Tahun 2004 nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars.

Awalnya untuk misi selama 90 hari, tapi masih berjalan.

Dan sudah menempuh jarak 42 km dari tempat pertama mendarat setelah berjalan sampai 21 Juni 2015 kemarin

Robot Opportunity dan Sprint diluncurkan pada 7 Juli 2003 sebagai bagian dari program Nasa Mars Exploration Rover.

Robot Opportunity mendarat di daerah Meridiane Planum pada 25 Januari 2004.

Satu lagi rover Sprint sebagai robot kembaran juga di daratkan ke planet Mars, hanya mendarat di sisi lain.
Awal rencana kedua robot tersebut melakukan penelitian selama 90 hari. Tapi yang satu ini masih terus berjalan keliling di planet Mars.

Tahun 2009, satu rover Sprint kembarannya akhirnya nyangkut, bagian roda gagal bekerja, dan hilang komunikasi di tahun 2010 karena kehilangan daya power.

Rover membawa beberapa peralatan seperti camera panorama, camera navigasi, alat test thermal untuk meneliti bagaimana batuan terbentuk, Hazcam. Bagian lain seperti spectometer X-Ray, mikroskope, alat pemeriksa magnit dan alat lain ditempatkan pada lengan robot.

Rover Opportunity sempat hang atau amnesia (karena memory rusak). Robot tersebut sempat tidak bisa menulis data seperti informasi telemetri. Kabarnya masalah pada memory. Akhirnya diketahui pada perangkat hardware terjadi 7 memory bank yang rusak. Nasa mencoba memperbaiki dari Bumi untuk dikonfigurasi dengan RAM mode sehingga tidak mengunakan memory storage dari hardware robot yang rusak.

Satu video ini dikemas dalam 8 menit dalam bentuk video Timelapse selama rover Opportunity berjalan menjelajah di planet merah. Foto di planet Mars dibawah ini diabadikan dari Januari 2004 dan April 2015. Kemampuan robot Oppoertunity hanya berjalan dengan kecepatan 0,18km perjam.

Pada video di Youtube diperlihatkan lokasi robot berjalan di sisi kanan. Suara yang diciptakan adalah getaran dari peralatan robot ketika melintas permukaan planet Mars. Suara keras dan kasar yang terdengar ketika robot melintas di medan kasar.

Robot Opportunity gambar selama 1 tahun di planet Mars

Dibawah ini pemandangan planet Mars dari tahun 2004 sampai 2015. Walau sudah 11 tahun disana, tidak terlihat kehidupan. Planet Mars memang sangat sepi.



Selain rover Opportunity, Nasa masih memiliki robot Curiosity yang aktif dengan peralatan lebih banyak.

Debu setan atau Devil Spin di planet Mars
Nasa memiliki catatan dengan planet Mars. Salah satu keunikan planet ini sering memunculkan debu setan atau pusaran angin yang mengangkat tanah di permukaan. Membentuk tower dengan ketinggian 20km.

Penyebab badai debu tersebut diakibatkan perubahan suhu di Mars. Sama seperti pembentukan badai di Bumi. permukaan tanah yang panas memanasiakn udara diatasnya dan membuat pusaran angin naik keatas.

Membentuk pusaran angin 10x lebih besar dari tornado di Bumi dengan kecepatan 100km perjam
Foto pertama adalah foto terbaru dari Opportunity, tercatat pada 4332 hari setelah mendarat di planet Mars - Mars.Nasa.Gov. Gambar kedua sebagai contoh debu yang diamil dari camera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) camera di satelit NASA Mars Reconnaissance Orbiter di atas planet Mars pada tahun 2012

Badai debu di planet Mars disebut Dust Devil

Update April 2016
Rover atau robot Opportunity sementara nyangkut tidak bisa menanjak sebuah bukit di Knudsen Ridge di planet Mars. Rover tersebut diarahkan untuk rute terpendek tetapi harus mendaki dengan sudut 32 derajat. Dengan 66 kali putaran rover seharusnya sudah bisa bergerak sampai 22 meter, sayangnya rover hanya mampu bergerak 10cm saja.

Robot Opportunity nyangkut pada bulan April 2016

Desember 2017
Bulan Desember adalah waktu baik bagi robot atau rover Opportunity. Setelah planet Mars memasuki musim semi, dan robot hanya mengandalkan power dari panel surya dan harus parkir ditempat paling menguntungkan.

Planet Mars dikenal memiliki musim semi dengan badai. Membuat panel surya dapat tertutup debu. November 2017 lalu, Nasa mengumumkan robot berhasil melewati hari buruk ke sekian kalinya bagi Opportunity. Dan waktu terburuk telah berakhir pada bulan November.

Dibawah ini foto permukaan tanah diambil dari camera rover Opportunity pada bulan Oktober 2017

Robot Opportunity foto tanah di Mars Oktober 2017


Nasa berencana mengarahkan robot ke sebuah lemba yang disebut Perseverance. Karena robot telah bertahun tahun disana dan masih berada di tepi kawah.
Dari pengamatan sebelumnya, lembah tersebut seperti terukir oleh cairan. Namum perlu diketahui lebih lanjut dan diteliti ke bagian bawah kawah.