Galaksi NGC 6503 yang kesepian karena sendirian


Science | 11 June 2015

Alam semesta yang luas, tetapi galaksi berada dalam beberapa kelompok besar.

Atau ada galaksi tetangga yang letaknya tidak terlalu jauh. Jarak antar galaksi mencapai jutaan tahun cahaya.

Ada yang berkelompok, dan sebagian ada di bagian tepi yang sepi.

Tetapi galaksi yang satu ini memang kesepian, dinamai galaksi NGC 6503.

Sementara galaksi Bima Sakti memiliki galaksi tetangga Andromedia.

Galaksi NGC 6503 memang berada di tempat tersendiri dan tidak memiliki tetangga yang dekat.

Letak galaksi NGC 6503 berada 18 juta tahun jauhnya dari Bumi. Berada di konstelasi Draco (naga).

Ukuran galaksi NGC 6503 juga kecil, hanya 30 ribu tahun cahaya. Dibanding galaksi kita tinggal mencapai ukuran 100 ribu tahun cahaya. Bahkan Andromeda mencapai 200 ribu tahun cahaya.

Bentuk galaksi NGC 6503 memiliki tonjolan di bagian pusatnya, dan tidak terlihat gas halo besar. Diperkirakan disana terdapat lubang hitam yang kelaparan, dan tidak mendapatkan gas untuk lahap inti galaksi. Dan tidak ada gas yang terbentuk di sekitar galaksi.

Ketika gambar diambil oleh Hubble, bentuk lengan spiral galaksi terlihat begitu berwarna. Terdapat bentuk spiral dengan warna biru terang yang diartikan sedang terbentuk bintang baru. Debu berwarna coklat membentuk jalur di lengan galaksi.



Ilmuwan menyebut Lost In Space.

Mengapa galaksi ini disebut kesepian. Karena berada di daerah kosong yang membentang sampai 150 juta tahun cahaya. Pertama ditemukan pada tahun 1987

Galaksi NGC 6503 berada di wilayah Local Void atau wilayah yang sangat kosong di alam semesta.

Galaksi NGC 6503 yang kesepian dengan sebutan Lone in space

Secara umum lahirnya galaksi terbentuk akibat tabrakan galaksi generasi pertama.

Galaksi akan bertabrakan dan terus bergabung dengan galaksi di dekatnya.

Akibat tabrakan antar galaksi, ukuran galaksi akan semakin membesar. Kadang tabrakan antar galaksi menyebabkan penambahan gas yang bergabung di antara kedua galaksi. Bintang baru akan lahir walau memakan waktu jutaan sampai miliaran tahun.

Bila sebuah galaksi tumbuh tapi di sekitar dirinya tidak ada lagi galaksi lain. Cepat atau lambat galaksi tersebut kehilangan kemampuan untuk melahirkan bintang baru. Walau saat ini galaksi NGC 6503 masih terlihat muncul bibit bintang. Kedepan kemungkinan galaksi ini akan redup lebih awal dan akhirnya menjadi galaksi yang tidak aktif.

Berita terkait
Radiasi sinar X ditemukan di tengah galaksi Bima Sakti. Sebuah bintang S2 bergerak sangat cepat mengorbit ke lubang hitam. Mencapai 3% kecepatan cahaya. Tahun 2020 ada 2 bintang lain juga bergerak lebih cepat lagi, bintang S6 dan bintang 4714 lolos dari lubang hitam dan bergerak lebih cepat melintas dekat lubang hitam

Galaksi MAMBO-9 memecahkan rekor baru yang dapat di amati oleh astronom. Karena jaraknya dari Bumi dan mendekati 13 miliar tahun cahaya, dan salah satu galaksi terjauh yang dapat diamati. Kalau ditanya seperti apa jarak itu. Usia alam semesta 13,7 miliar tahun, tepatnya baru 970 juta tahun setelah alam semesta lahir.



Globular Cluster NGC 2108 adalah lokasi dimana banyak bintang lahir bersamaan dan berkelompok di satu tempat di sekitar galaksi kita. Tapi kelompok bintang ini berada di bagian LMC atau satelit galaksi mini. Dengan jarak 150 ribu tahun cahaya dari Bumi. Memperlihatkan bintang berwarna merah dengan bahan karbon.

Pergerakan orbit bintang di galaksi yang berbeda antara bintang kuning dan biru. Secara umum bentuk galaksi dibagi dua, galaksi spiral dengan lengan dan galaksi elips yang terlihat bundar. Galaksi spiral, akan tampak berwarna kebiruan yang menandakan di galaksi tersebut lebih memunculkan cahaya bintang yang baru.

Mengunakan teleskop paling kuat Hubble, melihat 2 galaksi yang dempet. Letaknya 500 ribu tahun cahaya dari Bumi. Disebut galaksi IRAS 06076-2139, keduanya saling berpaspasan alias saling melintas berdekatan dengan kecepatan 2 juta km perjam.

Galaksi GN-z11 menjadi galaksi terjauh yang diumumkan oleh badan antariksa Eropa ESA. Usianya diperkirakan hanya 400 juta tahun setelah terjadi Big Bang. Mengalahkan rekor terjauh galaksis Galaksi EGSY8p7 yang mencapai 600 juta tahun setelah terjadi Big Bang.

Para ilmuwan telah mengambil gambar paling jauh dengan foto X-Ray. Ada sebuah tempat terlihat seperti ledakan sinar X, tetapi jauhnya mencapai 10,7 miliar tahun cahaya dari bumi. Diperkirakan sumber tersebut berasal dari sebuah galaksi.



Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Dengan teleskop Alma, astronomi dapat melihat pembentukan formasi gas sebelum menjadi galaksi. Usia foto yang diambil ini mencapai 800 juta tahun sebelum terjadinya alam semesta (big bang). Begitu jauhnya, gas asal mula pembentukan galaksi memiliki cahaya kemerahan.

Disebut kelompok galaksi Hickson Compact Group, disana terdapat 4 galaksi yang saling berdekatan. Bahkan ke 4 galaksi tersebut saling mempengaruhi, lalu apa yang terjadi disana. Satu galaksi baru saja bertabarakan dan membentuk pola tidak biasa, 2 lainnya saling tarik menarik.

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Sekitar 6 galaksi yang diabadikan fotonya oleh teleskop Hubble dengan ukuran seperti Bima Sakti. Mereka bertemu selama 6 miliar tahun. Jarak galaksi tersebut berada 4 miliar tahun dari Bumi.

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Galaksi NGC 1291 terletak 33 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki keunikan dengan cahaya yang tampak seperti cincin atau halo. Karena bintang yang usia muda baru terbentuk dan muncul dibagian luar galaksi. Mengapa bintang disana sampai membuat pola seperti cincin.




No popular articles found.