Transcend StoreJet 35T3 kapasitas 3TB sampai 8TB dengan USB


Hardware | 1 July 2015

Butuh storage kapasitas besar untuk personal. Transcend StoreJet 35T3 adalah ekternal harddisk kapasitas besar. Dari kapasitas 3TB sampai 8TB. Saat ini hanya 2 produsen pembuat harddisk 8TB, yaitu Seagate dengan teknologi Active Archive dan Hitachi He 8 dengan helium.

Harga ekternal harddisk Transcend StoreJet 35T3 dijual seharga $159, $209 dan $409 untuk kapasitas 3TB, 4TB dan 8TB. Bila dihitung harga tersebut, kemungkinan bukan harddisk buatan Hitachi Ultra He8. Ada indikasi Transcend mengunakan produk Seagate Archive 8TB.

Sedikit penjelasan tentang harddisk kapasitas besar. Karena harddisk Hitachi Ultra He8 lebih diperuntukan sebagai harddisk server yang memiliki suhu ruang stabil. Seagate  mengunakan teknologi SMR Shingled Magnetic Recording, dimana teknik tersebut dapat meningkatkan kerapatan pada kapasitas harddisk. Dan fitur PMR - Perpendicular Magnetic Recording. Teknologi lainnya yang meningkatkan kapasitas harddisk adalah SMR untuk data track pada lempeng harddisk.
Sayangnya teknik SMR memiliki implikasi kinerja yang membuang ruang cadangan, sehingga harddisk buatan Seagate tidak menangani penulisan data acak secara baik. Tetapi harga harddisk yang murah dengan kapasitas besar tetap menarik pembeli, walau harddisk dikelas ini tidak dianjurkan untuk pemakaian biasa seperti computer desktop.

Untuk kecepatan Transcend StoreJet 35T3 ekternal harddisk. Memiliki tranfer rate sampai 200Mbps, walau angka tersebut masih sebagai angka perkiraan dari spesifikasi Transcend.  Melihat teknologi Seagate hanya mencantumkan kecepatan tranfer sampai 190Mbps untuk kecepatan maksimum.

Di perangkat Transcend StoreJet 35T3 terdapat satu tombol, berfungsi untuk membackup data pemiliknya dari computer ke ekternal harddisk. Sekaligus kemampuan enskripsi data yang diacak sampai setingkat AES-256.

Harddisk ekternal kapasitas tersebut diberikan garansi 3 tahun. Lebih lama dari garansi harddisk biasa yang umumnya hanya dijaminkan 1-2 tahun. Ekternal harddisk tersebut membutuhkan power.
Produk yang sama adalah Seagate Backup Plus 8TB, dijual $299, serta harga khusus kadang ditawarkan hanya $250. Membuat harga ekternal drive Transcend kurang menarik dengan harga jual $409.

Trancend StoreJet 35T3 kapasitas 3TB sampai 8TB dengan USB

Berita terkait
Transcend JetFlash 890S Flash drive OTG memiliki 2 konektor USB 3.1 Type A dan USB 3.1 Type C. Membuat flash drive ini dapat digunakan untuk computer dan smartphone.  Disisi sebaliknya memiliki konektor tipe A yang kompatibel dengan port USB 2.0

Toshiba mengumukan harddisk 6TB dari seri MC04. Selain kapasitas 6TB, tersedia 2TB, 3TB, 4TB dan 5TB. Seluruhnya memiliki kecepatan 7200 RPM. Mengunakan 5 platter dengan kecepatan tranfer read dan write 170MB/s dan 140MB/s



Produsen SSD Transcend keluarkan model baru seri SSD370 S, kualitas yang baik dan harga murah. Transcend tidak mengumumkan produk baru model SSD370S secara langsung. Tapi model tersebut bisa terlihat dengan case baru dengan tutup aluminium.




No popular articles found.