Planet CFBDSIR2149 tanpa memiliki mataharinya memang ada


Kategori : Science | Date : 14 November 2012

Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya. Planet CFBDSIR2149 ternyata sendirian mengambang diantara gugus bintang AB Doradus

Sebesar apa CFBDSIR2149. Peneliti memperkirakan ukurannya antara 4-7x dari planet terbesar Jupiter di tata surya kita. Planet CFBDSIR2149 mengambang bebas begitu saja. Planet seperti ini memang ada, tetapi yang jaraknya paling dekat dengan bumi hanya si planet CFBDSIR2149.

Peneliti mengatakan juga kalau CFBDSIR2149 sebenarnya menjadi bintang yang gagal. Karena tidak memiliki kekuatan untuk memicu seperti fusi nuklir agar bisa bersinar. Umur CFBDSIR2149 diperkirakan sudah berusia 50 sampai 120 juta tahun dengan suhu udara 400 derajat Celcius.

Philippe Delorme dari institut planetologi dan astrofisika mengatakan planet ini penting. Karena bisa membantu dalam mempelajari bagaimana sebuah planet bisa keluar dari tata suryanya sendirian. Planet CFBDSIR2149 diperkirakan keluar dari garis tata suryanya sendiri, dan melayang sendirian di ruang angkasa.

Gambar ilustrasi planet CFBDSIR2149 dibawah ini.

CFBDSIR2149 Planet


Mengirim barang dan astronot ke pesawat ISS setidaknya membutuhkan waktu 2 hari. Dari peluncuran, mulai mendekat, merapat dan docking. Kali ini lebih cepat. Pesawat Soyuz Progress 70 hanya membutuhkan waktu 4 jam, mengalahkan rekor Soyuz 34 di tahun 2013.

Tugas Kepler berlanjut dengan Mission K2, sebentar lagi akan berakhir. Setelah menemukan 2.245 exoplanet, Nasa mengumumkan bahan bakar teleskop mencapai titik terendah. Artinya tidak akan lama misi berakhir. Agustus misi ke 19 mungkin misi terakhir.

Diharapkan lintasan asteroid tidak bergeser. Asteroid99942 apohis memiliki lebar sekitar 370 meter. Asteroid Apophis mengambil nama dari bahasa mitologi Mesir atau sebagai setan. Ditemukan tahun 2004 dan bila melenceng maka bumi selamat tapi mengarah ke bumi menjadi bencana.



Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet . Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Bila tinggal di Gliese 667c, mataharinya besar sekali. Update dengan planet Gliese 581g pertama kali di temukan setelah ditliti lebih lanjut ternyata tidak ada. Hanya 3 planet yang sudah di konfirmasi memang ada di tata surya Gliese 581



Menurut peneliti NASA, 2 galaksi Milky Way atau Bima Sakti dan Andromeda memang berdampingan.Tetapi terjadinya tidak sekarang, sekitar 4,696 milyar tahun lagi. Simulasi dari ICRAR. Lalu manusia mau pergi kemana.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Ada ada saja rekaan gambar dari Ron Miller. Membuat ilustrasi bila Bumi memiliki ring seperti Saturnus. Cincin di Saturnus adalah debu yang gagal membentuk bulan

Berapa biaya mengirim satelit ke ruang angkasa, biayanya sekitar 50 juta dollar. Satu perusahaan asal Swiss atau disebut Swiss Space Systems (S3) menawarkan seperlima dari biaya pengiriman dengan roket konvensional. Hanya 10,6 juta dollar saja

Sekitar tanggal 15 Februari ada sebuah asteroid akan melintas bumi, bahkan berada dilintasan antara bumi, bulan dan satelit.  Lebar asteroid tersebut sekitar 50 meter. Asteroid dengan nama DA14 melintas dalam jarak 33 ribu km dari bumi.



Eder Ivan seorang astronom mengabadikan posisi planet Venus dan bulan hampir segaris. Dengan camera digital model lama Nikon Coolpix 4300 ditambahkan teleskop 30mm merek TMB 130/780. Posisi pengambilan ada di Budapest Hungaria pada tahun 2004.

Cumi cumi raksasa Elusive atau Giant Squid tertangkap oleh camera pertama kali. Ukurannya jauh lebih besar dibanding cumi di pasar. Gambar tertangkap camera kapal selam Jepang yang melakukan eklorasi dibawah laut. Tetapi video tersebut baru dirilis ke publik ketika si Sotong gede itu menyerang kapal selam mini.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

Kalangan radio amatir sering menangkap suara tersebut, baru diketahui asalnya. Akhirnya ditemukan sumbernya saat ini.

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

NASA mengumumkan penemuan dari teleskop Hubble minggu lalu. Ada 2 gugus bintang dalam proses pengabungan atau bertabrakan. Keduanya berjarak 170.000 tahun cahaya. Ditemukan di nebula Tarantula atau dikenal sebagai 30 Doradus dalam sebuah awan Magellan besar.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.


No popular articles found.