Tata surya 1SWASP J093010.78+533859.5 ada 4 bintang


Science | 9 July 2015

Disebut Quintubple star system atau tata surya dengan 4 bintang. Diberi nama 1SWASP J093010.78+533859.5 dan terletak 250 tahun cahaya dari Bumi. Lokasinya ada di daerah Ursa Major, ke empat dari 5 bintang bintang tersebut sudah di pelajari sejak tahun 20113 oleh Marcus Lohr dari universitas Open Inggris.

Tim Lohr menemukan 4 bintang kembar tapi terpisah dengan dua bintang biner. Posisi 2 bintang saling berputar, dan 2 bintang lainnya berada disisi lain dan bentuknya juga biner. Tidak hanya 4 bintang, disana ada 1 lagi bintang yang berdiri sendiri.

Sebelumnya dari observasi Palomar mengunakan sistem Robo-AO. Menemukan 4 bintang (4 matahari) kembar yang disebut tata surya Ari30. Jaraknya 136 tahun cahaya dari Bumi, hanya 4 bintang disana. Sedangkan di 1SWASP J093010.78+533859.5 ada 5 bintang

Dari 4 bintang, setiap bintang dalam posisi biner (2 bintang terikat dengan gravitasi keduanya) membuat orbit elipse ke yang lain. Bila dilihat dari Bumi, maka cahaya kedua bintang biner akan saling memblok atau menutupi.

Tata surya 1SWASP J093010.78+533859.5 ada 4 bintang

Penemuan tata surya 1SWASP J093010.78+533859.5 menjadi penemuan pertama dimana satu tata surya sebenarnya memiliki 5 bintang, tapi 4 bintang adalah bintang biner.  Satu bintang biner saling memutari pendampingnya hanya 6 jam satu putaran. Satu lagi memiliki orbit 1,3 hari

Seperti gambar diatas 2 bintang yang saling berdekatan, begitu dekat seperti akan bergabung. Satu lagi masih lebih jauh tapi keduanya perlahan akan bergabung menjadi satu bintang. Disisi samping terlihat satu bintang lagi tapi tidak terkait dengan ke 4 bintang biner

Dari 1 bintang yang berdiri disana, memiliki jarak antara 2 miliar km dari ke 4 bintang biner. Untuk ukuran 4 bintang biner memiliki ukuran lebih kecil dari matahari kita. Cerita film Star Wars dimana menceritakan satu planet memiliki 2 matahari. Kali ini kalah dengan tata surya 1SWASP J093010.78+533859.5. Karena disana memiliki 5 bintang dengan tingkat cahaya berbeda beda menerangi langit planet disana (seandainya disana ada planet)

Berita terkait
Satu tata surya HD131399 ini memiliki 3 bintang, bahkan ditemukan sebuah planet mengorbit disana. Tata surya HD131399 terlihat ada satu planet yang mengorbit disebut planet HD131399Ab. 2018 diumumkan disana bukan 3 bintang

Teleskop radio SKA selesai dibangun, setelah tahun 2016 memperlihatkan gambar pertama dari 25% kekuatan teleskop radio. Menjadi teleskop paling sensitif di dunia untuk memetakan langit dengan gelombang radio, dan menangkap paling detil dari sebelumnya. Salah satu yang dicari adalah jejak gas hidrogen.



Tata surya Trappist terlihat ada 7 planet. Tapi hanya 3 planet berada di zona habitat. Apakah bintang yang lebih kecil membuat planet layak huni. Peneliti mengatakan itu hanya salah satu faktor, update jarak antar planet.

Sebuah bintang terlihat sedang membentuk akresi disk, dimana bentuk seperti ini nantinya menjadi sebuah tata surya lengkap dengan planet dan mataharinya yang baru.

Tata surya AR Scorpii atau disingkat AR Sco berada di rasi bintang konstelasi Scorpius. Satu adalah bintang katai putih atau bintang yang sudah mati tapi masih menyala. Memiliki ukuran seperti Bumi, hanya saja memiliki kepadatan 200 ribu kali massanya dari Bumi. Jadi bintang yang berada ditengah berukuran lebih kecil tapi sangat padat.

Starshade adalah teknik baru dari pencarian planet lain di luar tata surya. Teknik baru ini untuk menutup cahaya bintang agar dapat melihat planet disampingnya. Teknik sebelumnya disebut Transit, dimana sebuah planet harus ditunggu ketika lewat di depan sebuah bintang

Tim peneliti Harvard Smithsonian Center mengumumkan sebuah tata surya ditemukan dengan 3 bintang. Bahkan satu bintang terlihat stabil dikelilingi oleh planet. Awalnya terlihat satu bintang, tetapi penelitian lebih lanjut ada 2 bintang biner. Dan terakhir malah ditemukan 3 bintang.



Teleskop ALMA menangkap tata surya baru HD 142527, dimana disana sedang terbentuk cakram protoplanet. Tetapi ada yang unik di tata surya ini, karena memiliki dua matahari yang juga terbentuk bersamaan. Disebut juga sebagai tata surya dengan bintang biner.

Siapa yang melihat pembentukan planet ketika lahir. Disebut protoplanet, sebuah pembentukan planet dari sebuah tata surya. Planet kita tidak datang menjadi biru, tapi terbentuk jutaan tahun lalu dari sebuah protoplanet. Sebuah tempat disebut sebagai objek LkCa 15b terus dipantai sejak tahun 2011. Disana ilmuwan dari Keck menemukan ada planet baru atau planet bayi.

Sekitar 10 planet seperti Bumi, yang jaraknya cukup jauh dan ada dekat ke Bumi. Ukuran planet yang ditemukan ini masuk dalam zona kehidupan, atau manusia bisa tinggal. Walau ukuran planet masih dalam perkiraan karena sebagian besar planet yang berpotensi memiliki ukuran lebih besar dari Bumi

Sebuah tim astronom internasional menemukan planet gas seperti Jupiter yang mengitari sebuah bintang. Jarak dan bintangnya mirip seperti tata surya kita. Bahkan jarak planet seperti Jupiter di tata surya HIP 11915 memiliki jarak yang mirip seperti Jupiter di tata surya kita sendiri. Apakah ada bumi lain disana.

Ilmuwan meneliti sebuah bintang di tata surya HATS, dan temukan sebuah planet gas seperti Saturnus. Mungkin ukurannya 100x lebih besar dari bumi. Ada yang unik dengan planet HATS-6b, benda tersebut ternyata  sangat dekat dengan bintang induknya

Matahari saja sudah lebih dari cukup, tapi di tata surya Ari 30 memiliki lebih dari satu matahari. Ada 4 matahari dengan sebuah planet, terletak di daerah rasi bintang Aries. Uniknya sejauh ini baru satu planet yang terlihat berada disana.




No popular articles found.
< /body>