Game Minecraft terinfeksi scareware


Kategori : Security | Date : 25 May 2015
Diperkirakan jutaan perangkat Android dapat terinfeksi Malware dari game Minecraft. Sejak Agustus 2014 lalu, game Minecraft menjadi game populer. Hanya beberapa aplikasi ada yang menawarkan sebagai Cheat, aplikasi tersebut kabarnya sengaja di infeksi oleh pembuatnya.

Data dari peneliti Eset Lukas Stefanko, sekitar 30 aplikasi lebih yang berhubungan dengan game Minecraft sudah di install oleh 600 ribu user lebih.
Aplikasi yang mereka instal sebenarnya aplikasi palsu, dan tidak seperti janji dari keterangan yang ada. Aplikasi juga menampilkan banner iklan dengan peringatan "Dangerous Virus" lalu memberikan instruksi kepada penguna untuk membuang virus.

Sayangnya pesan tersebut adalah peringatan palsu.  Bila di click, aplikasi security dengan nama G-Data Mobile Security akan mengaktifkan SMS premium dari smartphone. Biaya yang akan dikenakan sekitar 4,8 euro perminggu.

Malware ini masuk kategori Scareware. Pembuatnya sengaja mengirim file yang tidak berguna tersebut dengan nama pengembang berbeda beda. Peneliti ESET mengatakan, kemungkinan sumber aplikasi tersebut berasal dari sumber yang sama.
Beberapa aplikasi sudah di download sampai 100.000 sampai 500.000 kali. Bila ditotal, sekitar 33 aplikasi scareware berbeda disebarkan oleh pembuatnya. Google sudah menghapus aplikasi berbahaya, tapi bisa saja aplikasi sejenis seperti diatas dapat muncul kembali.


Hati hati mengunakan aplikasi Android yang aneh dari Google Play

Berita terkait
Aplikasi bodong alias bohong terkadang muncul di Google Play. Ada aplikasi yang dapat membuat camera smartphone tembus pandang, ada lagi yang menjual antivirus bodong alias bohong. Januari 2019, hati hati dengan aplikasi GPS, ternyata ada yang palsu juga. Sampai di download 10 juta kali

Situs bajakan lebih umum memasang iklan untuk mendanai biaya operasi. Kembali mengaktifkan script menambang cryptocurrency. Kali ini pengunjung ke situs tidak diberitahu.



Situs Xtube sebagai situs dewasa malah mengarhkan ke situs lain yang berbahaya. Situs tersebut bukan memberikan informasi apakah pengunjung mau melihat situs lain. Tapi langsung di masukan di dalam kode halaman website mereka.

Satu trojan menyerang perangkat Android , disebut PowerOffHijack. Ketika smartphone di off, dan layar terlihat off sebenarnya tidak off. Smartphone tetap berjalan seperti biasa. Munculnya animasi smartphone sedang off, lalu Trojan mulai bekerja dengan hal yang tidak biasa.

Hati hati memgambil file di Download.com, situs ini makin tidak aman. Khususnya untuk download 10 top aplikasi. Howtogeek memeriksa file yang mereka download, dan mendapat peringatan dari antivirus.

Apakah computer sudah dilengkapi antivirus, ok computer anda akan aman. Walau antivirus gratis, setidaknya bisa menditeksi serangan yang masuk baik dari email, browser dan lainnya. Bagaimana ciri computer terkena virus. Ada beberapa hal yang terlihat.




No popular articles found.