Astronom baru mendapatkan sebuah planet nakal dan ditulis di Science.Time. Karena planet ini tidak memiliki bintang atau matahari. Biasanya susunan planet akan mengelilingi sebuah bintang yang bercahaya. Planet CFBDSIR2149 ternyata sendirian mengambang diantara gugus bintang AB Doradus

Sebesar apa CFBDSIR2149. Peneliti memperkirakan ukurannya antara 4-7x dari planet terbesar Jupiter di tata surya kita. Planet CFBDSIR2149 mengambang bebas begitu saja. Planet seperti ini memang ada, tetapi yang jaraknya paling dekat dengan bumi hanya si planet CFBDSIR2149.

Peneliti mengatakan juga kalau CFBDSIR2149 sebenarnya menjadi bintang yang gagal. Karena tidak memiliki kekuatan untuk memicu seperti fusi nuklir agar bisa bersinar. Umur CFBDSIR2149 diperkirakan sudah berusia 50 sampai 120 juta tahun dengan suhu udara 400 derajat Celcius.

Philippe Delorme dari institut planetologi dan astrofisika mengatakan planet ini penting. Karena bisa membantu dalam mempelajari bagaimana sebuah planet bisa keluar dari tata suryanya sendirian. Planet CFBDSIR2149 diperkirakan keluar dari garis tata suryanya sendiri, dan melayang sendirian di ruang angkasa.

Gambar ilustrasi planet CFBDSIR2149 dibawah ini.

CFBDSIR2149 Planet