Pesawat komersil ada lubang kecil di jendela pesawat


Kategori : Stuff | Date : 13 May 2015
Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Marlowe Moncur seorang ahli Aerospace mengatakan, pesawat Boeing 737 adalah pesawat terbanyak yang pernah dibuat. Pada manual pembuatan pesawat tertulis fungsi lubang di jendela pesawat. Namanya bisa berbeda beda, nama resminya disebut Breather Hole.

Ruang kabin di dalam pesawat terbagi antara bagian luar, bagian tengah dan dalam Ketika panel yang menghubungkan jendela pesawat dibuat dalam 3 lapis. Hanya bagian luar dan tengah sebagai bingkai yang masuk sebagai bagian struktur pesawat. Sedangkan panel kaca di dalam dan luar disatukani dengan pelindung karet.

Apa fungsi lubang tersebut. Bila pesawat sedang terbang di ketinggian 35 ribu kaki, makan tekanan atmofer di luar pesawat hanya 3,4 pon per inci persegi. Tekanan dibagian luar pesawat akan lebih rendah dibanding dibagian dalam. Bila ditutup akan menimbulkan tekanan keluar

Ketika pesawat berada di ketinggian 7 ribu kaki, maka perbedaan tekanan dari luar dan dalam pesawat ikut berubah. Tekanan udara dari luar akan  menekan bagian jendela pesawat. Panel luar sebagai struktur utama akan menanggung beban paling besar karena perbedaan tekanan. Bila dibiarkan dapat menyebabkan keretakan pada kaca jendela pesawat

Lubang kecil tersebut memberikan dorongan udara keluar masuk, sehingga disebut lubang jendela untuk bernapas. Lubang tersebut juga berfungsi untuk menghindari kabut atau pembekuan dari dinginnya udara atmofer dari luar pesawat..

Fungsi lubang kecil di jendela pesawat terbang

Armada pesawat memiliki nama dan callsign, mengunakan code dan nomor internasional. Pesawat ini tidak memiliki logo perusahaan, tapi sering terlihat di sebuah bandar. Tidak ada tiket yang dijual untuk terbang dengan pesawat jet 737 ini. Karena hanya membawa penumpang dengan prioritas tinggi. Dikenal dengan armada Janet.

September 2018, sebuah pesawat Allegiant Air juga terbang diatas badai Florence. Penerbangan mulus dan tidak terjadi turbulensi. Pesawat terbang diatas badai tapi tidak kurang dari 7km diatasnya. Pengalaman tersebut dipertanyakan, apakah untuk menghemat bahan bakar atau mencoba menguji. Tapi pesawat sampai ketujuan bahkan 20 menit lebih cepat dari jadwal.



8 pesawat melakukan perjalanan time travel. Pada tiket tertera berangkat 1 Januari 2018, tapi mendarat pada tanggal 31 Desember 2017.
6 pesawat berangkat bersamaan dari Taipei menuju Amerika, dan 2 pesawat dari Auckland dan Polynesia

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru.

Pesawat jet tempur Tu-160 mirip seperti pembom Amerika B-1 Lancer. Kabarnya banyak pengusaha kaya raya tertarik menjadi jet ini untuk pesawat penumpang. Memiliki jarak jelajah 12,2 ribu km, seperti kemampuan jet pribadi komersil Boeing atau Airbus

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Jet C919 ukurannya sama seperti pesawat Airbus A320 atau Boeing 737 800. Pesawat C919 tidak akan cepat mengudara di seluruh dunia. Kebutuhan pesawat di China sendiri sangat besar. Model kedua dengan badan lebih besar C929

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.



Perusahaan Quantas menyiapkan rancangan kabin baru untuk pesawat Boeing 787-9 Dreamliner. Pesawat dirancang untuk penerbangan jarak jauh, memerlukan kenyamanan bagi penumpang. Tempat duduk di kelas bisnis ditambahkan privasi dengan pembagian ruang yang dapat disesuaikan

Ada adalah suara di pesawat yang tidak pernah kelihatan dari pesawat jet tempur Hornet F A-18 atau F-18. Suara peringatan di cockpit pesawat, suaranya memberi peringatan mengerikan adalah suara dari Betty yang disebut Bee si tawon. Membuat pilot pesawat tempur lebih waspada dibanding melihat instrumen statis.

Singapore Airlines akan kembali memegang rute pesawat terjauh. Terbang nonstop selama 19 jam dengan pesawat Airbus A350 900ULR. Sebelumnya Singapore Airlines memegang rute terjauh, tapi ditutup karena kurang menguntungkan. Digantikan rute kedua terjadu dari Quantas dengan rute Australia ke Amerika.

Pesawat Stratotanker tipe KC-135 adalah pesawat pengisian bahan bakar di udara. Kali ini dibariskan sampai 11 pesawat, dan foto diambil di landasan udara militer Kadena Jepang.

Bila mampir ke airport di luar negeri, coba telaah kebiasaan dari turis Barat dan China. Akan terlihat satu perbedaan dari dua kultur berbeda. Satu meninggalkan kejenuhan dengan perangkat elektronik, yang lain lebih sibuk dengan gadget.

Pesawat komersil Boeing 787-9 Dreamliner sedang bermanuver. Terbang menanjak, lalu berbelok. Kembali berputar dan mendarat lalu terbang kembali. Pesawat ini menjadi saingan Airbus. Ini bukan CGI, video asli

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.



No popular articles found.