Google Photo akan terpisah dari Google+. Apa yang menarik dari aplikasi Google Photo.

Google Photo versi 2.0, diberikan Sort picture, simple head pada album foto.

Aplikasi Google Photo untuk Android dapat di download di Google Play Google Photo


Juni 2017
Bila anda pengila foto, dan ingin memasukan foto dalam album di Google Photo.
Google baru melepas batas jumlah 2000 foto maksimum di album.
Aturan ini mungkin tidak banyak yang mengetahui, tapi dari pengalaman ketika memasukan 2000 foto di satu folder album. Akan ada pesan foto sudah mencapai 2000.
Sekarang aturan tersebut tidak ada lagi, karena seorang penguna Google Phone mencoba memasuk 3300 foto dan tidak muncul pesan error atau batas yang ditentukan.

April 2017
Camera optic dan elektronik stabilizer menjadi standar camera smartphone untuk menghindari gambar blur karena camera goyang. Update terbaru Google Photo ditambahkan fitur khusus untuk mencegah camera mengambil gambar goyang, termasuk fitur foto dan video.
Fitur tersebut dapat ditemukan dengan menekan bagian pensil ikon, proses akan berlangsung lebih lama, mungkin 2x dari waktu biasanya.
Setelah proses selesai, akan muncul tombol stabilizer dan Google Photo akan menduplikasi hasil video / foto asli dan yang di edit.
Di dalam fitur Google Photo terbaru ada yang disembunyikan oleh aplikasi. Austin Mystery Feature, tertanam di dalam kode aplikasi untuk terintegrasi dengan Google+
Update aplikasi ini diberikan untuk versi Google Photos 2.13.+

Google Photo dengan internal stabilizer software April 2017

Mei 2016
Google Photos digunakan 200 juta user. Setelah diluncurkan Mei 2015 lalu, user Google Photo memasukan 1,6 miliar animasi, video dan lainnya. Sektiar 24 miliar foto adalah foto selfie
Di Google Photos user dapat menyimpan foto sampai 13,7 PB atau setara 13.700 TB storage.

Maret 2016
Google Photos dengan Smart Album otomatis. Bila suka berjalan jalan, mengambil banyak foto dan video selama perjalanan. Sekarang tidak perlu lagi mengatur foto yang di upload ke Google Photos.
Google Photos akan mengatur sendiri berdasarkan waktu, perjalanan, menambah peta dan lainnya. Aplikasi Google Photos Smart Album diberikan untuk Google Photos berbasis web, Android dan iOS.

Cara kerja Smart Album dapat dilihat dibawah ini. Informasi dari Google+ Google Photos

Google Photo Smart Album mulai Maret 2016



Update Desember 2015
Google Photos sekarang bisa berbagi album foto. Foto yang akan di bagikan dimasukan ke satu nama (album) lalu link dikirim ke teman lain.
Setelah teman atau saudara melihat koleksi foto. Yang menerima link album foto dapat ikut menambah foto yang dimiliki. Akhirnya pengirim pertama dapat melihat foto teman yang menambahkan.
Jadi semua orang yang menerima dapat menambahkan foto bersama dan dilihat bersama sama.

Cara share foto dari Google Photos dapat dilihat pengumuman tim Google Photos dari Youtube



Update November 2015
Google Photo, Setting Free Up Space. Foto di smartphone Android akan dibackup ke Google Photo. Bila file foto di memory storage di hapus, maka file foto tetap aman berada di storage Google. Aplikasi Google Photo akan menanyakan dua kali untuk konfirmasi fitur Free Up Space
Aplikasi Google Photo dengan setting baru tersebut tersedia di versi1.9

Google Photo Free Up Space

Update Oktober 2015
Setelah foto di Google+ di satukan dengan layanan Google Photos. Bulan Oktober 2015 Google Photo digunakan lebih dari 100 juta user (setelah 5 bulan diumumkan). Masih kalah dibanding Instagram yang mencapai 400 juta user. Tapi Google Photo adalah layanan penyimpan foto dengan resolusi gambar lebih tinggi.
Contoh halaman Google Photos sekarang bisa dilihat di link ini

Update Agustus 2015
Google memenuhi kebutuhan dari user untuk layanan Google Photo. merubah disain albim cover dan menghilangkan hasil pencarian yang tidak akurat dari fitur Search. Tambahan adanya forum komunitas produk.

- Change the timestamp of your photos
- Reorder your photos in an album

Google Photo dibuat terpisah dari Google+

Update Juli 2015
Informasi Anil Sabharwal
Layanan darir Google+ tidak berpengaruh untuk foto dan video. Penguna Google+ tetap dapat berbagi atau memberikan kesempatan kepada follower dan berkomentar di halaman media sosial Google+.
Semua foto, video, album yang sudah dibagikan di Google+. Termasuk posting, komentar dan lainnya tetap ada. Tapi untuk melihat foto sudah digabung di halaman profile Photo pemilik account.
Google+ Photo pada bulan Agustus 2015 akan digantikan dengan Google Photo di halaman utama.

Google Photo akan fokus untuk manajemen yang pintar, lebih mudah dan tampilan yang mudah digunakan.
Untuk create tidak hanya foto dan album foto saja, dapat dibuat seperti kategori Movie, Story, Animation, serta fitur foto filter dari Google
Google Photo akan tersedia untuk smartphone Android.

Bagi mereka yang suka fotografi, sekarang kesempatan memiliki koleksi foto high res sampai 16MB dan dapat disimpan gratis di Google Photo.

Google Photo dibuat terpisah dari Google+

Upload Google Photo
Google+ Photo akan memberikan layanan gratis tanpa batas (Unlimited). Kualitas foto sampai 16 Mpix dan video sampai 1080p. Memberikan data foto yang mudah di sortir berdasarkan waktu upload atau data tanggal. Dimasukan dalam album foto dan tampil dalam satu layar seperti smartphone atau browser.

Layanan Google+ Photo akan menjadi tandingan layanan FlickR yang menawarkan upload foto ukuran besar. Hanya foto yang disimpan diberikan dengan kuota. Di Google Photo hanya dibatasi sampai 16Mpix, dan foto bisa di upload unlimited.

Dibawah ini tampilan Google+ dari browser computer

Google+ Photo dari Browser computer

Perbedaan antara foto yang di upload ke Google Photo bulan Mei dan foto sebelumnya
Contoh berbedaan foto di Google Photo
  1. Gambar pertama, dengan resolusi 16Mpix lebar foto mencapai 4928x2772 di upload bulan Mei setelah Google memberikan layanan menyimpan foto tanpa batas (unlimited).Gambar foto dengan lebar layar 3000 pixel. terlihat bisa di zoom di browser sampai penuh.
  2. Pada gambar kedua (dibawah), sebelum diberikan Unlimited oleh Google Photo. Resolusi foto yang di upload masih terbatas sampai batas 2048 pixel

Google Photo Maximum upload 16Mpix

Selanjutnya setting aplikasi Google Photo untuk Smartphone dan Computer Windows Auto Backup dan Sync