana kendaraan di depan parkir atau nama restoran yang ada.

Demikian juga untuk rute perjalanan yang memotong jalan. Pengemudi di depan cukup dapat berjalan seperti biasa tanpa harus memberitahu tikungan atau nama jalan yang harus diambil oleh pengemudi di belakang.
Kendaraan yang ada di belakang dapat mengikuti garis yang tampak pada smartphone dan pengemudi di belakang bisa mengikuti tanpa harus kehilangan jejak.



GPS Tracker Pro

Bila semua keluarga atau teman bersama sama melakukan perjalanan. Tapi diawali dengan tujuan berbeda. Bisa mengunakan aplikasi GPS Tracker Pro. Aplikasi ini sebenarnya untuk keluarga, dimana anak anak dan orang tua bisa saling mengetahui beberadaannya masing masing. Tapi bisa dimanfaatkan untuk aplikasi liburan. Tinggal membuat grup dan mengundang rekan atau saudara lain ke dalam grup. Nantinya aplikasi pada server GPS Tracker Pro akan mencatat posisi terakhir dari seluruh anggota grup, dan setiap anggota yang terhubung dapat mengetahui posisi dimana saja teman teman atau keluarga berada. Aplikasi ini seperti aplikasi untuk Messenger, hanya dikhususkan untuk mengetahui posisi seseorang atau satu grup dalam peta lokasi. Aplikasi hanya aktif mengirim data bila pemilik perangkat mulai bergerak dan mengirim data ke rekan lain.



Maverick
Aplikasi GPS logger, mencatat kemana seseorang pergi. Dapat mengambarkan lokasi peta jalan yang telah dilalui.
Termasuk mengukur jarak tempuh, rata rata kecepatan. Aplikasi Maverick lebih tepat untuk aktivitas hiking atau pendakian gunung.

Peta yang dapat digunakan seperti peta Microsoft Maps. Dan dapat di download terlebih dahulu sebelum perjalanan.

Dapat dimanfaatkan kita untuk mencatat kemana saja kita pergi. Seperti membuat laporan perjalanan, dan rute perjalan dapat disimpan ke file tipe lokasi format GPX.

GPS Logger atau GPS Tracker Maverick

Zello Walkie Talkie
Untuk mereka yang melakukan perjalanan bersama sama, dan tidak bersamaan. Selain dapat berhubungan dengan grup di aplikasi messenger seperti Whatsapp.
Dapat memanfaatkan aplikasi Zello Walkie Talkie. Seperti membuat grup untuk saling berbicara secara bergantian.
Misal 2-3 pengemudi di bagian depan memberikan informasi ke pengemudi lain yang ada di belakang (grup besar) secara broadcast.

Ke 1 pengemudi cukup memberikan informasi dengan suara. Misal pesan adanya kemacetan panjang di rute km xx. Pengemudi ke 2 dapat memberikan informasi ada pom-bensin sebelum macet.

Sedangkan mereka yang ada di belakang dalam grup walkie talkie dapat mendengar tanpa perlu menekan tombol pada layar smartphone. Seperti mendengar suara radio walkie talkie antar para member. Zello Walkie Talkie mengunakan koneksi internet untuk mendengar antar member.



Demikian beberapa aplikasi yang dapat dimanfaatkan selama perjalanan liburan. Semoga dapat membantu perjalanan.

Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.

Selfissimo Android adalah aplikasi foto selfie. Yang ini aplikasi camera dari Google. Selfissimo sebuah aplikasi eksperiman dengan teknologi penelitian. Akan mengambil foto otomatis setiap kali anda berpose di depan smartphone.



Aplikasai Haven seperti aplikasi mata mata. Memanfaatkan smartphone menjadi perangkat security. Mendeteksi dari getaran, suara, cahaya, dan aktif untuk merekam mengambil gambar bila sensor aktif. Target penguna adalah ancaman terhadap jurnalis, bagi masyarakat dapat mengamankan ruangan atau tempat kantor.


No popular articles found.