Black Hole V404 Cygni kembali bangkit setelah tertidur


Science | 4 July 2015

Sebuah lubang hitam ukuran kecil, sekitar 12x ukuran matahari kita. Jaraknya 8000 tahun cahaya dan tertidur. Mendadak lubang hitam tersebut bangun. Lubang hitam disebut V404 Cygni ternyata sedang di dampingi sebuah bintang.

Satu bintang dengan ukuran lebih kecil dari matahari kita sedang mendekat atau mungkin tertarik oleh gravitasi si black hole. Pada tanggal 15 Juni, mulai tampak bentuk spiral dari pengamatan teleskop X-ray.

Bila keduanya terus mendekat, maka nasib bintang yang mendekat akan terus tertarik. Gas di bintang akan tertarik oleh black hole yang besar. Dan gas akan disedot lalu di lemparkan ke ruang angkasa oleh lubang hitam. Ketika proses terjadi, maka bentuk gas akan terlihat disekeliling black hole.
Kejadian yang baru terlihat tersebut tentu saja terjadi 8000 tahun lalu, hanya manusia baru melihat sekarang ini.
Karena black hole V404 Cygni memang berada sangat jauh dari Bumi.

Lubang hitam V404 ditemukan oleh tim astronomi Ginga dari Jepang pada 22 Mei 1989. Tahun 2015 Nasa melihat dengan teleskop SWIFT dan menditeksi pertama kali kegiatan disana. Dalam pengamatan X-Ray, benda tersebut 50 kali lebih terang dibanding penambakan nebula Crab.

Dibawah ini ilustrasi gambar artis gambar yang terjadi disana.
Gambar kedua posisi lubang hitamg V404, dari foto milik ESA. Pertama di kiri posisi V404 awalnya tidak terlalu terlihat. Dan di sisi kanan terlihat lebih terang setelah terjadi kegiatan disana. Gambar diambil pada 19 Mei 2015, kiri sebelum terjadi tarik menarik antara Black Hole dan Bintang disebelahnya dan kanan pada tanggal 15 Juni 2015 terlihat titik kecil berwarna ungu mulai semakin terang

Black Hole V404 Cygni kembali bangkit setelah tertidur

Dibawah ini ilustrasi dari Nasa GOV



Berita terkait
Black Hole benda apa ini, sebuah lubang hitam tapi bulan lubang dan bagaimana bisa terbentuk. Sebuah benda yang sangat besar dengan gravitasi sangat kuat dan mengikat seluruh isi galaksi. 5 profesor ditanya, benda apa black hole, tidak ada yang bisa menjawab. Peneliti mengatakan lubang hitam dikelilingi debu dan gas, dan lubang hitam berputar.

Astronomi mengidentifikasi puluhan bintang tipe OB baru di area Cygnos OB2. Penemuan ini meningkatkan populasi bintang muda yang masif (ukuran raksasa). Letak Cygnus OB2 berada 4700 tahun cahaya dari BumiMenjadi salah satu daerah pembentukan bintang paling kuat di komplek Cygnus.



Adanya lubang hitam berukuran kecil dari bekas bintang, dan jumlahnya mungkin lebih besar dari perkiraan sebelumnya.Tapi yang satu ini sangat tenang, mirip seperti lubang hitam siluman. Dibutuhkan beberapa peralatan teleskop untuk memeriksa, dan terakhir baru teridentifikasi benda ini adalah sebuah Black Hole




No popular articles found.