Berapa harga SSD 128GB sekarng. Produsen notebook hanya membeli seharga $50an saja. Karena SSD sudah turun di pertengahan tahun ini. Bahkan 256GB juga anjlok $90.

Tahun 2014, SSD 128GB masih mencapai $77, dan 128GB mencapai $148 perunit. Tetapi dari kuartal ke kuartal tahun ini, harga SSD mulai turun stabil. Sampai Juni lalu, harga SSD turun 25%.

2 komponen penting di SSD adalah biaya produksi chip NAND dan komponen lain seperti controller untuk membaca tulis memory. Kedua teknologi, sekarang SSD dapat di produksi dengan TLC yang lebih murah dibanding chip MLC. Perpindahan produk dari MLC ke TLC membuat biaya produksi turun 20%. Demikian dengan harga controller juga turun sekitar 30%.

Hal lain yang membuat produksi SSD lebih murah adalah komponen wafer silikon. Bila SSD dibuat denagn teknologi 16nm akan lebih murah dibanding karena bahan yang dipakai lebih sedikit. Bila produsen notebook mulai banyak menawarkan SSD sebagai storage, tidak perlu kaget dengan harganya.

Dengan storage SSD, setidaknya penguna tidak terlalu khawatir terhadap goncangan yang merusak seperti pemakaian harddisk. SSD tetap aman menyimpan data, asalkan computer dipakai setidaknya satu kali seminggu untuk mengisi baterai di dalam SSD.

Harga Jual SSD 128GB sekitar $50

Desember 2016
Data DRAMeXchange memperlihatkan harga chip NAND Flash naik hampir 20% selama kuartal 3 tahun ini. Diperkirakan harga SSD akan terus naik, mengikuti permintaan yang meningkat menjelang liburan.
Mengapa harga SSD naik di akhir tahun 2016. Karena suplai chip berkurang dan secara tiba tiba kebutuhan meningkat. Membuat pabrik SSD harus menaikan harga karena harga komponen utama chip NAND Flash meningkat.
Bulan lalu, Acer batal mengirim notebook Swift 7 dengan disain tipis dan procesor terbaru Kaby Lake, karena terbatasnya stock SSD