Planet Ekstrem


Kategori : Science | Date : 12 June 2017
Planet ekstrem dari terpanas dan terdingin
Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet cukup aneh di tata surya lain.

Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi.

Ada yang sangat jauh letaknya bahkan posisinya jauh melewati jarak Pluto ke Matahari.

Dibawah ini beberapa planet lain yang ditemukan oleh astronom, sayangnya tidak cocok untuk manusia migrasi kesana.

Planet Gliese 581c
Teorinya tepat, jarak tepat, ukuran bintang tidak terlalu besar.

Manusia mungkin tertarik menjajah planet ini, alias datang dan pindah kesana. Tetapi planet Gliese 581c memiliki putaran yang terkunci. Disisi menghadap bintang ketika siang hari akan tetap siang selamanya, dan bagian gelap akan terjadi malam selamanya.

Seperti bulan putarannya terkunci oleh Bumi. Dampaknya, panas di bagian yang menghadap matahari dan dingin di sisi lain.
Bila tumbuhan disana dan terus terkena radiasi inframerah, tumbuhan akan menghitamkan mereka.

Planet Gliese 581c planet yang panas dan terkunci

Planet TrES-2b
Planet TrES-2b memiliki ukuran sangat besar dan mengorbit ke bintang seukuran matahari kita. Tidak terlalu jauh, terletak 750 tahun cahaya dari Bumi. Ini planet gas yang besar, tapi disana cahaya mataharinya terkunci ke dalam dan hanya memantulkan 5% dari cahaya yang masuk.



Artinya planet ini sangat panas, bahkan permukaannya terlihat sangat gelap. Ada perkiraan atmofer disana memiiki bahan senyawa dan bukan atmofer seperti di bumi.

Planet TrES-2b ukuran besar dan panas

Planet HD 106906b
Planet ini mirip planet yatim. Jarak ke bintangnya 90 miliar km atau 20x lebih jauh antara jarak Neptunus ke Matahari. Jarak dari bumi hanya 300 tahun cahaya. Disebut sebagai Super Jupiter, maklum sudah jauh dari bintang induknya, dan ukurannya 11x dari ukuran planet Jupiter.

Tidak heran bila planet ini ukurannya membengkak, mungkin ketika pembentukan planet, benda ini terus mengambil sisa materi yang ada.
Pengamatan bintang disana dimulai tahun 2005 dan ditemukan adanya planet tersebut pada tahun 2013 oleh tim teleskop Magellan Chile

Planet HD 106906b

Planet HAT-P-1
Salah satu planet aneh dan misterius, letaknya 450 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan oleh tim Harvard Smithsonian Center. Ini planet gas, ukuranya hanya 1/2 dari besar Jupiter. Namun fakta tentang planet ini cukup mengejutkan.

Besar tapi ringan kata ilmuwan, bahkan bila ada air yang besar benda ini bisa mengapung. Alasannya inti planet dalam bentuk batuan sangat sedikit, tapi kandungan isi gas yang sangat besar.

Pada gambar perkiraan, kiri ada planet Jupiter dan kanan gambar planet HAT-P-1 yang berisi kandungan gas sangat besar.

Planet HAT-P-1

Planet J1407 B
Ditemukan tahun 2012, tapi memiliki cincin sangat luas dan besar dari ukuran planetnya sendiri. Berada 400 tahun cahaya dari Bumi. Lebar cincin planet ini mencapai 200x dari ring planet Saturnus. Bila bumi memiliki cincin seperti ini, maka cincin yang tampak di langit akan terlihat sepanjang hari.

=

Planet Gliese 436b
Salah satu planet pembunuh yang tidak mungkin manusia tinggal. Ukurannya 20x lebih besar dari bumi bahkan jarak ke bintang induknya hanya 4,3 juta mil. Bandingkan dengan Bumi memiliki jarak 93 juta mil ke matahari. Artinya planet ini sangat panas.

Planet Gliese 436b

Planet HD209458b
Jarak planet yang ditemukan ini sangat dekat, hanya 150 tahun cahaya. Berada di konstelasi Pegasus merupakan planet pertama yang ditemukan ketika transit oleh para astronom. Ukurannya 30% lebih besar dari Jupiter, jaraknya sangat dekat ke bintang. Bahkan 1/8x lebih dekat dibanding Merkurius ke Venus. Suhunya jangan ditanya lagi, bahkan gas di atmofer planet seperti tertiup oleh matahari disana.

Planet HD209458b

Planet Kelt-9b
Sebuah bintang Kelt-9 ditemukan sebuah planet dan diberi nama Kelt-9b. Planet terpanas dengan suhu 3.777 deg.Celcius dan di sisi gelap tetap panas mencapai 4.327 deg.Celcius.



Ditemukan oleh teleskop Kilodegree Extremely Little Telescope bulan tahun 2016
Dari data yang ditemukan, planet Kelt-9b memiliki 20% lebih panas dari exoplanet Wasp-33b.

Mengapa planet Kelt-9b begitu panas, masalah ada di bintang. Posisi planet terlalu dekat ke bintang induk dengan rotasi 1,5 hari (bumi 365 hari), kedua bintang induknya adalah tipe A (sejauh ini baru 6 bintang yang masuk daftar).

Menjadi bintang dengan kategori ke 3 terpanas bahkan disebut bintang muda yang usianya baru 300 juta tahun. Memiliki panas dibagian luar yang membakar sampai 9.897 derajat C atau 2 x dari suhu matahari.

Ukuran planet Kelt-9b setara 3x planet Jupiter.
Planet Kelt-9b menjadi planet gas terpanas. Berada di 620 tahun cahaya dari Bumi.

Mengapa planet KELT-9b ini begitu panas

Planet KELT-9b terpanas dengan bintang yang juga sangat panas

Planet OGLE-2005-BLG-390Lb
Planet terdingin seukuran bumi, masalah pada bintang induk karena ukurannya terlalu kecil dan tidak cukup memberikan panas ke planet. Planet ini masuk sebagai dunia es.
Ukuran bintang di planet tersebut hanya berukuran 1/5 matahari dan terletak 20 ribu tahun cahaya dari Bumi.

Suhu planet OGLE-2005-BLG-390Lb berada pada -200 deg.C, artinya semua permukaan planet adalah permukaan es, sedangkan batuan berada di bagian bawah es. Diperkirakan planet tersebut juga memiliki atmofer. Mirip seperti planet Pluto yang dingin, tapi planet OGLE-2005-BLG-390Lb lebih gede / besar seperti bumi.

Penemuan OGLE-2005-BLG-390Lb menjadi planet ke 3 yang ditemukan dengan teknik pembesaran alami atau microlensing.

Tim yang menemukan dari OGLE (Optical Gravitational Lensing Experiment) yang dipimpin Udalski dari pusat observasi universitas Warsawa Polandia dan menemukan planet OGLE-2005-BLG-390Lb pada 11 Juli 2015, dibantu beberapa pusat observasi lain seperti teleskop ESO

Planet OGLE-2005-BLG-390Lb sebagai planet terdingin seukuran bumi

Planet 2MASS J08230313-4912012 b
Planet ini masuk ketegori planet terbesar. Memiliki nama lain dengan planet DENIS-P J082303.1-491201 b

Planet 2MASS J08230313-4912012 b memiliki ukuran 28,5x lebih besar dari Jupiter. Menjadi planet yang terbesar dalam data Exoplanet Nasa.

Uniknya, planet tersebut dapat menjadi besar, walau bintang induknya lebih kecil atau setingkat bintang kerdil coklat. Peneliti belum mengetahui mengapa planet ini menjadi raksasa gas.
Ditemukan dari teleskop ESO pada Agustus 2013, dari teleskop La Silla Paranal Observatory Chile. Berada pada jarak 67,7 tahun cahaya dari Bumi.

Planet 2MASS J08230313-4912012 b sebagai planet gas terbesar yang masuk daftar 28x lebih besar dari Jupiter

oto planet Mars terbaru pemandangan 360 derajat Tetapi bumi sebelumnya sangat kacau. Pertanyaan lain berapa lama untuk pergi ke Mars. Cahaya lampu baru sampai disana 12 menit. Apakah mungkin planet Mars di bom dengan bom nuklir agar kutub es disana dapat mencair.

Nasa baru mempublikasi bagaimana manusia pergi ke Mars. Tahap pergi ke Mars tidak semudah yang dibayangkan. Pertama astronot singgah di stasiun ruang angkasa baru. Semua masih rancangan, mantan astronot Nasa Chris mengatakan perjalanan ke Mars paling beresiko tanpa teknologi baru yang tidak pernah kita pikirkan harus ada.

Jepang menemukan kandungan mineral langka. Mampu memberi pasokan berabad abad bagi dunia. Yttrium, Dysprosium, Europium dan Terbium. Masih dihitung untuk menekstrak apakah nilainya akan ekonomis.



Kita akan bertanya apakah tata surya lain memiliki planet gas seperti Jupiter. Dijawab ya, tapi peneliti melihat perbedaan ukuran planet gas di tata surya lain berdasarkan bintang induknya. Bintang dapat mempengaruhi ukuran planet lain ketika lahir.

Sebuah planet seukuran Jupiter berada sangat dekat dengan sebuah bintang. Sebuah planet seukuran Jupiter disebut planet PTFO 8-8695b. Tapi perlahan planet ini sedang di sikat oleh bintang induknya sendiri. Berdasarkan observasi emisi, terlihat adanya awan besar perlahan tertarik dari planet ke dalam bintang

Planet Kepler 1647b letaknya 3700 tahun cahaya dari Bumi, berada di 2 bintang kembar. Planet ini unik, karena sebagai planet gas, berada posisinya seperti Jupiter di tata surya kita. Melanggar teori sebelumnya, dimana planet gas cenderung berada sebagai planet dalam.

Peneliti menemukan sebuah planet HD 20782b, dengan orbit paling unik dan esentrik yang pernah ditemukan. Memiliki eksentrisitas 0,96 atau bentuk elips hampir seperti garis datar. Dari orbit terjauh, lalu seperti ketapel dan mendekat cepat ke arah bintang. Seperti apa tinggal di planet ini.



Sinar gama adalah senjata terbesar di alam semesta. Diproduksi oleh peristiwa di antariksa seperti cahaya dari bintang meledak, semburan pulsar (bintang besar yang mati memancarkan cahaya radiasi), atau inti galaksi.

Planet 3470b atau dengan ukuran 3470 b berada di tata surya Gliese 3470. Satu planet ini berwarna biru seperti Bumi. Dikonfirmasi planet ini memang ada pada tahun 2012 dari observasi Las Cumbress (LCOGT), melihat planet ini memiliki atmofer. Posisi tata surya Gliese 3470b berada 100 tahun cahaya dari Bumi.

Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.

Bintang Hen 2-427 memiliki nama lain yaitu Nebula M1-67, dan di tengah yang menyala adalah bintang WR 124. Berada di konstelasi Sagitarius dan jaraknya 15.000 tahun cahaya dari Bumi.

Planet HD 219134b baru diumumkan hari Rabu 29 Juli 2015 kemarin. Ditemukan melalui teleskop Spitzer milik Nasa, jaraknya hanya 21 tahun cahaya. Berada di konstelasi Cassiopeia atau dekat dengan bintang utara.

Sebuah bintang HL Tau sedang dikelilingi oleh cincin debu dan gas. Kali ini difoto dari teleskop raksasa Atacam Large Milimeter di Chile. Disana sedang terbentuk tata surya baru, termasuk pembentukan bintang dan planet. Dengan teleskop ALMA akhirnya didapat sebuah gambar indah. Sebuah calon planet baru



Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Ilmuwan menemukan semua planet yang dinamai planet HAT-P11b. Planet ini diperkirakan memiliki air. Planet HAT-P11b mengelilingi sebuah matahari, dan ditemukan jejak air oleh Harvard Center Astrophysic. Berada di konstelasi Cyngus ditemukan Januari 2009.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari


No popular articles found.