Penjualan computer desktop masih rendah, membuat Intel agresif menawarkan mini PC sebagai penganti PC. Diharapkan dapat meningkatkan penjualan PC baru. Gigabyte dan ECS, keduanya lebih dahulu menawarkan mini PC yang disebut NUC - Next Unit Computing. Tapi diawal penjualan juga rendah, karena harganya relatif lebih mahal.

Sekarang pertumbuhan mini PC NUC terus berkembang. Asustek, MSI, Asrock dan Zotac ikut menawarkan produk yang sama. Pastinya pasar akan kembali memanas dengan tampilnya 6 produsen di pasar NUC.

Ketika penjualan perangkat mobile memberikan dampak kurang baik bagi penjualan computer dan notebook. Disisi lain muncul produk All in One PC dimana seluruh unit disatukan dalam satu perangkat. Sebuah PC hanya tampak sebuah layar LCD, sedangkan PC kecil dimasukan di bagian belakang panel monitor. Penjualan All in One PC lebih baik dibanding PC dan notebook.


Intel sendiri sedang mendorong penjualan NUC Intel dari merek sendiri. Dan bekerja sama bersama Gigabyte dan ECS untuk memperluas pasar NUC.

Model Gigabyte Brix dan ECS Liva saat ini sedang agresif ditawarkan produsen. Untuk performa dan promosi terlihat membantu vendor mencapai pasar Eropa dan Amerika Utara. Keuntungan penjualan NUC juga memberikan keuntungan lebih baik, mencapai 20% bagi produsen.
ECS diperkirakan dapat mengirim 200 ribu unit mini PC tahun ini.

Pasar lain juga ikut bermain di mini PC adalah HP dan Synnex. Keduanya melangkah masuk ke pasar mini PC. Sementara Asustek lebih mempromosikan produk VivoMini untuk kelas perusahaan.
Asrock mengunakan model BeeBox dan MSI baru menyiapkan mini PC baru dengan model Cubi. Untuk pasar global saat ini ada 2 merek terbesar yaitu Asustek dan Gigabyte akan bersaing pada produk yang sama.

Semakin banyak produsen menawarkan mini PC, Intel tidak tinggal diam dan terus membuka pasar mini PC. Intel mulai mengundang produsen asal China untuk bergabung memproduksi mini PC.

NUC PC itu apa
Lalu untuk apa mini PC tersebut. Mini PC atau NUC adalah computer yang dibuat lebih kecil dari computer desktop. Untuk procesor dapat mengunakan tipe procesor menengah ke bawah yang tidak memerlukan power besar dan pendingin fanless. Disainnya sebuah computer kecil, tidak memakan power besar bahkan hanya memerlukan ekternal adaptor seperti notebook.
Adaptor ekternal mengunakan power 12V sampai 19V, mirip seperti power untuk notebook.

Atau dengan kata lain NUC adalah computer dimana board notebook dipasangkan ke dalam sebuah kotak kecil. Mengandalkan kecepatan internal grafik dari procesor, dan ruang terbatas untuk penambahan perangkat, tapi sedikit lebih baik dibanding sebuah notebook.

Disainnya sangat beragam, dari procesor kecepatan rendah yang cocok browsing serta nonton video. Sampai procesor kelas menengah yang bisa dimainkan game lebih rendah. NUC sebenarnya lebih terbatas dari sebuah notebook. Dimana notebook memiliki layar LCD, Optical Drive dan ethernet.

Penguna NUC harus membeli LCD monitor keyboard dan mouse terpisah, karena ukuran lebih kecil dari notebook maka ruang hanya cukup untuk 1 atau 2 storage harddisk ukuran 2,5 inci. NUC lebih memudahkan untuk mereka yang biasa mengunakan PC, dengan keuntungan lebih hemat power.

Bagi pembeli, ada baiknya melihat kebutuhan perangkat dengan NUC. Hal yang perlu dipertimbangkan seperti kebutuhan RAM, storage, dan terpenting adalah procesor. Karena beberapa produk NUC menawarkan tipe procesor low power yang kemampuannya sangat terbatas.
Tahun 2015 setidaknya akan tampil NUC model baru. Dengan procesor Braswell atau procesor lebih kuat dari produk procesor Intel.