Satelit di ruang angkasa berapa banyak jumlahnya


Kategori : Technology | Date : 7 July 2015
Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa kondisinya sama saja.

Sebuah situs memberikan data realtime jumalh satelit yang ada diatas bumi. Mengunakan data Space Track dari situs pertahananAmerika. Dimana badan tersebut memonitor jumlah satelit termasuk sampah di ruang angkasa yang berukuran sebesar bola baseball.

Dari seluruh objek yang ada di ruang angkasa dan mengorbit Bumi, diperkirakan jumlahnya mencapai 21 ribu dengan ukuran 10 cm, dan ukuran lebih kecil mencapai 500 ribu. Sebagian adalah satelit aktif, sampah ruang angkasa dan sebagian lain satelit yang tidak aktif tapi masih berada di ruang angkasa.

Jumlah satelit aktif diatas Bumi Agustus 2015
  • Total satelit aktif 1305
  • Amerika 549 satelit, dibagi 21 satelit sipil, 250 satelit komersil, 126 satelit pemerintah, 152 satelit militer
  • Rusia 131
  • China 142
  • Satelit lain 483.
Separuh satelit berada di Low Earth Orbit atau satelit orbit rendah. Dengan ketinggian berberapa ratus km di atas permukaan Bumi.
1/20 dari total satelit adalah satelit orbit menengah, berada di ketinggian 20 ribu km. Umumnya untuk satelit navigasi
Sisanya adalah satelit geostasioner diatas ketinggian 36 ribu km.
Satelit lain adalah satelit observasi ruang angkasa. Seperti satelit Lunar Reconnaissance Orbiter and Lunar untuk meneliti bulan. Satelit lain yang memantau planet Venus, Mars dan Merkurius.

Mengunakan data Space Track, akurasi jumlah satelit yang ditampilkan memiliki akurasi dalam hitungan beberapa km meter. Data yang ditampilkan mengunakan visual WebGL.

Data dibawah ini adalah data GPS atau Global Positioning System milik Amerika. Digunakan sebagai satelit navigasi, seperti penerima sinyal GPS pada smartphone

Orbit satelit GPS

Dibawah ini gambar orbit dari satelit Glonass. Sama seperti GPS, jumlahnya mencapai puluhan satelit. Berfungsi sebagai satelit global untuk navigasi atau penunjuk posisi di bumi. Sistem satelit Glonass disebut sebagai Konstelasi Glonass, dengan jumlah puluhan satelit dan terus memancarkan sinyal koordinat dan diterima oleh smartphone atau alat navigasi lain.



Orbit satelit Glonass untuk navigasi

Sistem satelit lain yang jumlahnya cukup banyak adalah satelit Iridium. Satelit tersebut digunakan untuk komunikasi telepon satelit. Posisi satelit Iridium berada di orbit rendah, agar sinyal yang dikirim dan diterima dari telepon satelit lebih mudah terjangkau oleh satelit Iridum

Satelit Iridium untuk komunikasi

Satelit Palapa D yang diluncurkan pada tahun 2009. Posisinya sangat tinggi, berada pada 35 ribu km dari permukaan Bumi. Karena satelit Palapa D digunakan untuk satelit relay dan harus berada di atas Indonesia. Posisi satelit harus berada lebih tinggi agar tertarik oleh gravitasi Bumi lebih lemah. Dan posisi akan selalu tepat berada di atas Indonesia

Satelit Palapa D

Berapa banyak jumlah satelit di ruang angkasa. Seperti gambar dibawah ini, jumlahnya sangat banyak. Dari satelit komunikasi, navigasi, satelit relay, sampai stasiun ruang angkasa ISS dapat dilihat posisinya oleh data Stuffin.space



Data posisi satelit juga menunjukan beberapa bangkai satelit yang masih ada. Misalnya satelit Astron milik Rusia. Adalah satelit astronomi milik Rusia yang dilucurkan tahun 1983. Berada di ketinggian 170 ribu km dari permukaan Bumi.
Satelit observasi Interstellar Boundary Explorer (IBEX) berada di ketinggian 250 ribu km. Untuk meneliti solar system ke Bumi yang tidak dapat diukur dengan teleskop Bumi.
Sisanya tidak jelas, mungkin sudah menjadi satelit tidak aktif atau Space Junk

Dari seluruh data yang diberikan, ada data posisi satelit yang tidak tampak. Yaitu satelit mata mata.
Tertarik melihat seperti apa jumlah satelit yang dimiliki manusia. Dapat dilihat pada link dibawah ini

+ Stuffin.space

Akhirnya siaran video langsung live dari ruang angkasa bisa tayang. High Definition Earth Viewing atau HDEV sudah disiapkan sejak 18 April 2014 , April 2017 dapat dilihat dengan resolusi 4K Video dari ruang angkasa Timelapse paling lama merayakan ulang tahun ISS ke 20

Dimulai tahun 1998, stasiun ruang angkasa Rusia Zarya berubah namanya menjadi ISS. Dari ukuran satu modul kecil, ISS saat ini memiliki lebar 72 x108 meter atau seluas lapangan bola Softball. Sampai tahun 2010 belum ada penambahan modul baru, tapi tahun 2016 - 2017 Rusia akan menambah modul disana sampai 4 ruang baru. Berapa suhu di stasiun ruang angkasa, dingin atau sejuk.

Teleskop Gaia selesai membuat peta hampir 1,7 miliar bintang diumumkan April 2018. Observasi selama 21 bulan, mengunakan teknik paralak. Diperkirakan hanya 1 persen bintang yang ada di galaksi Bima Sakti dengan peta Zoom bintang jarak 10.000 tahun cahaya dari matahari.



Tahun 2018, satelit navigasi China Beidou memasuki tahap akhir. Nov 2017, Januari, Februari, Maret 2018 telah 8 satelit dikirim. Tahun 2018 Agustus menyusul 12 satelit menyusul untuk satelit navigasi terbaru Beidou-3. 25 Agustus 2018 2 satelit baru Beidou-3 dikirim dari provinsi Sichuan dan sudah berada di orbit

SpaceX berencana meluncurkan misi ke 15 pada hari 7 Agustus 2018, 18 Agustus sudah berada di atas selat Karimata. Satu satelit akan diluncurkan oleh roket SpaceX adalah satelit Telkom dari Indonesia. Memasuki test  orbit selama 25 hari. Bila sukses, satelit siap digunakan pada minggu ke 3 bulan September 2018.

Satelit cuaca GOES-16 dan GOES-17 mampu mengambil gambar setiap 30 detik. 2 satelit cuaca memantau secara realtime petir di permukaan Bumi, meningkatkan peringatan dini dengan badai dan tornado dan kondisi cuaca lainnya.

Awalnya ingin mendapatkan posisi satelit mata mata yang hilang. Tapi ditemukan satelit lain milik NASA. Satelit Image diluncurkan tahun 2000, dan hilang kontak tahun 2005. Ternyata kembali aktif tahun 2018.



Satu lagi satelit NROL diluncurkan L-76. Satelit mata mata Amerika terbaru dibawah oleh roket besar Falcon 9. Satelit sebelumnya ada di geostasioner untuk misi NROL-37. Satelit mata mata NORL-42 diluncurkan Minggu 24 September 2017. Belum dikabarkan peralatan apa yang dibawa, diperkirakan tipe satelit Trumpet

Juni 2017 sebuah satelit ViaSat 2 diluncurkan, menjadi langkah awal pengunaan WIFI di pesawat komersil. Sistem satelit ViaSat 2 akan menyediakan jaringan WIFI dengan kecepatan 25Mbps

Dari ketinggian 34 ribu km, disana terdapat satelit cuaca Himawari-8. Mengambil gambar untuk peringatan cuaca, seperti topan yang berada di Asia dengan resolusi tinggi 5500x5500 pixel. Keunggulan satelit Himawari dapat mengambil foto setiap 10 menit, atau rata rata sehari mengirim gambar cuaca 144 gambar

4 Oktober 2015, satelit Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) dari satelit Terra milik Nasa menangkap gambar arus asap di pulau Sumatra Selatan. Satelit Terra dapat memantau arah arus asap dengan pencitraan satelit.

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Satelit mata mata Tiongkok Gaofen-2 adalah satelit pencitraan gambar paling canggih. Memiliki resolusi 80cm perpixel. Xinhua melaporkan satelit tersebut dapat mengambil gambar zebra cross di jalan. Satelit Cheos adalah singkatan China Earth Observation System. Rencananya akan dibuat 5 satelit jenis ini



Teknologi GPS baru mengunakan satelit GPS 2F-6. Rencananya akan diluncurkan ke ruang angkasa dengan roket Delta minggu ini. Satelit navigasi GPS 2F-6 akan mengantikan GPS yang sudah tua tipe GPS 2A-23 di slot 4. Jepang dengan satelit Michibiki presisi tinggi ke 4 Oktober 2017

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS. Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998. Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.


No popular articles found.