Science | 11 July 2015

Planet Venus melintas di depan matahari hanya 115 tahun sekali terlihat di bumi


Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi.

Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.

Venus adalah tetangga planet Bumi, dan posisi berada di nomor 2 setelah Merkurius.

Posisi kejadian langka untuk terlihat di Bumi hanya terjadi 2 kali. Terakhir posisi satu garis pada 5-6 Juni 2012 untuk abad ke 21 ini. Sedangkan posisi planet Venus ketika Transit sebelumnya terjadi pada 8 Juni 2004, disusul Desember 1974 dan Desember 1882.
Sedangkan planet Merkuris akan terlihat transit pada 9 Mei 2016.

Kejadian yang sama baru terjadi pada 10-11 Desember 2117 terlihat dari Korea, Taiwan termasuk Indonesia dan 8 Desember 2125 dapat terlihat sebagian di Amerika.

Setelah itu baru terjadi pada tahun 11 Juni tahun 2247 terlihat di Afrika, termasuk Indonesia, 9 Juni tahun 2255, terlihat di Rusia, India China dan sebagian negara di Eropa dan Afrika 12 Desember tahun 2360  terlihat di Australia dan sebagian di Indonesia dan seterusnya.

Posisi seperti foto dibawah ini, setidaknya hanya terlihat antara kurun waktu 121 sampai 205 tahun.

Planet Venus melintas di depan matahari hanya 115 tahun sekali terlihat di bumi


Artikel Lain

Teknik mencari keberadaan planet, salah satunya teknik transit. Melihat redupnya sebuah bintang, menandakan cahaya terhalang, dan bukti ada planet besar menutup cahaya bintang. Teknik ini salah satu yang terlihat dari pesawat ruang angkasa Solar Orbiter yang memantau matahari.

Foto robot Curiosity berada di planet Mars. Diabadikan dari ketinggian 400km oleh pesawat MRO. Lokasi robot terlihat seperti titik biru dari pantulan panel surya. Video ini adalah foto asli di permukaan planet Mars. Diambil oleh pesawat ruang angkasa mengunakan camera HiRise.



Seberapa luas alam semesta ini. Angka perkiraan 250x lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Berapa luas alam semesta tepatnya. Manusia saat ini hanya mampu melihat terjauh 46 miliar tahun cahaya dari titik awal alam semesta. Lebar alam semesta diperkirakan mencapai 92 miliar tahun cahaya dengan teknologi saat ini.

Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Awal Desember 2016 peneliti melihat sebuah planet seukuran Jupiter. Tapi yang ini berbeda dengan posisi planet Jupiter kita. Planet dengan nama Hat P7b memiliki jarak 1044 tahun cahaya dari Bumi. Ukurannya yang bongsor, dan terlalu dekat ke bintang.

Planet OGLE-2007-BLG-349 ditemukan ketika mengalami microlensing. Posisi munculnya planet dan 2 bintang diakibatkan posisi tepat sejajar dari pengamatan dengan Bumi. Salah satu planet terjauh yang ditemukan dengan jarak 8000 tahun cahaya.

Anda memiliki keahlian program, minimal mengerti program di era computer 60 an. Mungkin sedang ada lowongan di NASA, karena ahli JPL yang memprogram pesawat ruang angkasa Voyager Larry Zottarelli baru saja pensiun. Sekarang Nasa membutuhan programmer baru, pastinya tidak perlu memprogram yang rumit, karena kebutuhan Nasa untuk memprogram computer Voyager tidak lebih seperti computer calculator.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.