Bignet akan meluncurkan internet satelit murah. Bekerja sama dengan Kacific Broadband Satellites dari Singapura, targetnya membawa jaringan internet broadband di Indonesia mulai 2017. Sinyal satelit akan ditempatkan di daerah yang tidak terjangkau internet.

Dengan 17.000 pulau, jaringan internet satelit Bignet akan menjangkau separuh kepulauan di seluruh Indonesia. Jaringan internet melalui satelit hanya memerlukan peralatan parabola yang murah seperti tipe parabola VSAT, ukuran lebih kecil dan dapat menjangkau daerah terpencil.

Kacific mengatakan jaringan internet satelit mereka akan dibuat paket hemat alias murah. Lalu apa fungsi jaringan internet satelit ini. Menurut CEO Bignet Nicolas Tannady mengatakan banyak kebutuhan internet di daerah terpenci. Seperti membantu pasien di daerah terpencil dengan rumah sakit, para dokter bisa mendiagnosa penyakit pasien dari jarak jauh. Atau sistem dukungan ketika terjadi bencana sehingga komunikasi jaringan lebih mudah. Bahkan lebih luas lagi, internet dapat mendukung layanan publik untuk eCommerce dengan biaya terjangkau.

Bignet internet satelit murah

Di era munculnya internet di Indonesia, sistem jaringan internet masih mengandalkan sistem jaringan satelit. Antara tahun 1995an, banyak provider Indonesia mengunakan sistem tranmisi data satelit. Ketika itu jaringan sudah mencukupi, karena kebanyakan user masih mengunakan sistem koneksi dial-up. Tetapi berkembangnya jaman sambungan internet di rumah dan kantor memerlukan kecepatan tinggi. Dan  sistem satelit adalah jaringan broadband internet sangat mahal dan lambat. Sistem jaringan satelit internet mulai digantikan dengan sistem fiber optik untuk menghubungkan jaringan internet ke seluruh negara melalui kabel bawah laut.
Sekarang internet satelit akan dimanfaatkan kembali. Teknologi lebih maju dan lebih murah, ukuran parabola lebih kecil dan kualitas lebih baik untuk di daerah yang tidak terjangkau jalur internet di Indonesia.

Kacific memiliki kecepatan sampai 50Mbps untuk sistem backbone satelit. Mencapai daerah Indonesia, Filipina, Selandia Baru dan Papua. Kacific - BigNet