Planet di tata surya Koi 961 ada 3 planet lebih kecil dari Bumi


Science | 21 June 2015

3 planet kecil di tata surya Koi 961. Ukurannya mungkin sebesar planet Mars. Ketiga planet tersebut memiliki ukuran 0.78, 0.73 dan satu lagi lebih kecil 0.57 kali dari Bumi. Jarak ke planet di tata surya Koi 961 tidak terlalu jauh, hanya 120 tahun cahaya yang terletak di konstelasi bintang Cygnus.

Menariknya dari tatasurya Koi 961, disana memiliki bintang berukuran kecil atau disebut katai merah. Hanya 1/6 ukuran matahari kita. Ini adalah tata surya terkecil yang pernah ditemukan kata peneliti John Johnson dari California Tech Pasadena. Bahkan peneliti John menyebut seperti melihat sebuah tata surya dengan bintang seukuran Jupiter, dan planet disana sebagai bulan di Jupiter. Jadi memang kecil ukuran tata surya tersebut.

Hal menarik lain disebut, ke 3 planet mengorbit bintang indukya hanya berjarak 0,6 sampai 1,5% dari jarak Bumi ke Matahari. Karena begitu dekat, ketiga planet mengorbit matahari disana dalam waktu 2 hari saja. Jadi waktu disana hanya 2 hari dalam satu tahun.

Ketiga planet yang ditemukan memiliki permukaan berbatu. Walau posisi ke 3 planet sudah ideal untuk ukuran manusia, posisinya terlalu dekat. Suhu di planet tersebut mencapai 836 deg.F sampai 350 deg.F.

Penemuan planet tersebut mengunakan teleskop Kepler. Karena Kepler hanya mengunakan teknik transit ketika planet melintas di depan bintang yang menghadap teleskop. Seandainya bintang di Koi 961 berukuran besar, ke 3 planet tersebut tidak bisa terlihat.

Keberadaan bintang kerdil seukuran katai merah atau lebih kecil dari matahari kita sangat banyak ditemukan di galaksi Bima Sakti. Dengan penemuan diatas, mungkin galaksi kita sangat memungkinkan adanya planet berukuran kecil seperti Bumi. Walau disebutkan banyak, sampai saat ini ilmuwan belum mampu melihat keberadaan planet tersebut.

Teleskop Kepler telah menemukan 2300 calon planet penganti bumi, tapi masih harus di teliti lebih lanjut. Setidaknya 80% dari daftar planet memiliki potensi untuk lingkungan manusia untuk tinggal.

Ilustrasi dari posisi ke tiga planet tersebut dibawah ini

Planet ditata surya Koi 961 seukuran bumi tapi terlalu dekat dengan bintang

Berita terkait
Sebuah planet disebut Proxima b berada di dekat bintang katai merah atau bintang kerdil. Peneliti menyebut disana sukar untuk tinggal, bahkan ditemukan lagi sinyal planet lain yang lebih kecil. Penemuan terbaru bintang Proxima juga agresif mengeluarkan kilatan bintang, mencapai 10x kekuatan kilat matahari kita.

Planet 51 Pegasi b penemuan planet yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari. Planet hanya memiliki waktu mengitari bintang induk dalam 4 hari saja. Keunikan planet, posisi sebagai planet ukuran gas, memiliki posisi paling depan atau dekat ke bintang.



Pada tahun 2012 terlihat disana terdapat 5 planet yang mengitari mataharinya. 2 di antaranya diperkirakan berada pada daerah yang tepat untuk manusia tinggal "nanti". Tapi peneliti mengatakan kondisinya berbeda dengan Bumi.

Sebuah planet dengan jarak 39 tahun cahaya dari Bumi ditemukan. Disebut planet GJ1132b memiliki ukuran sebesar bumi. Walau ukuran seperti bumi, tapi tidak ada kemiripan dengan kehidupan di Bumi. Karena kategori Exoplanet GJ1132b jauh dari kata ideal untuk di tinggali manusia.

Planet Kepler-452b disebut sepupu Bumi dengan badan lebih besar, peneliti percaya disana ada gunung berapi dan lautan. Letaknya 1400 tahun cahaya dan berada di konstelasi Cygnus baru terditeksi oleh teleskop Kepler. Peneliti memberi nama Earth's Bigger, older Cousin atau Earth 2

Planet Kepler 1647b letaknya 3700 tahun cahaya dari Bumi, berada di 2 bintang kembar. Planet ini unik, karena sebagai planet gas, berada posisinya seperti Jupiter di tata surya kita. Melanggar teori sebelumnya, dimana planet gas cenderung berada sebagai planet dalam.

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.



Di tata surya Kepler-138 ditemukan 3 planet. Dua planet diantaranya Kepler-138c dan Kepler-138d. Tapi satu lagi planet Kepler-138b ini agak aneh. Kepler-138c dan Kepler-138d memiliki ukuran planet 120% dari Bumi

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

3 planet di tata surya sebuah  bintang HD7924, ditemukan adanya Super Earth. Tidak terlalu jauh dari bumi hanya 54 tahun cahay asaja. Mengunakan teknik getaran planet ketika melintas di depan bintang disana. Akhirnya diketahui 3 planet HD7924

Pernah menonton film Star Wars episode ke IV A New Hope. Memberi gambaran sebuah planet memiliki 2 matahari. Tentu 2 matahari tidak terjadi di bumi. Secara umum dua bintang kembar terjadi dimana planet disana lebih di dominasi planet gas seperti Jupiter. Planet seperti .Bumi dengan matahari kembar mungkin hal umum di alam semesta ini.

Planet dengan nomor J1407 ditemukan pada tahun 2012. Menariknya planet ini memiliki cincin seperti planet Saturnus. Bila planet ini mengantikan planet Saturnus, cincin planet bisa terlihat jelas di Bumi.




No popular articles found.