Open Source software gratis mengapa diminati


Software | 21 May 2015

Pernah mendengar proyek Open Source, software atau source code program diberikan gratis walau tidak semuanya gratis. Mengapa mereka yang pintar membuat software mau memberikan program gratis ke penguna internet.

Membuat program bukan hanya menjadi produk software atau code program gratis, seorang programmer harus ahli, dan membutuhkan waktu serta tenaga dalam pengerjaannya. Sementara aplikasi Open Source tidak memberikan keuntungan buat mereka. Tunggu dulu, jangan menganggap pembuat aplikasi gratis tidak menguntungkan bagi programmer. Karena ini salah satu batu loncatan ke tempat lain.

Banyak programmer menengah mencari proyek yang dianggap menarik dan mereka dapat tampil dengan membuat perbedaan. Keuntungan membuat program gratis dapat memberikan manfaat bagi programmer sendiri , khususnya untuk meningkatkan keahlian. Bila terdapat bug dari aplikasi gratis yang mereka buat, dan orang lain yang mengunakan aplikasi juga akan melaporkan masalah secara gratis ke pembuatnya. Pembuat program bahkan satu tim pembuat program tidak perlu repot mencari masalah sepele dan membuang waktu untuk menemukan masalah di aplikasi mereka. Karena dibantu oleh penguna dari software yang mereka buat yang akan melaporkan bila terjadi masalah. Bagi pelajar atau programmer pemula mendapatkan pengalaman berharga tanpa resiko, alias kan ini gratis, kalau masalah jangan marah dong.

Bahkan bagi mereka yang pemula, atau baru belajar program satu tahun bahkan mereka yang belajar sendiri dirumah. Dapat memberikan kontribusi kepada proyek Open Source dan menjadi salah satu cara untuk belajar program lebih cepat.

Disisi lain dengan nama anda yang membanggakan di internet. Jika seorang sudah memberikan kontribusi maka hasil karyanya akan tercatat dan bisa dijadikan referensi seperti pengalaman kerja sendiri. Ini yang menarik, khususnya keahlian dalam membuat program dan nama si pembuat program ikut terkenal di internet. Khususnya sebuah karya besar akan tercatat sebagai programmer yang baik. Jadi semakin banyak berkontribusi, merupakan cermin yang baik buat pembuat program.
Prestasi programmer sama seperti bidang lain. Dapat kita lihat dari artis akan menunjukan portofolio mereka. Atau fotographer dapat menunjukan hasil karyanya kepada klien baru.

Salah satu karir di dunia progammer dapat dilakukan dari cara diatas. Termasuk bila seorang programmer mampu memberikan kontribusi seperti menemukan bug program. Mereka dapat membantu dan mengirim masalah yang ditemukan ke pemimpin pembuat aplikasi Open Source. Proses penemuan bug yang ditemukan programmer akan lebih cepat diterima oleh tim Open Source lain.

Tetapi berbeda kasusnya bila anda menemukan masalah di aplikasi resmi, dan mengirim pesan penemuan anda ke perusahaan pembuat software resmi. Prosesnya akan berbulan bulan bahkan tahunan baru mereka mendengar anda.
Kecuali Google akan memberikan hadiah yang tidak sedikit senilai penemuan kelemahan yang ada di aplikasi Browser Google Chrome. Khususnya bug yang sangat berminal di browser Google Chrome hadiahnya bikin geleng kepala.

Bagi penguna aplikasi Open Source dapat menjadi kontribusi dalam dana. Biasanya pembuat software membuka sumbangan ala kadarnya, seperti $10. Itupun bila penguna aplikasi sangat menyukai dan menghargai apa yang telah mereka buat. Uang tersebut mungkin tidak berarti banyak bagi pembuat software, tapi membantu meringankan mereka dalam pendanaan setelah pekerjaan mereka selesai.

Open Source software gratis mengapa diminati



Jangan menganggap sepele dari kemampuan aplikasi Open Source atau software gratis. Kadang beberapa aplikasi bahkan lebih baik, lebih ringan bahkan lebih tepat  guna dibanding aplikasi berbayar. Hanya biasanya software gratis memiliki kelemahan pada tampilannya yang kurang menarik

Contoh aplikasi yang lebih baik dari software resmi, tapi diberikan gratis
IMDisk untuk membuat RAM anda computer menjadi virtual drive. Jauh lebih berguna, jauh lebih baik dibanding aplikasi buatan perusahaan. pengembang resmi. Walau aplikasi tersebut hanya berukuran beberapa MB saja. Fungsinya sangat jelas dan pengunaanya jauh lebih mudah.

MPEG StreamClip, sebuah aplikasi memotong file video tanpa merubah isi file alias file video yang dipotong tetap seperti aslinya. Anda boleh mencari aplikasi untuk memotong video seperti ini. Sejauh percobaan yang kami lakukan belum mendapatkan software yang sangat mudah tersebut untuk memotong file video MP4

Berita terkait
Software Handbrake. Update terbaru sudah menambah fitur konversi codec H.265 untuk video di kompres lebih kecil tanpa menurunkan kualitas video. Menambah Quick Sync proses encoding video.Atau mengunakan StaxRip bagi penguna VGA Nvidia.

Microsoft diam diam melakukan update di Windows 7 dan Windows 8, agar user bisa upgrade ke Windows 10. Akan muncul Icon Windows 10 di layar desktop. Bagaimana bila penguna Windows lama tidak mau ke Windows 10, dapat dimatikan dengan GWX Control Panel



Cara cari Ponsel Android bila lupa ditaruh dimana, atau smartphone hilang dan mungkin terselip. Bagaimana mencari ponsel yang hilang. Cukup buka browser dan ketik Google.com. Tunggu 5 menit dan Google akan memberitahu dimana posisi terakhir serta membunyikan smartphone anda. Update

Droid Over Wifi Pro untuk tranfer download dan upload file dari smartphone Android ke computer via browser. Versi gratis dapat di install untuk OS Android 2,3+, sedangkan versi Pro hanya OS Android 4.0. Yang menarik dari aplikasi ini dapat melihat ukuran file




No popular articles found.
< /body>