OneWeb satelit terbanyak akan dibangun untuk jaringan internet


Kategori : News | Date : 17 June 2015
Jaringan satelit internet terbanyak akan dibuat oleh Airbus, setidaknya 900 satelit yang dibutuhkan perusahaan OneWeb. Rencananya jaringan konstelasi satelit terbesar tersebut menawarkan jaringan internet dan data dengan kecepatan tinggi. Uniknya ini bukan milik pemerintah , tapi perusahaan swasta.

Jaringan internet global tersebut akan memberikan akses internet ke miliaran penduduk. Sekitar 700 satelit, setiap satelit memiliki berat 150kg saja dan ukurannya relatif kecil. Rencananya satelit pertama akan diterbangkan ke orbit bumi pada awal 2018.

Pemilik perusahaan bukan nama baru, seperti Richard Branson si kaya yang unik dan pemilik perusahaan Virgin Group, dan produsen chip Qualcomm. Diperkirakan proyek tersebut hanya menghabiskan dana 1,5-2 miliar dollar saja kata CEO OneWeb.

Karena jumlah satelit yang akan diluncurkan sangat banyak. Nantinya akan diterbangkan oleh beberapa perusahaan peluncur roket. Dari Airbus akan membangun 10 pesawat ruang angkasa di fasilitas pabrik Toulouse Perancis dan dibantu di satu tempat lain di Amerika. Perusahaan yang meluncurkan satelit termasuk Thales Alenia, Space System, Lockheed dan OHB dari Jerman. Dan satu lagi dari perusahaan Virgin akan ikut melepas satelit ke ruang angkasa.

Kelihatan proyek tersebut sangat besar. Tapi nama Wyler sebagai pemimpin perusahaan OneWeb bukan nama baru. Dia yang menjadi pendiri perusahaan O3b dan bekerja dengan Google. Tahun 2014, Wyler juga mengerjakan proyeknya sendiri dengan nama WorldVu dan sekarang menjadi nama baru OneWeb.
Google memiliki rencana terpisah, dengan proyek satelit Fidelity

Telepon satelit memiliki jangkauan yang tidak bisa dipenuhi oleh telepon biasa. Setidaknya ada 2 tipe jaringan telepon satelit. Dari sistem satelit orbit rendah, dan sistem GeoSnyc posisi satelit. Bentuk telepon satelit saat sudah diperkecil, yang mahal untuk koneksi internet atau menghubungkan ke opeator lain.

Perusahaan satelit komunikasi Globalstar baru baru ini mengumumkan telepon satelit ringan. Dapat menerima panggilan telepon, SMS dan pengirim data. Kecepatannya tidak secepat GPRS atau 3G, hanya 28kBPS atau sekelas modem computer jaman dulu.


No popular articles found.