NASA temukan cluster MACS J0647, objek paling jauh yang pernah diamati


Kategori : Science | Date : 17 November 2012

Teleskop Hubble menemukan objek terjauh yang pernah ditemukan di alam semesta. Disebut galaksi MACS J0647, jaraknya sekitar 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Objek tersebut hanya bisa dilihat melalui teleksop proporsi untuk intergalaksi.

Penemuan galaksi MACS J0647 tidak langsung terlihat begitu saja. Dibutuhkan 17 filter lensa sehingga warna galaksi bisa terlihat dengan gelombang warna merah.

NASA's Great Observatories Find Candidate for Most Distant Galaxy

The galaxy was observed with 17 filters, spanning near-ultraviolet to near-infrared wavelengths, using Hubble's Wide Field Camera 3 (WFC3) and Advanced Camera for Surveys (ACS). Coe, a CLASH team member, discovered the galaxy in February while poring over a catalogue of thousands of gravitationally lensed objects found in Hubble observations of 17 clusters in the CLASH survey. But the galaxy appeared only in the two reddest filters. NASA

Gambar dari NASA

 


obengplus.com/artikel/articles/103/1/Aplikasi-Astronomi-di-Android-langsung-menunjukan-posisi-bintang
2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. Berita terbaru, robot tersebut membuat foto 360 derajat. Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Gambar perjalanan di planet Mars direkam dari camera Hazcam.



Satelit nasa Cassini mengambil badai di planet Saturn. Luasnya 2000km dan kecepatannya mencapai 450km perjam. April 2017, melihat bumi dari jarak 1 miliar km

Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.



Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Bintang Nova Delphine 2013 baru saja terlihat lebih terang menyala pada 16 Agustus. Kejadian langka ditemukan pertama oleh astronomi asal Jepang pada 8 Agustus 2013 lalu. Bintang Nova Del sedang memasuk tahap ledakan

Malam ini udara kembali bersih di Jakarta. Terlihat beberapa titik cahaya kecil menarik untuk di abadikan. Mengunakan aplikasi Google Sky Map, mulai di telusuri daerah yang memiliki bintang terbanyak. Ada di dekat bintang Antares

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Fisikawan Inggris Stephen Hawking memperingatkan kepada kita, manusia tidak akan bertahan di bumi. Nasihatnya, kita harus pergi ke luar angkasa, dan kita tidak akan bertahan di planet yang rapuh ini kecuali melarikan diri ke planet lain.



Seorang profesor dari universitas Indiana mengatakan "Kita berada di dalam lubang hitam yang ada di alam semesta lain". Secara khusus sebuah lubang hitam seperti mata air. Profesor Poplawski mengatakan versi modifikasi dari teori relativitas umum Einstein.

Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Eder Ivan seorang astronom mengabadikan posisi planet Venus dan bulan hampir segaris. Dengan camera digital model lama Nikon Coolpix 4300 ditambahkan teleskop 30mm merek TMB 130/780. Posisi pengambilan ada di Budapest Hungaria pada tahun 2004.

Galaksi spiral NGC 6872 yang ditemukan NASA menjadi galaksi spiral terbesar saat ini. Rentangnya mencapai 552 ribu tahun cahaya, dan jaraknya memang jauh sekitar 212 juta tahun cahaya dari Bumi.

Cumi cumi raksasa Elusive atau Giant Squid tertangkap oleh camera pertama kali. Ukurannya jauh lebih besar dibanding cumi di pasar. Gambar tertangkap camera kapal selam Jepang yang melakukan eklorasi dibawah laut. Tetapi video tersebut baru dirilis ke publik ketika si Sotong gede itu menyerang kapal selam mini.

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

Jaraknya 100.000 tahun cahaya dari bumi sebagai planet yatim paling dekat. Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya.


No popular articles found.