Pasukan Ghost Army perang dunia ke 2 yang unik


Stuff | 12 July 2015

Dalam perang dunia ke 2, Amerika memiliki divisi pasukan hantu atau Ghost Army.

Pasukan ini berjumlah 1100 orang, bertugas untuk menyesatkan atau mengintimidasi pasukan Jerman. Mereka bukan pasukan bersenjata tapi lebih terlihat sebagai artis dan seniman

Tugasnya memasang tank, meriam, peralatan perang sampai kapal pendarat palsu. Tujuan untuk mengelabuhi pasukan mata mata Jerman. Ketika pasukan pengintai Jerman melihat seakan melihat pasukan Amerika sedang berjaga dengan kekuatan besar.

Divisi Ghost Army di kepalai oleh unit 23rd Headquarter Special Troops. Tugasnya memang sederhana, membuat tipuan musuh dengan peralatan perang palsu.

Pasukan Ghost Army adalah ide dari suksesnya pasukan Inggris dalam pertempuran El Alamein pada akhir 1942

Siapa saja dari 1000 orang pasukan tersebut. Terdiri dari para artis, ilustrator dan teknisi suara dan sebagian berasal dari sekolah seni Philadephia. Mereka tidak membawa senjata M1s atau Thompson, tapi peralatan tukang dari cat, kayu sampai balon, kain, dan pasukan ini membentuk tiruan dari tank sampai pesawat karet. Bagian terpenting adalah speaker untuk membuat peralatan perang palsu lebih nyata. Satu tim membawa amplifier besar untuk membuat tiruan suara kegiatan pasukan.

Pasukan Jerman yang mengintai tentu mereka akan melihat dari kejauhan. Melihat begitu banyak tank Amerika sudah hadir di dekat mereka. Tentu Jerman menyiapkan diri untuk menghadapai serangan pasukan Amerika.

Selama perang dunia II, pasukan Ghost Army telah melakukan 20 misi. Membuat konvoi pasukan palsu, sehingga pasukan Jerman percaya bahwa Amerika sudah tiba dan siap menyerang di depan mereka.

Keunikan pasukan Ghost Army tidak pernah ada yang tahu. Dan cerita perjuangan pasukan Ghost Army baru terungkap setelah 40 tahun perang berakhir.

Dengan speaker palsu, musuh dapat mendengar pasukan Amerika sampai jarak 20km lebih. Dengan persiapannya luar biasa, mampu menampilkan kegiatan pasukan sampai 20 ribu bahkan 40 ribu tentara. Tentu saja itu semua yang dilihat oleh mata mata pasukan Jerman



Kinerja paling gemilang dari Ghost Army terjadi bulan Maret 1945. Tim 9 disiapkan untuk menyeberang dari Rhine ke Jerman, dan mereka mengelar 600 tank palsu untuk mengelabuhi musuh. Pada malam harinya mereka memberikan suara tank yang sedang berjalan, sampai membuat suara konstruksi alat berat di siang hari. Seakan ada pasukan sedang menyiapkan pembangunan jembatan untuk menyeberang dan menyerbu Jerman.

Sialnya pasukan Jerman percaya, dan memusatkan pasukannya karena perhatian ke pasukan karet alias pasukan palsu tersebut. Hal ini membuat pasukan Jerman lemah di sisi yang lain akhirnya dengan mudah di serang pasukan Amerika yang asli. Jerman salah memperkirakan pasukan palsu Amerika.

Lebih sialnya lagi, 90% intelijen Jerman mengandalkan data morse yang ditangkap oleh pasukan musuh. Hanya saja, sinyal morse yang mereka tangkap juga palsu, karena dikirim oleh pasukan Ghost Army.

Sejarah gemiliang pasukan Ghost Army
  • Di kota Brest, pasukan Ghost membuat pasukan palsu di sisi kiri dan kanan, tapi pasukan sebenarnya menyerang melalui jalur tengah.
  • Di kota Metz, ketika pasukan Amerika sampai di perbatasan Jerman. September 1944, 3 divisi pasukan asli menunggu di sisi kanan. Pasukan Ghost mengeluar pasukan palsu dengan suara di sisi kiri. 7 Hari membuat tipuan, pasukan Amerika menguasai Luxemur tanpa banyak perlawanan.
  • Desember 1944 dekat kota Cologne Jerman. Jerman siap menghadapi pasukan Amerika untuk pertahanan terakhir. Pasukan Ghost menyiapkan siasat di sisi kanan, seakan pasukan parasut bantuan Amerika sudah datang
  • Pasukan Ghost disana lebih banyak melakukan perjalanan dibanding pasukan asli. Karena tugas mereka lebih besar untuk mengalihkan pasukan musuh di beberapa medan pertempuran, dan selalu berpindah pindah tempat.

Bagaimana setelah perang berakhir. Pasukan Ghost Army kembali ke bidangnya masing masing.

Mereka meneruskan karir seni termasuk beberapa orang ternama, seperti Bill Blass sebagai perancang busana, Ellworth Kelly sebagai pelukis, atau Art Kane sebagai fotographer. Ketika perang terjadi, nama prajurit dari sekolah seni tersebut akhirnya menjadi seniman profesional. Selama 40 tahun tidak terungkap bahwa mereka memang berjasa dalam Perang Dunia ke II.

Kisah mereka juga diceritakan oleh media dokumenter PBS dengan film The Ghost Army yang dirilis tahun 2013.

Pasukan Ghos perang dunia ke 2 yang unik

Pabrik mobil Citroen sabotase truk pasukan Jerman
Ketika Jerman masuk ke Perancis di era 1940an. Jerman mengambil alih pabrik mobil untuk membuat peralatan perang.
Pabrik Citroen diminta membuat truk, ketika itu pemimpin Citroen Pierre Jules tahu dia tidak dapat menolak permintaan Jerman.
Tapi dia tidak senang membantu Jerman dengan Nazi yang kotor.

Dalam buku Citroen 2CV mengambarkan bagaimana Pierre menyabotase truk buatannya sendiri untuk pasukan Jerman.
Pierre meminta pekerjanya bermain manis, tidak menolak tapi tidak seluruhnya dipatuhi.

Kendaraan truk mungkin tipe Citroen T45 untuk Wermacht dibuat dengan tangki oli sedikit lebih rendah.
Insinyur Jerman tidak tahu disain truk Citroen yang sudah di modifikasi. Karena tidak ada kekurangan dari kendaraan yang di produksi untuk pasukan Jerman.
Ketika kendaraan berjalan bisa, semuanya baik baik saja.

Walau diperiksa tingkat oli masih terlihat di tingkat normal. Dan pasukan Jerman tidak punya ide untuk mencari masalah di mesin truk Citroen.
Muncul masalah di medan perang, karena truk akan mogok karena bagian mesin tidak mendapat oli yang cukup..


Cara sabotesi yang fantastis, sangat mudah di implementasikan dan bermain halus.

Berita terkait
USS Zumwalt sebagai kapal perang perusak Amerika sudah siap berlayar. Merupakan kapal perusak terbesar dan siap beroperasi pada tahun 2017. Pendanaan yang disetujui tahun 2001, rencananya akan dibuat sampai 30 kapal sejenis, terakhir hanya 3 telah siap pada tahun 2019.

Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.



Meriam artileri dengan peluru Excalibur, dapat dipandu dengan GPS dan laser. Meriam Howitzer M777 salah satu meriam paling canggih, Dan tank Panzerhaubitze 2000 dengan pelontar 155mm. Tank Panzerhaubitze 2000 adalah tank dengan meriam jarak jauh

3 negara dengan kekuatan militer terbesar dan paling tangguh. Tapi ada beberapa negara lain memiliki kekuatan militer yang perlu di perhitungkan. Indonesia masuk 25 negara dengan kekuatan militer terbesar dunia. Kekuatan nuklir tidak masuk perhitungan dalam kekuatan negara.

Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara. Lockheed Martin MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.

Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km, seperti kemampuan jet pribadi komersil Boeing atau Airbus

Pesawat L-15B dirancang untuk satu pilot untuk menghemat berat. Mampu membawa persenjataan seberat 3 ton dengan 9 hanger di badan dan sayap pesawat.Pesawat dapat dipasangkan rudal udara ke udara untuk anti pesawat tipe PL-12 jarak jauh, dan rudal infrared PL-10. Jarak jangkauan pesawat sekitar 500km dengan tangki bahan bakar tambahan.



Tank T14 adalah tank universal. Disebut sebagai tank Armata sebagai tank utama dalam pertempuran. Rincian kemampuan tank T-14 baru diumumkan ke publik. Salah satu teknologi pengisian peluru otomatis, dan perlindungan pasukan di dalam tank.

Kapal selam milik Rusia terbaru dinamai K-239 Severodvinsk. Dibangun selama 20 tahun dengan bahan bakar reaktor nuklir, jenis kapal selam ini untuk memburu kapal selam lain, menghancurkan kapal perang dan serangan ke darat

Tank PL-01 Obram masih dalam disain konsep, bentuknya sudah jadi. Tapi tank ini tidak bisa terditeksi oleh misil infrared. Karena tank ini mampu meredam semua panas dari badannya sendiri, menjadi malam mengerikan bagi tank musuh

Kapal induk selalu di kelilingi kapal lain untuk melindungi dirinya. Satu foto ini cukup unik, ada 2 kapal induk berjajar bersamaan. Foto diambil di laut arab, keduanya adalah kapal induk kelas Nimitz dengan tenaga nuklir.

Video dari jet tempur Mig 31 dengan camera. Salah satu pesawat pencegat yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat hanya dibuat sekitar 400 pesawat dan 30 pesawat dimiliki Kazakhstan. Kecepatan terbang mencapai 2,8 Mach.




No popular articles found.
< /body>