Berapa jumlah satelit di ruang angkasa yang mengorbit Bumi. Mungkin terbayang ratusan atau ribuan. Satu data satelit realtime ini memberikan gambaran, bahwa bukan Bumi saja yang sesak dengan pesawat terbang. Tapi di ruang angkasa kondisinya sama saja.

Sebuah situs memberikan data realtime jumalh satelit yang ada diatas bumi. Mengunakan data Space Track dari situs pertahananAmerika. Dimana badan tersebut memonitor jumlah satelit termasuk sampah di ruang angkasa yang berukuran sebesar bola baseball.

Dari seluruh objek yang ada di ruang angkasa dan mengorbit Bumi, diperkirakan jumlahnya mencapai 21 ribu dengan ukuran 10 cm, dan ukuran lebih kecil mencapai 500 ribu. Sebagian adalah satelit aktif, sampah ruang angkasa dan sebagian lain satelit yang tidak aktif tapi masih berada di ruang angkasa.

Jumlah satelit aktif diatas Bumi Agustus 2015
  • Total satelit aktif 1305
  • Amerika 549 satelit, dibagi 21 satelit sipil, 250 satelit komersil, 126 satelit pemerintah, 152 satelit militer
  • Rusia 131
  • China 142
  • Satelit lain 483.
Separuh satelit berada di Low Earth Orbit atau satelit orbit rendah. Dengan ketinggian berberapa ratus km di atas permukaan Bumi.
1/20 dari total satelit adalah satelit orbit menengah, berada di ketinggian 20 ribu km. Umumnya untuk satelit navigasi
Sisanya adalah satelit geostasioner diatas ketinggian 36 ribu km.
Satelit lain adalah satelit observasi ruang angkasa. Seperti satelit Lunar Reconnaissance Orbiter and Lunar untuk meneliti bulan. Satelit lain yang memantau planet Venus, Mars dan Merkurius.

Mengunakan data Space Track, akurasi jumlah satelit yang ditampilkan memiliki akurasi dalam hitungan beberapa km meter. Data yang ditampilkan mengunakan visual WebGL.

Data dibawah ini adalah data GPS atau Global Positioning System milik Amerika. Digunakan sebagai satelit navigasi, seperti penerima sinyal GPS pada smartphone

Orbit satelit GPS

Dibawah ini gambar orbit dari satelit Glonass. Sama seperti GPS, jumlahnya mencapai puluhan satelit. Berfungsi sebagai satelit global untuk navigasi atau penunjuk posisi di bumi. Sistem satelit Glonass disebut sebagai Konstelasi Glonass, dengan jumlah puluhan satelit dan terus memancarkan sinyal koordinat dan diterima oleh smartphone atau alat navigasi lain.

Orbit satelit Glonass untuk navigasi

Sistem satelit lain yang jumlahnya cukup banyak adalah satelit Iridium. Satelit tersebut digunakan untuk komunikasi telepon satelit. Posisi satelit Iridium berada di orbit rendah, agar sinyal yang dikirim dan diterima dari telepon satelit lebih mudah terjangkau oleh satelit Iridum

Satelit Iridium untuk komunikasi

Satelit Palapa D yang diluncurkan pada tahun 2009. Posisinya sangat tinggi, berada pada 35 ribu km dari permukaan Bumi. Karena satelit Palapa D digunakan untuk satelit relay dan harus berada di atas Indonesia. Posisi satelit harus berada lebih tinggi agar tertarik oleh gravitasi Bumi lebih lemah. Dan posisi akan selalu tepat berada di atas Indonesia

Satelit Palapa D

Berapa banyak jumlah satelit di ruang angkasa. Seperti gambar dibawah ini, jumlahnya sangat banyak. Dari satelit komunikasi, navigasi, satelit relay, sampai stasiun ruang angkasa ISS dapat dilihat posisinya oleh data Stuffin.space



Data posisi satelit juga menunjukan beberapa bangkai satelit yang masih ada. Misalnya satelit Astron milik Rusia. Adalah satelit astronomi milik Rusia yang dilucurkan tahun 1983. Berada di ketinggian 170 ribu km dari permukaan Bumi.
Satelit observasi Interstellar Boundary Explorer (IBEX) berada di ketinggian 250 ribu km. Untuk meneliti solar system ke Bumi yang tidak dapat diukur dengan teleskop Bumi.
Sisanya tidak jelas, mungkin sudah menjadi satelit tidak aktif atau Space Junk

Dari seluruh data yang diberikan, ada data posisi satelit yang tidak tampak. Yaitu satelit mata mata.
Tertarik melihat seperti apa jumlah satelit yang dimiliki manusia. Dapat dilihat pada link dibawah ini

+ Stuffin.space