Mobil listrik Honda Micro Commuter


Green | 13 November 2012

Honda Micro Commuter sebuah mobil lsitrik mampu menempuh dengan kecepatan 80km perjam. Jarak yang ditempuh mencapai 90km dengan tenaga baterai.

Honda Micro Commuter hanya memerlukan waktu 3 jam untuk pengisian baterai. Mobil ini memang kecil hanya tersedia 1 tempat duduk di depan. Kendaraan Honda Micro Commuter akan masuk tahap uji coba tahun depan. Via Honda

Honda Micro Commuter, kendaraan listrik

Key Specifications of Micro Commuter Prototype

Vehicle size (length × width × height) 2,500 × 1,250 × 1,445 (mm)
Maximum speed 80 km/h
Maximum range Approximately 60 km
Charging time Less than 3 hours
Battery type Lithium-ion battery
Maximum output 15 kW


* Honda plans to make necessary adjustments to comply with relevant laws and regulations.


Berita terkait
Rimac Greyp G12 memiliki kecepatan sekitar 65km perjam, mampu menjelajah sampai 120km dengan power baterai. Disainnya seperti motor, tapi memiliki pedal seperti sepeda. Waktu pengisian baterai juga baik, hanya butuh 80 menit saja dari kondisi kosong sampai penuh.

Motor Listrik Gogoro Smartscooter bentuknya seperti motor skuter Vespa. Tapi mengunakan power baterai lithium. Perusahaan baru Gogoro mengatakan motor listrik Gogoro Smartscooter mampu mencapai kecepatan 50km perjam. Dengan kekuatan jarak baterai sampai 90km lebih sebelum diganti.



Di Tiongkok mulai muncul kendaraan kecil dari 2  kursi penumpang. Bekerja penuh dengan power baterai, hanya mobil ini ukurannya memang kecil. Selain industri mobil listrik kecil, industri ini memicu pabrik kecil lain yang membuat komponen.

Satu mobil listrik dirancang untuk taksi. Disain kecil, memiliki jelajah 200km dengan pengisian 15 menit. Eva Taxi dibuat oleh proyek TUM. Bekerja sama dengan universitas Technische Jerman Munchen dan Nanyang Singapura.

KIA Soul EV sebuah mobil listrik buatan Korea akan memiliki bunyi berbeda dibanding mobil listrik lainnya. Kendaran KIA Soul EV akan mengunakan bunyi mesin palsu. Fungsinya untuk memberikan peringatan bila kendaraan berjalan lambat dekat pemukiman atau di dekat pejalan kaki.

Mobil listrik kecil Biro memiliki baterai removable, dan dapat dilepas lalu dibawa kedalam rumah. Mengunakan baterai 48V untuk pengerak roda belakang, kecepatan kendaraan ini mencapai 48km perjam. Baterai mengunakan bahan Lihtium Maxi yang dapat dilepas pasang.

Kota Bogota mulai mencoba taksi listrik untuk proyek Biotaxis. Ada 5 taksi baru penganti taksi dengan tenaga listrik. Kota Bogota memesan dari pabrik kendaraan BYD China , salah satu produsen mobil listrik termasuk kendaraan bus dengan power baterai.



Twizy model pertama sudah ditampilkan tahun 2009, beberapa model untuk pemadam kebakaran atau tim ferari. Yang baru ini disebut Renault Twizy Cargo, bagian belakang di modifikasi untuk membawa barang.

Mobil listrik Honda Fit EV disewakan dengan tarif $259 perbulan. Turun dari harga awal $389 perbulan dan menjadi penyewaan kendaraan paling murah.

Pabrikan Mitsubishi memperbaiki performa kendaraan CA-MiEV. Kendaraan yang masih model konsep tersebut mampu menempuh jarak 2x lebih jauh dari Nissan Leaf.  Selain lebih efisien, harga yang ditawarkan untuk Mitsubishi CA-MiEV lebih murah.

Mobil super car dengan tenaga listrik Applus+ Idiada menampilkan disain prototipe Volar-e. Kabarnya sudah di uji di sirkuit F1 di Barcelona. Mobil Volar-e mampu mencapai kecepatan 100km perjam dalam waktu 3,4 detik saja.

Yamato, Toyota dan Hino mulai melakukan uji coba truk listrik kecil. Perusahaan Yamato yang mengunakan dan meminta disain mobil listrik, lengkap dengan ruang pendingin. Di dalam kendaraan terdapat kulas atau freezer dengan power baterai.

Silex Power sebuah perusahaan kecil di kepulauan Malta kabarnya merancang mobil listrik dan akan diproduksi 2015. Pabrik tersebut dapat menandingi perusahaan Tesla Motor, satu model kabarnya memiliki fitur terbaik sebagai kendaran listrik masa depan.

Di Estonia, baru saja membuka layanan quick charger untuk mobil listrik nasional. Tidak hanya di kota, tetapi di beberapa daerah di pedesaan. Setiap kota di Estonia akan terpasang jaringan pengisian charger mobil listrik di setiap 40-60km.



Casple-Podadera city car adalah mobil listrik untuk 2 penumpang. Pengembangan selama 3 tahun dan panjang kendaran sekitar 1.9 - 2.3 meter karena bagian belakang dapat di lipat. Mampu menembuh jarak sekitar 130km dengan kecepatan maksimum 110km.

Disebut motor Xkut, mirip sepeda tapi tanpa pedal. Beratnya 45kg, motor ditempatkan diroda belakang. Mengunakan kekuatan motor 1.500W atau 5x lebih kuat dari standar sepeda listrik. Memiliki kecepatan 45km perjam, jarak jelajah 50km

Sony membuat baterai power bank tipe Sony ESSP-3005/18P. Memiliki kekuatan 6 kWh, materaial Lithium iron. Daya tahan baterai Sony ESSP-3005/18P memiliki kinerja 10 tahun (dengan pengisian dan pemakaian 1x setiap hari)

Leev Mobility perusahaan asal Belanda membuat JAC scooter lipat bertenaga listrik. Ditujukan untuk transportasi di area urban. Dapat menempuh 20km dan kecepatan 24km perjam. Daya dorong mesin motor berkekuatan 350W, scooter tersebut dapat dilipat.




No popular articles found.
< /body>