Nebula Tarantula ada apa disana apakah hanya berisi gas dan debu


Kategori : Science | Date : 29 July 2018
Nebula Tarantula memiliki nama 30 Doradus atau NGC 2070, dan masuk di area Large Magellanic Cloud - MLC.

Benda di ruang angkasa ini ada di tepi galaksi Bima Sakti. Jaraknya cukup jauh mencapai 160 ribu tahun cahaya, dibanding lebar galaksi kita mencapai 100 ribu tahun cahaya.

Benda yang seperti kabut ini sangat mudah terlihat dari bumi. Disebut juga sebagai satelit galaksi, atau galaksi kecil pendamping.

Nebula disebut juga kumpulan gas hidrogen dan helium serta gas yang terionisasi. Pembentuknya Nebula bisa terjadi dari  :
  • Bintang yang meledak disebut Supernova, nantinya akan membentuk nebula sebagai sisa gas yang menyebar dari bintang meledak.
  • Nebula juga terbentuk dari material di ruang angkasa, dari akumulasi gas dengan jumlah sangat besar. Dan suatu hari dapat membentuk bintang atau proto bintang.
Salah satu tempat di LMC disana adalah nebula Tarantula sudah terbentuk puluhan juta tahun lalu. Dahulunya hanya memiliki unsur gas dan debu di antariksa. Karena gas disana mulai terakumulasi (terkumpul dan memadat), dimulai pembentukan bintang baru atau proto bintang.

Dimana letak nebula Tarantula, bisa dilihat dibawah ini. Posisinya dibawah garis bintang galaksi Bima Sakti. Nebula Tarantula berada di dalam MLC atau satelit galaksi kecil yang terlihat pada arah panah. Disampingnya dinamai SMC (Small)

Letak nebula Tarantula

Bila bisa menemukan kedua satelit galaksi diatas. Isi disana seperti gambar dibawah ini

Melihat lebih dekat Nebula Tarantula

Di dalam nebula Tarantula tidak seperti tampak gambar diatas. Di dalam debu dan gas ini sedang muncul bintang baru atau protostar. Terlihat titik kecil putih, dan cahaya tersebut adalah bintang baru.

Melihat isi Nebula Tarantula



Dr Joe Liske mengatakan disana terdapat kandungan gas sangat besar.

Dan bintang banyak terbentuk, tetapi untuk melihat bentuk dibawah ini dibutuhkan teleskop ukuran besar seperti teleskop observasi seperti teleskop Hubble. Nebula Tarantula adalah bagian dari LMC, dan nebula ini paling aktif membentuk bintang baru setelah nebula Orion

Lebih detil isi dari nebula Tarantula

Dari artikel Nasa terdapat grup bintang atau Super Star Cluster R136. Satu grup bintang yang sangat banyak, dan beberapa bintang disana memiliki ukuran 100 kali lebih besar dari matahari. Dan diperkirakan terdapat 200 bintang besar dari total 800 ribu jumlah bintang.

Bila sebuah bintang sedang terbentuk, apakah ada planet akan muncul disana. Seperti tata surya kita, planet mengitari sebuah bintang. Bila bintang baru muncul, besar kemungkinan akan lahir planet baru di kemudian hari. Seperti gambar dibawah ini adalah proto star dalam pembentukan, nantinya juga membentuk planet di sekeliling bintang. Entah kapan planet akan mengitari sebuah bintang baru nantinya.

Lebih detil isi dari nebula Tarantula


Peneliti melakukan pengamatan dari Nasa. Mengunakan spektrum UV, dapat terlihat di daerah R136. Salah satu yang terbesar adalah bintang R136a1, dimana sebuah bintang raksasa yang muncul disana dengan ukuran 250x lebih besar dari Matahari.

Ada perkiraan munculnya bintang monster tersebut disebabkan gabungan dengan bintang yang lebih kecil. Dimana dahulunya muncul bintang biner, dan menjadi satu menjadi bintang lebih besar.



Bintang R136a1
Salah satu bintang raksasa R136a1atau nama lain RMC 136a1, terletak 163 ribu tahun cahaya dari Bumi. Dan berada di nebula Tarantula.
Dan disekitar bintang tersebut masih ada 200 bintang yang sangat terang lainnya.

Bintang R136a1 memiliki ukuran 315 kali lebih besar dari massa matahari. Walau besar, peneliti Paul Crowther dari universitas Sheffield Inggris mengatakan usianya bintang ini sudah setengah umurnya. Saat ini bintang tersebut telah melepaskan massa sekitar 50 massa matahari.

Bintang R136a1 masuk dalam tipe Wolft-Rayet, atau kelas bintang langka masif. Terlihat dengan tanda tanda helium terionisasi dan karbon atau nitrogen atau membaw unsur materi lebih berat. Matahari sebagian besar berisikan hidrogen dan helium

Panas bintang mencapai 30 ribu sampai 200 ribu derajat Celcius. Matahari jauh lebih panas di bagian inti dengan 15 juta derajat Celcius.
Peneliti mengatakan ada beberapa bintang langka tipe Wolft-Rayet, setidaknya 2000 bintang lain diperkirakan tersembunyi di balik debu dari seluruh galaksi Bima Sakti
Perkiraan lain, diantara bintang Wolf-Rayet juga ada bintang penamping atau bintang besar lain, bahkan lubang hitam atau bintang neutron.

Mengunakan teleskop VLT milik ESO di Chile. Peneliti Schneider dan rekan menganalisa beberapa bintang untuk penelitian. Di balik debu dan gas dari nebula Tarantula, setidaknya ditemukan 30% bintang dengan ukuran massa 30x lebih besar dari matahari. Dan bintang lainnya memiliki ukuran lebih besar 60x dari ukuran matahari. Seperti beberapa bintang raksasa yang telah teridentifikasi

R136c: 230 massa matahari
BAT99-98: 226 massa matahari
R136a2: 195 massa matahari
Melnick 42: 189 massa matahari
R136a3: 180 massa matahari
Melnick 34: 179 massa matahari



Lebih detil isi dari nebula Tarantula terdapat bintang paling besar R136a3

Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Foto terbaru dari teleskop Speculoos

Nebula ESO 577-24 sebuah sisa debu dan gas diruang angkasa. Dahulu benda ini sebuah bintang raksasa merah yang disebut Super Red Giant Star. Tapi nasibnya sekarang sudah selesai, dari bintang raksasa menjadi sebuah bintang kerdil berwarna putih. Diabadikan pusat observasi VLT milik ESO, 10 ribu tahun akan hilang.



Adrien membuat video timelapse. Tapi satu tingkat dari fotografer profesional. Pergi ke beberapa negara di tahun 2017. Hasil videonya  sekelas Nasa. Bahkan selama foto dibuat sempat terlihat meteor sampai satelit lewat

Apakah Supernova. Sederhananya sebuah bintang yang meledak adalah Supernova. Bila letaknya tidak jauh dari Bumi akan tampak cahaya sangat terang. Apakah ledakan bintang berbahaya bagi manusia di Bumi, berapa jarak aman kembali di revisi

Nebula NGC 6334 (Cat's Paw) dan NGC 6357 (Lobster) diabadikan badan antariksa Eropa ESO.  Kedua nebula dibuat dengan resolusi foto 2 miliar pixel. Yang menarik dari kedua nebula.

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.

Catatan astronomi kuno ternyata sudah melihat supernova. Seperti catatan SN 185 dari astronomi China, SN 1054 sebagai catatan nebula kepiting dan SN 1006 ketika sebuah bintang sangat terang terjadi. Catatan filsafat tersebut menyebutkan, sebagian besar di utara, kadang di selatan. Bentuk bintang bintang muncul dan bersinar selama hampir 3 bulan, lalu perlahan redup dan menghilang.

Nebula Bubble atau nebula gelembung. Benda ini berada 8000 tahun cahaya dari Bumi. Menjadi icon Nasa dalam ulang tahun Hublle kali ini. Inti bintang disana diperkirakan 10-12kali lebih besar dari matahari kita. Dan nama bintang tersebut dikenal dengan SAO 20575.



Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Lubang hitam paling dekat dengan Bumi adalah V616 Mon dengan sistem biner, kedua Cygnus X-1 yang juga sistem biner. Mengapa ada kata biner. Bagaimana dampak bagi tata surya kita bila dilewati sebuah lubang hitam.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi

Sebuah berita sensasi mengatakan akan ada gempa 9,8 SR di Bumi. Katanya gempa sangat besar akan terjadi pada 28 Mei 2015. Alasannya ada kesejajaran planet yang diperkirakan oleh Nostradomus dan beberapa orang akan memicu gempa sangat dasyat

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core



No popular articles found.