2 Dunia dengan satu matahari


Science | 13 May 2015

Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau lebih biru.

Seperti tinggal di sebuah planet Alien, planet tersebut adalah planet Mars. Posisi matahari pada foto di planet Mars dibawah ini disesuaikan dengan foto di Bumi. Di planet Mars pastinya tidak ada kehidupan, hanya satu robot saja yang sedang berjalan menjelajah planet ini yaitu robot Curiosity milik Nasa.

Matahari di planet Mars pada foto dibawah terlihat sedikit lebih kecil. Tentu masuk akal, karena jarak planet Mars lebih jauh dibanding posisi Bumi. Matahari dari kedua foto tersebut diambil ketika matahari dalam posisi terbenam. Mengapa matahari di Bumi terlihat kuning sedang di planet Mars terlihat sedikit abu abu atau tepatnya berwarna lebih biru. Kemungkinan cahaya matahari terkena sifat dari hamburan debu disana. 
  • Foto planet Mars yang satu ini adalah foto asli yang diambil oleh rover Curiosity dari kawah Gale di Mars. Pada tangal 15 April 2015 oleh tim Nasa, mengunakan camera Mastcam 34 (kanan)
  • Foto di Bumi diambil di Marseille Perancis pada tanggal 18 Mei 2012. (kiri)


Detail foto asli bisa dilihat di Google+

Berita terkait
50 tahun lalu, missi Apollo pertama yang berangkat ke Bulan. Perbandingan Bulan dan bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot

Matahari adalah sebuah bola gas raksasa. Masuk sebagai bintang ukuran G2, sedikit lebih besar dari bintang terbanyak di galaksi Bima sakti. Usianya 4,5 miliar tahun, disebut usia remaja. Tornado matahari bukan berputar tapi naik ke atas. Lalu apa yang dimaksud dengan Bintang.



Black moon atau bulan hitam terjadi setiap bulan, tapi 30 September 2016 menjadi blackmoon kedua atau bintang baru dimana bintang tidak terlihat. Terjadi setiap 32 bulan sekali dimana bulan baru terjadi pada satu bulan yang sama.

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Sebuah berita sensasi mengatakan akan ada gempa 9,8 SR di Bumi. Katanya gempa sangat besar akan terjadi pada 28 Mei 2015. Alasannya ada kesejajaran planet yang diperkirakan oleh Nostradomus dan beberapa orang akan memicu gempa sangat dasyat

Bagaimana bumi terbentuk, ada 4 tahapan sebelum bumi memiliki penghuni. Bagaimana atmofer Bumi ketika jaman purba. Bumi tidak bulat, agak membengkak di bagian khatulistiwa. Dahulu mungkin bumi lebih dingin dari sekarang. Bagaimana Bumi mampu melindungi mahluk hidup dan menjadi planet yang lebih hangat.

Ukuran matahari relatif kecil, seandainya digantikan dengan bintang lebih besar. Seperti apa tampaknya di Bumi. Ini gambaran tentang astronomi , hasilnya akan lucu. Matahari akan tampak kembar, dan sangat besar. Tidak kuning tapi berwarna biru atau putih.



Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.




No popular articles found.
< /body>