Produsen lensa murah Yongnuo asal China mengeluarkan lensa baru Yongnuo 50mm f/1.8 untuk Nikon.

Dibanding kualitas lensa yang sama dari merek Nikon asli, dijual $220, sedangkan lensa Yongnuo 50mm f/1.8 jauh lebih murah.

Sebelumnya Yongnuo sudah mengeluarkan lensa yang sama, khusus untuk camera Canon 50mm f1.8

Lensa Yongnuo 50mm f1.8
Diumumkan pada bulan Juli 2015, sekarang lensa tersebut sudah resmi dijual ke pasar.

Yongnuo 50mm f/1.8 Nikon dijual hanya $82-88. Untuk ukuran lensa, dibuat dalam format Full Frame. Seandainya digunakan untuk bodi lensa APS-C menjadi 75mm f/1.8.

Lensa Yongnuo 50mm f/1.8 cocok untuk foto wajah seperti portrait, dan aktivitas sehari hari, seperti foto dengan gaya seseorang untuk di abadikan.

Yongnuo mengatakan, lensa Yongnuo 50mm f/1.8 mounting Nikon tersebut memiliki fitur autofocus, metal gold plat, di dukung dengan data Exif dan berat 200g. Untuk filter diperlukan ukuran 58mm

Jarak fokus yang dapat diterima pada lensa sampai 45cm, dan satu fitur dibagian coating lensa untuk mengurangi flare atau cahaya yang masuk ke lensa.

Kualitas gambar lensa Yongnuo mungkin masih kalah dari ukuran yang sama dari Nikon. Hanya saja untuk penguna biasa, harga lensa ini sangat murah, dan bisa belajar dengan lensa paket hemat

Lensa Yongnuo untuk Nikon mounting 50mm f/1.8

Lensa Yongnuo 35mm f2 untuk Nikon
Yang ini lebih tepat untuk foto street atau portrait. Nikon menjual lensa dengan tipe 35mm f1.8 $200. Tapi harga lensa Yongnuo 35mm f2.0 hanya $95 (paling murah).

Keduanya berbeda, Yongnuo 35mm hanya f2.0 dan Nikon memiliki f1.8. Untuk minimum aperture berbeda f19 dan f22. Jarak paling dekat 25cm dan 30cm. Dan filter mounting Nikoin 52mm sedangkan Yongnuo 58mm. Di dalam lensa Yongnuo memiliki 7 elemen dan 5 grup, sedangkan Nikon 8 elemen dengan 6 grup.

Keduanya memiliki autofokus.

Lensa Yongnuo untuk Nikon mounting 35mm f/2

Lensa Yongnuo 50mm f1.4 untuk Canon Desember 2016
Ini baru rumor, dikabarkan Yongnuo akan mengeluarkan lensa 50mm f1.4. Seperti keterangan di bagian lensa terlihat logo Yongnuo Lens EF 50mm 1:1.4
Belum diketahui apakah produk ini akan dipasarkan.

Lensa Yongnuo untuk Canoonmounting 50mm f/1.4

Apa beda lensa Yongnuo dengan lensa prime Canon dan Nikon camera. Untuk komponen, lensa Yongnuo memiliki motor lebih berisik, dan kalah cepat ketika autofokus.
Disain lensa Yongnuo mengunakan ukuran lensa sensor Full Frame, bila dipasang pada sensor APS-C maka ukuran lensa dikalikan 1,5x atau 1,6x misalnyanya 50mm menjadi 75mm di bodi camera dengan sensor APS-C
Beberapa penguna mengatakan lensa Yongnuo bekerja baik bagi modelcamera Canon, karena Canon memiliki fitur autofokus internal di bagian sensor. Sedangkan di bodi Nikon seri pemula seperti seri D3 dan seri D5, autofokus Yongnuo menjadi lambat. Karena Nikon mengandalkan autofokus dari lensa dan tidak memiliki internal autofocus di bagian sensor untuk model camera low end
Kecuali model D7, D7000 memiliki internal autofocus pada sensor camera.
Walau perbedaan tersebut tidak membatasi penguna camera DSLR kelas amatir dengan harga 40% dibawah lensa asli Nikon dan Canon. Karena tampilan foto akan bokeh seperti lensa prime lens.
Bagi pemilik bodi camera Nikon, ada baiknya mencari informasi lebih lanjut tentang lensa Yongnuo dan kinerja lensa dengan camera, khususnya untuk autofokus.

Catatan. Lensa Yongnuo mengunakan ukuran Full Frame. Penguna harus menghitung mm lensa bila mengunakan camera APS-C sensor. Seperti Yongnuo 50mm di Full Frame akan menjadi 75mm untuk APS-C