Memilih powerbank.
Produk powerbank kualitas terbaik pasti ada. Tapi yang murah juga baik dan ada. Powerbank yang kurang berkualitas juga ada. Atau powerbank yang dijual kemahalan juga ada.

Ibarat kata. Penguna smartphone umumnya mengetahui perangkat powerbank. Biasanya penguna akan memerlukan pengisan baterai smartphone. Beda dengan teknologi ponsel sebelum munculnya smartphone. Penguna tidak terlalu memikirkan baterai di ponsel. Bila tersisa 1 bar, pasti tetap bertahan sampai pulang di rumah. Untuk smartphone, 1 bar adalah masa kritis power baterai.

Cara mengisi powerbank yang benar
Untuk mempertahankan powerbank bertahan lebih lama atau baterai tidak banyak mengalami drop. Bisa mengikuti tip dibawah ini.
  • Powerbank adalah perangkat dimana didalamnya terdapat komponen baterai. Powerbank adalah baterai juga. Disarankan tidak mengunakan powerbank sambil di isi lalu mengisi baterai smartphone secara bersamaan. Panas adalah masalah untuk baterai, termasuk menurunkan kemampuan powerbank sendiri
  • Tidak memaksakan mengisi baterai powerbank sampai penuh.
  • Overcharge secara perlahan dapat merusak isi baterai.

Test dari PCadvisor UK memberikan hasil powerbank yang dipasarkan di Inggris. Secara umum bila satu merek memiliki model powerbank yang baik, akan di ikuti oleh kapasitas lain yang berkualitas sama baiknya. Tentu tidak semua produk disana ada di Indonesia, tetapi dapat dijadikan referensi dalam memilih powerbank

Dibawah ini beberapa contoh hasil pengujian powerbank untuk baterai backup smartphone atau Powerbak dari PCadvisor UK. Contoh yang diambil adalah powerbank dengan nilai bintang 4 keatas.

Zendure A2 (4.5 Star) £33
Kapasitas 6000mAh, harga dan power seimbang. Memberikan power asli untuk perangkat sampai 4800mAh. Tingkat efisiensi powerbank sampai 80%. Pengisian 4 jam dan berat 137g.

Intocircuit Power Castle PC1300/PC1500 (4.5 Star) £26.99
Pawerbank ini memiliki 2 kapasitas dari 13A dan 15A, dilengkapi LCD. Kapasitas 13A dengan output efisiensi 9100mAh, dan 15A dengan output 10.500mAh. Harga lebih murah dan kapasitas lebih besar dibanding Zendure.

Powerbank Lumsing 140400 (4.5 Star) £21


Mengunakan baterai Samsung Grade A, dipastikan pemakaian untuk pengisian 500x. Salah satu merek powerbank dengan kualitas terbaik

Oneplus Powerbank (4 Star)  £13.99
Menyandang nama besar Oneplus. Kapasitas 10.000mAh, memiliki tingkat efisiensi lebih dari 80% untuk konversi DC ke DC. Sementara produk powerbank lain umumnya hanya mencapai 70% power efisiensi. Oneplus Powerbank mengunakan kapasitas baterai lithium 3100mAh. Memiliki total output 10W dari kedua port USB.

TP-Link Powerbank TL-PB10400 (4 Star) £25
Kemampuan hampir setara produk Lumsing 10.400mAh.  Diperkirakan kapasitas powerbank rill sekitar 7000mAh. Mampu mengisi smartphone iPhone 6s kapasitas baterai 1810mAh sampai 4x. TP-Link powerbank memiliki indikator lebih akurat dengan 4 lampu LED, setiap lampu mewakili 25% kapasitas baterai dan akan berkedip ketika powerbank sudah mencapai sisa kapasitas 10%.

Vinsic 20.000mAh (4 Star) £29.9
Disain ultra-slim, tapi berat mencapai 537g, indikator 4 LED. Powerbank ini memiliki tingkat efisiensi 70% dengan perkiraan ouput riil 14.000mAh

EC Technology YN-025 22400mAh (4 Star) £30.99
Mampu mengisi iPhone 10x. Kapasitas 22500mAh untuk baterai dengan efisiensi 70% atau kapasitas baterai riil 15680mAh. Kapasitas powerbank ini sangat besar, untuk mengisi dengan charger 2A, membutuhkan waktu 14-15 jam, bila mengisi dengan charger 1A membuthkan waktu nonstop pengisian selama 2 hari lebih

EasyAcc PowerBank PB18000 (4 Star) £22.99
Powerbank murah tapi bagus alias tidak murahan. Memiliki tingkat efisiensi 70% atau kapasitas baterai 18000mAh dengan output rill 12.600mAh. Masuk kategori powerbank Value dengan kapasitas baterai besar.

Doremi Mall Omaker S-X5 10000mAh (4 Star) £19
Merek ini sudah diperdagangkan di Amazon dengan beberapa produk lain selama 6 tahun. Memiliki 2 port 2.1A output power, dan harganya paling ekonomis. Kapasitas baterai 10.000mAh diperkirakan dengan kapasitas rill 6500-7000mAh.

Powerbank terbaik dari PCadvisor UK

Yang menarik dari test disini adalah nilai tertinggi diberikan untuk powerbank dengan tingkat efisiensi paling tinggi.
Rata rata powerbank memberikan efisiensi power dari DC ke DC 70%, tetapi yang terbaik dengan efisiensi 80%.

Apa yang menentukan sebuah kualitas powerbank

  • Kualitas sebuah powerbank ditentukan oleh kualitas baterai. Kualitas baterai lithium grade A memiliki daya tahan pemakaian dan kapasitas rill paling baik.Bila menyebut kapasitas baterai lithium yang dipakai 3000mAh maka kapasitas setiap rill sel baterai akan berada di 2900mAh. Walau cukup jarang produsen mengunakan baterai lithium dengan Grade A. Produsen dengan nama besar akan mengunakan baterai dengan grade tertentu. Alasannya lebih tahan lama, kapasitas yang terjamin, dan mereka akan mempertahankan produk yang baik sesuai merek yang mereka jaminkan. Tapi bukan label saja, baterai grade A memang lebih mahal. Kualitas baterai menentukan berapa kali baterai dapat di recharger, membuat pemakaian lebih lama, dan kapasitas baterai lebih baik. Hal ini akan menguntungkan pembeli
  • Tingkat efisiensi konvesi dari DC ke DC. Artinya perubahan energi baterai lihtium di dalam powerbank memiliki output 3,7V DC, dan harus di step-up kembali ke 5V DC sesuai power USB. Perubahan voltase tersebut akan membuang sebagian energi baterai. Hal tesebut yang dinamai tingkat Efisiensi. Tingkat efisiensi ditentukan oleh komponen sirkuit board. Tingkat Efisiensi cukup penting. Tetapi penguna tidak harus mengejar tingkat efisiensi terbaik saja, faktor harga dan ukuran perlu diperhitungkan. Misalnya 2 model powerbank dengan kapasitas berbeda 10.000mAh dan 15.000mAh ditawarkan dengan harga sama. Bila ukuran bukan pilihan utama, maka lebih baik mengunakan 15.000mAh. Karena secara kapasitas, kapasitas output lebih besar sampai 50%. Dengan 10.000mAh output riil powerbank mencapai 8000mAh (efisiensi 80%). Dan model lain yang kurang efisien 15.000mAh (efisiensi 70%) memiliki kapasitas riil 10500mAh. Masalahnya ukuran powerbank tentu akan lebih besar.
  • Kapasitas riil powerbank dapat diuji dengan berapa kali pengisian bagi sebuah smartphone. Atau bisa di uji dengan berapa lama sebuah powerbank di isi. Dengan asumsi mengunakan charger yang sama, dan sirkuit board yang dimiliki sama baiknya. Sebuah powerbank kapasitas 5000mAh membutuhkan waktu pengisian selama 5 jam, sedangkan model lain hanya 4 bahkan 3 jam sudah terisi penuh. Kemungkinan powerbank yang lebih lama mengisi, memiliki kapasitas baterai lebih baik dibanding powerbank yang lebih cepat penuh.
  • Harga bukan jaminan sebuah powerbank yang baik. Satu unit yang diuji oleh PCadvisor UK menyebutkan sebuah powerbank model tipis dijual £60. Tapi mendapat julukan Over Price atau terlalu mahal walau memiliki fitur khusus. Bila fitur dan harga bukan hal penting maka produk seperti ini bukan sebuah pilihan. Akan lebih baik mencari merek lain dengan kapasitas yang sama dengan harga lebih murah.

Dari sisi penguna

  • Memilih harga paling murah, sebaiknya dihindari. Dapat dilihat dari garansi produk menentukan kualitas produk itu sendiri.
  • Pilih kapasitas yang tepat, kapasitas powerbank besar artinya anda memiliki powerbank ukuran besar dan berat alias Bulky
  • Bila tertarik mengunakan output maksimum, gunakan konektor original. Karena power yang ditranfer akan lebih stabil. Khusus untuk powerbank dengan output besar, mencapai 1A 5V sebaiknya mengunakan kabel dan USB konektor yang baik.
  • Short circuit protection, dan Over charging protection adalah fitur penting pada sebuah powerbank. Bila memungkinkan memiliki fitur Temperature protection, karena dapat menghindari baterai lithium mencapai panas tertentu dan powerbank otomatis mematikan pengisian bila terjadi overheating.

Jangan lupa disain, berat, ukuran, dan kapasitas yang tepat akan lebih penting dibanding memilih sebuah powerbank dengan harga tertentu. Powerbank terlalu murah memang tidak menjamin sebuah kualitas powerbank yang baik. Tapi yang murah kadang memiliki kualitas yang baik, selama penguna bisa mendapatkan informasi tambahan dari penguna lain. Yang perlu di hindari adalah over-price. Harga terlalu mahal dapat saja sebagai marketing psikologi.